Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Mengendarai Sepeda Motor Matic Bagi Pemula yang Benar

Last updated on 3 Juni, 2024

Sepeda motor matic memiliki pengguna yang sangat banyak di Indonesia, lalu bagaimana tip bagi pemula?

Autos.id – Bagi para pemula, penting untuk mengetahui cara mengendarai motor matic dengan benar sebelum memulai berkendara di jalan raya.

Motor matic adalah jenis kendaraan yang sangat populer saat ini. Banyak orang tertarik dengan tampilannya yang sporty dan mudah untuk dikendarai. Namun, bagi para pemula, perlu mengetahui cara mengemudikan motor matic dengan benar sebelum mulai berkendara di jalan raya.

Meskipun motor matic terlihat menarik dan mudah dikendarai, namun penting untuk mengetahui cara kerja motor matic secara detail agar dapat mengendarainya dengan benar dan aman. Perlu diperhatikan bahwa saat mengendarai motor matic, pengendara perlu memperhatikan beberapa hal hingga langkah-langkahnya.

Posisi aman mengendarai motor matic.

Posisi aman mengendarai motor matic. (Sumber: Federal Oil)

Persiapan Sebelum Mengendarai Sepeda Motor Matic

Sebelum memulai berkendara, pastikan kendaraan dan semua komponennya dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan, terutama jika pengendara adalah seorang pemula yang baru belajar mengendarai motor. Kondisi kendaraan harus dalam kondisi yang baik dan aman untuk pengemudi.

simak artikel menarik lain tentang membuka busi motor ke kanan atau kiri

Rem dan gas adalah dua bagian penting pada motor matic yang perlu diperiksa sebelum berkendara. Karena motor matic tidak menggunakan kopling dan gigi persneling, kecepatan kendaraan tergantung pada gas dan rem. Sebelum berkendara, pastikan bahwa gas dan rem dalam kondisi normal dan masih berfungsi dengan baik, untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena masalah pada kedua bagian tersebut.

Selain gas dan rem, perlu juga memeriksa kelengkapan kendaraan lainnya seperti lampu sein, klakson, lampu rem, dan kaca spion. Pastikan bagian mesin dan busi dalam kondisi yang baik, untuk mencegah mogok di tengah jalan.

Pengecekan terakhir adalah tangki bahan bakar. Pastikan persediaan bahan bakar dalam tangki cukup untuk melakukan perjalanan, untuk menghindari kehabisan bahan bakar di tengah jalan yang dapat menyebabkan kendaraan mogok. Ini adalah hal yang sangat penting dan perlu selalu diperiksa sebelum berkendara.

Ilustrasi menyalakan sepeda motor matic.

Ilustrasi menyalakan sepeda motor matic. (Sumber: AnekaCara)

Langkah-langkah Mengendarai Sepeda Motor Matic

Untuk mengendarai sepeda motor matic, ada beberapa langkah yang harus diikuti. Ini sangat penting, terutama bagi pemula yang baru belajar mengendarai sepeda motor. Berikut adalah panduan langkah demi langkahnya:

1. Nyalakan Mesin

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghidupkan mesin. Untuk melakukannya, Anda dapat memasukkan kunci kontak ke dalam lubang dan memutar ke posisi netral yang biasanya ditandai dengan lampu berwarna hijau. Setelah itu, motor sudah siap digunakan.

Sebelum menghidupkan mesin, jangan lupa untuk mengangkat standar samping. Pada sepeda motor jenis matic, mesin tidak akan bisa dinyalakan jika standar samping masih berada dalam posisi turun. Oleh karena itu, pastikan untuk mengangkat standar samping terlebih dahulu sebelum menghidupkan mesin.

Standar samping motor matic.

Standar samping motor matic. (Sumber: Momotor)

2. Nyalakan Motor

Setelah standar samping telah dinaikkan, langkah kedua adalah menghidupkan motor. Caranya adalah dengan memutar kunci kontak ke posisi on dan secara bersamaan menekan tombol elektrik starter. Ingatlah bahwa tangan kiri harus menarik tuas rem dengan perlahan.

Kembali diingatkan bahwa pada sepeda motor matic tidak terdapat kopling dan gigi perseneling. Setelah mesin dinyalakan, cukup sedikit menarik gas untuk membuat motor melaju.

Menarik tuas rem saat menghidupkan mesin bertujuan untuk mencegah gas terperangkap dan membuat motor langsung berjalan tanpa kendali. Selain itu, motor matic tidak akan dapat dinyalakan jika tuas rem tidak ditarik.

3. Pastikan Posisi Nyaman

Langkah ketiga setelah mesin menyala adalah memastikan Anda duduk dengan posisi yang nyaman di atas jok motor. Duduk dengan nyaman ini sangat penting agar pengendara dapat mengendalikan motor dengan baik, terutama saat mengontrol gas.

Mampu mengontrol gas dengan baik merupakan kunci utama dalam mengendarai motor matic, karena kecepatan motor hanya ditentukan oleh tarikan handle gas. Mengambil posisi duduk yang nyaman akan membantu pengendara menguasai laju motor dengan baik.

4. Kontrol Handle Gas

Mengontrol handle gas merupakan langkah selanjutnya dalam belajar mengendarai sepeda motor matic. Karena motor matic tidak menggunakan kopling dan gigi perseneling, sedikit tarikan gas sudah cukup untuk membuat motor bergerak dengan cepat.

Karena itu, pengendara harus dapat mengontrol handle gas dengan baik. Menarik handle gas secara perlahan akan membuat laju motor tenang dan mudah dikendalikan. Pengendara dapat menggunakan perasaan untuk mengontrol tarikan handle gas ini.

5. Kontrol Tuas Rem Sebaik-Baiknya

Sementara tangan kanan bertanggung jawab pada handle gas, tangan kiri pengendara juga harus dapat mengontrol tuas rem dengan baik.

Tuas rem sebelah kiri adalah rem belakang yang kalian gunakan untuk menghentikan motor secara perlahan agar tidak berhenti mendadak.

Di sisi lain, tuas rem depan di sebelah kanan diperlukan dalam situasi darurat agar putaran roda segera berhenti. Pengendara harus berlatih agar terbiasa menggunakan rem depan, rem belakang, dan menggunakan keduanya secara bersamaan.

6. Kuasai Kondisi Jalan

Mempelajari cara mengendarai sepeda motor matic juga memerlukan pemahaman mengenai kondisi jalan yang kalian lalui. Penting bagi pengendara untuk menguasai kondisi jalan agar tidak panik saat mengendalikan gas dan tuas rem ketika melewati tikungan, tanjakan, atau jalan bergelombang.

Cara mengendarai sepeda motor matic harus pelajari dulu dengan seksama agar pengendara benar-benar dapat menguasainya sebelum mengendarainya di jalan raya. Karena motor ini sangat simpel dalam cara kerjanya, Anda bisa mahir mengendarainya dalam waktu relatif singkat.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Salah satu hal yang perlu diperhatikan pada sepeda motor adalah kondisi lampunya, dimana bisa mengalami masalah. Autos.id – Lampu pada sepeda motor merupakan salah...

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Aksesoris

Filter udara berperan sebagai penapis atau penghambat debu dan kotoran di jalan. Kemudian, apa saja jenis-jenisnya? Autos.id – Filter udara merupakan salah satu komponen...

error: Content is protected !!