Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Mengatasi Mobil Mogok di Jalan Tol

tips mengatasi mobil mogok di jalan tol

Last updated on 15 Agustus, 2023

Mengatasi mobil mogok rupanya bukan perkara mudah. Apalagi bila hal tersebut terjadi di tol mengingat jalan tersebut merupakan area bebas hambatan.

Jakarta, Autos.id – Mengalami mobil mogok di jalan sudah pasti menyebalkan dan hal tersebut biasa dialami oleh siapa saja. Terlebih bila mogoknya terjadi di ruas jalan tol. Bila tak pandai di jalan tol bukan tak mungkin kecelakaan bisa jadi sewaktu-waku.

Tapi, bila hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya jangan panik. Lakukan antisipasi dengan baik dan benar untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Mobil mogok yang terjadi di arus jalan tol juga harus cepat ditangani dengan sebaik-baiknya agar tak terjadi kemacetan yang berlarut di bekalangnya.

Lebih dari itu keselamatan Anda menjadi poin penting mengingat jalan tol adalah area bebas hambatan yang mana kebanyakan mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Dilansir dari laman metrotvnews.com (23/10/2017), ada 5 tips mengatasi mobil mogok di jalan tol versi Astra World yang bisa Anda jadikan sebagai langkah awal.

Baca juga: Kunci Mobil Tertinggal Di Dalam? Ini Trik Membuka Kunci Pintunya

Menepi ke Bahu Jalan

Tips pertama, melakukan pengamanan untuk keselamatan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menepikan mobil ke arah bahu jalan. Bila mobil masih memungkinkan dijalankan, cobalah mengatur roda kiri mobil lebih keluar dari bahu jalan.

tips mengatasi mobil mogok

Sederhananya, posisi mobil lebih keluar dari jalan dengan roda menapak di rumput. Mengapa hal ini penting?

“Hal ini untuk menghindari terjadinya serempetan dengan pengemudi lain yang menggunakan lajur paling kiri selain bahu jalan tol”

Nyalakan Lampu Hazard

Tips kedua, nyalakan lampu hazard. Apabila mobil mogok terjadi di malam hari sebaiknya nyalakan juga lampu kecil. Tujuannya ialah agar mobil yang mogok tersebut terlihat oleh pengemudi lainnya. Dengan begitu, mereka akan lebih cepat mengetahui bahwa ada mobil yang berhenti dan berada dalam kondisi darurat.

Lampu hazard tersebut juga akan terlihat dari kejauhan. Sehingga pengemudi lainnya yang kebetulan melintas akan lebih berhati-hati dan mengatur laju mobilnya lebih ke kanan.

Baca juga: Tips Aman buka Tutup Radiator Ketika Overheat

Pasang Tanda Segitiga Pengaman

Tips mengatasi mobil mogok di ruas tol yang ketiga yaitu memasang segitiga pengaman. Hal ini bertujuan untuk menginformasikan ke pengemudi lain bahwa kendaraan Anda sedang bermasalah. Segitiga pengaman tersebut dipasang dengan jarak lebih dari 10 meter di belakang mobil yang mogok.

Atau 30 hingga 50 sentimeter apabila ditarik garis lurus dari bodi luar mobil bagian kanan. Apabila ruas jalan tol sedang macet, sebaiknya segitiga pengaman dipasang dengan jarak kurang dari 5 meter.

Jangan Di Dalam Mobil

Tips keempat, penumpang harus keluar dari dalam mobil. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya cidera apabila mobil secara tidak sengaja tertabrak oleh pengemudi lain yang masih menggunakan bahu jalan.

Usahakan untuk mengosongkan mobil mengingat resiko yang parah bisa terjadi kapan saja terutama apabila mobil tertabrak dari belakang.

Hubungi Petugas Jalan Tol

Tips mengatasi mobil mogok terakhir yaitu segera hubungi bantuan. Saat sudah memastikan kondisi mobil dan penumpang, segera hubungi pengelola jalan tol di call center 14080, agar mobil diderek ke arah pintu tol terdekat. Selebihnya, Anda dapat menelepon asuransi dan mengeluarkan mobil dari jalan tol.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Pecah Ban Saat Mobil Berjalan

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 6 Juli, 2023 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!