Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Menemukan Penyebab Mobil Tak Bisa Distarter

Mobil Tak Bisa Distarter

Last updated on 20 November, 2021

Mobil tak bisa distarter bisa kanrena banyak hal, namun utamanya ada pada kelistrikan, baik dari sumber lsitrik maupun dari kabel atau sekring.

Jakarta, Autos.idMobil yang tak bisa distarter kadang membuat pemiliknya pusing. Apalagi jika hal itu menimpa saat Anda di tengah perjalanan dan jauh dari bengkel. Jika Anda tidak begitu memahami bagaimana mengatasinya, hal ini akan sangat mengganggu perjalanan.

Lalu bagaimana pemilik mobil dapat melakukan identifikasi penyebab mobil tak bisa distarter ? Berikut beberapa langkah dalam melakukan pengecekan pada sumber penyebabnya:

Masalah kelistrikan. Kondisi ini bisa dideteksi jika saat anda menstarter mobil anda, tetapi tidak ada arus listrik sama sekali. Bisa ditandai dengan tidak adanya bunyi sama sekali dari motor starter. Atau meskipun berbunyi tetapi sangat pelan.

Mobil Tak Bisa Distarter

Cek Kondisi Aki Apakah Masih Memiliki Aliran Listrik

Baca juga: Tips Melakukan Jumper Aki Mobil Secara Tepat Dan Aman

Jika mobil tak bisa distarter karena masalah kelistrikan, biasanya masih bisa menyala dengan cara didorong. Namun, tidak semua mobil bisa menyala dengan cara tersebut. Untuk memeriksa apakah ini benar karena masalah kelistrikan, Anda bisa memeriksanya pada beberapa bagian.

Bagian pertama yang perlu Anda periksa yaitu aki atau ACCU. Sebagai sumber listrik, aki yang terlalu tua atau kotor bisa menghasilkan listrik yang sangat lemah bahkan tak memiliki arus listrik sama sekali. Bisa juga karena mesin mobil tidak pernah menyala sehingga aki tidak memiliki pasokan energi listrik yang dihasilkan saat mobil bekerja.

Jika Anda telah memeriksa bagian aki namun ternyata kinerjanya normal, Anda perlu memeriksa kabel sekring utama. Umumnya kabel sekring utama berada di dekat aki pada bagian positif. Jika kabel putus, maka perlu dilakukan penggantian. Periksa pula sekring-sekring, mungkin saja ada sekring yang rusak atau meleleh karena terjadi arus pendek.

Setelah anda memeriksa aki, kabel sekring utama, dan kondisi sekring, namun tidak menemukan kerusakan, selanjutnya periksa bagian soket dan kunci kontak. Soket yang kendor bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter.

Baca juga: Kiat Menghindari Mobil Terbakar Ala Suzuki

Periksa sekring bila Mobil Tak Bisa Distarter

Periksa Kabel Sekring dan Kondisi Sekring

Jika menstarter mobil dan tidak ada suara dari dynamo starter sama sekali, maka kemungkinan besar adanya gangguan pada socket dan kunci kontak. Anda bisa memperbaikinya dengan mengencangkan dan memastikan socket dan kunci kontak dalam keadaan yang seharusnya.

Itulah beberapa penyebab mobil tak bisa distarter, untuk mengatasinya bisa dilakukan sendiri atau memanggil montir untuk membantu Anda. Namun setidaknya Anda dapat mengetahui kunci utama mobil tak bisa distarter semua karena masalah kelistrikan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...