Tips

Tips Membuat Ban Mobil Tahan Lama, Praktis Lho!

Punya mobil tapi bimbang karena ban mobil selalu mengalami masalah?  Intip dulu tips membuat ban mobil tahan lama berikut ini!

Jakarta, Autos.id – Ban adalah satu-satunya bagian mobil yang secara langsung menyentuh aspal jalan. Ban juga menjadi komponen mobil yang patut untuk dirawat. Bayangkan bila ban yang biasa menopang berat mobil Anda sering mengalami permasalahan bahkan tidak bertahan lama? Tentu saja Anda akan merasa gelisah setiap kali mengemudikan mobil tersebut. Karena itu, sudahkah Anda menerapkan beberapa tips untuk membuat ban mobil tahan lama?

Agar ban mobil Anda lebih tahan lama berikut ada beberapa tips yang bisa diterapkan seperti yang dilansir dari laman Kumparan.com (26/01/2018) mengutip Blog Bibli Friends.

Tips pertama ialah dengan memastikan tekanan angin pada ban pas. Pastikan Anda selalu memompa ban mobil hingga tekanan mencapai batas yang direkomendasikan. Mengapa ini penting? Hal ini tentu saja bertujuan untuk membuat ban mobil tahan lama. Tekanan ban mobil yang terlalu rendah justru berbahaya.

tekanan rendah pada ban adalah faktor ban tidak tahan lama

Bila tekanan ban mobil rendah nantinya akan ada gesekan antara jalan dan ban menjadi lebih besar. Ban yang kempes beresiko membuat permukaan ban lebih mudah menyentuh jalan. Apalagi bila kita menggunakan mobil di waktu siang hari saat matahari terik.

“Banyaknya gesekan dan panas hasil dari pergerakan mobil mengakibatkan ban menjadi cepat aus dan rusak”

Di luar itu, Anda juga disarankan agar tidak memompa ban dengan tekanan yang berlebih. Memompa ban hingga mencapai tekanan yang berlebihan juga berbahaya. Pada saat ban keras lantaran memiliki tekanan yang tinggi, secara otomatis permukaan ban yang menyentuh aspal jalan akan menjadi semakin kecil.

Hal tersebut memang membuat ban mobil tahan lama. Meski demikian hal ini tidak disarankan karena ban akan menjadi licin. Bila ban licin kita pun dituntut untuk lebih berhati-hati terlebih saat ban mobil menyentuh jalanan yang diguyur hujan. Karena itu, pastikan tekanan ban mobil Anda pas.

Tips kedua yaitu merawat mobil dengan dirotasi. Tentunya Anda selalu ingin memiliki ban mobil yang tahan lama bukan? Meskipu mobil yang Anda miliki sudah tua sekalipun. Nah, salah satu rahasianya ialah dengan cara menukar posisi ban yang terdapat di mobil secara berkala.

Percaya atau tidak, ban yang letaknya di depan selalu terkena gesekan dari rem dan gesekan mobil saat berbelok. Sementara itu, ban belakang umumnya hanya mengikuti arah laju mobil dan gesekannya pun minim. Karena itu, Anda bisa menukar posisi ban bagian depan dengan bagian belakang setiap jarak tempuh 5.000 km.

Nah, sebenarnya praktis bukan membuat ban mobil tahan lama dan tidak mudah mengalami permasalahan?

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top