Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Memasang Roofbox Mobil

tips memasang roofbox mobil

Roofbox merupakan aksesoris yang bisa menyimpan barang bawaan pada mobil. Berikut tips memasang roofbox mobil agar aman dan nyaman.

Jakarta, Autos.id – Penggunaan roofbox pada mobil memang membantu ketika harus berpergian dengan membawa banyak barang. Namun pasang roofbox tidak boleh sembarang, salah-salah bukan kenyamanan yang didapat malah celaka.

Sesuai namanya, roofbox diletakkan dibagian atap mobil. Namun ada tata cara yang perlu diperhatikan jika kendaraan Anda menggunakan roofbox. Berikut tips memasang roofbox mobil:

“Roofbox diletakkan dibagian atap mobil. Namun ada tata cara yang perlu diperhatikan jika kendaraan Anda menggunakan roofbox. Berikut tips memasang roofbox mobil”

1. Posisi
Meski banyak yang meletakkan roofbox persis dibagian tengah atap mobil, ternyata ada beberapa posisi meletakkan roofbox yang dihalalkan. “Posisinya bisa ditengah, agak ke belakang, sedikit ke kanan atau bisa sedikit ke kiri. Semua sama saja tergantung nyamannya si pemilik mobil dimana. Karena tingkat ketahanan anginnya sama saja disemua posisi itu,” sebut Halley Siboro, Direktur PT Sole Indotrade selaku produsen roofbox Whale.

tips memasang roofbox mobil

Perhatikan Posisi Jarak Roofbar

2. Posisi Roofbar
Pemasangan roofbar atau batang besi penyangga roofbox, perlu diperhatikan. Jarak antara roofbar bagian depan dan belakang dengan ujung atap mobil depan dan belakang harus 70-75 cm.

3. Beban
Usahakan berat beban roofbox tidak lebih dari 50 kg. “Bukan karena roofbox yang tidak kuat tapi atap mobil yang tak kuat menahan bebat terlalu berlebih,” ucap Halley. Ia menyebut jika atap mobil maksimal hanya mampu menampung beban sampai 90-100 kg. Jika beban dalam roofbox lebih dari 50 kg, belum ditambah bobot kosong roofbox itu sendiri, plus roofbar, maka khawatir beban atap mobil jadi berlebih.

4. Posisi Barang
Letakkan barang bawan dengan diatur secara merada di seluruh bagian dalam roofbox. Jangan bawa barang yang melebihi ukuran roofbox. Psang strap pengikat yang baisanya ada dibagian dalam roofbox, agar barang bawaan tidak bergerak liar selama perjalanan.

tips memasang roofbox mobil

Atur Barang dengan Merata dan Pasang Strap Pengikat

5. Posisi Kunci
Kunci dengan sempurna roofbox. Jangan paksa putar anak kunci roofbox jika masih terasa ada yang menghalangi. “Karena kalau belum tertekan sempurna maka roofbox belum pas untuk dikunci. Kalau dipaksakan, nanti di jalan kuncinya terbuka dan barang bawaan lepas,” jelas Halley.

Terakhir ia berpesan, selain tips memasang roofbox mobil maka pemilik roofbox juga perlu melakukan perawatan pada aksesoris mobil tersebut. Cukup di lap basah saja kalau kotor, jangan ditambah lapisan wax karena malah akan membuat debu dan kerikil menempel di permukaan roofbox.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...