Tips

Tips Deteksi Penyebab Mika Lampu Berembun

Mika Lampu Berembun
Mika Lampu Rentan Berembun

Mika lampu berembun bukan karena kebocoran karet seal tapi karena kesalahan saat mencuci mobil terutama pada bagian lampu, berikut cara menghilangkan mika lampu berembun.

Jakarta, Autos.id – Mika lampu mobil berembun umumnya dianggap terjadi karena kebocoran karet penutup lampu atau karet seal. Padahal cara menyemprot lampu saat mencuci mobil menjadi penyebabnya. Akibatnya ada air bisa masuk ke bagain dalam lampu dan menciptakan genangan pada reflektor lampu.

Wira Sentosa, juragan Workshop Asia Jaya Motor menjelaskan saat mobil dalam tempertur panas karena baru melakukan perjalanan panjang, ada komponen tertentu yang rentan terkena semprotan langsung air yang berhawa dingin, seperti mika lampu.

“Bila mika lampu terkena langsung semprotan air, pertemuan hawa panas dari reflektor dan hawa dingin air akan menghasilkan uap yang membentuk embun pada reflektor berupa bintik-bintik embun seperti keringat”

“Bila mika lampu terkena langsung semprotan air, pertemuan hawa panas dari reflektor dan hawa dingin air akan menghasilkan uap yang membentuk embun pada reflektor berupa bintik-bintik embun seperti keringat. Itu seperti AC yang kita arahkan ke kaca, bagian luar kaca pasti berembun,” kata Wira pada Autos.id akhir pekan kemarin.

Mika Lampu Berembun

Titik-Titik Embun karena Kesalahan Mencuci

Hal ini berbeda dengan kebocoran karet seal, lanjut Wira yang punya workshop di Jl Pondok Gede Raya no 23-24, Jakarta Timur itu. Bila karet seal lampu bocor air yang akan masuk ke mika lampu biasanya akan membentuk genangan lebih lebar dan berbeda dengan bintik embun karena kesalahan mencuci lampu.

“Sebagai saran, bila mobil dalam keadaan panas bisa tetap dicuci tapi khusus buat lampu, air tidak boleh disemprot langsung karena tekanan dari kompresor cukup kencang. Lampu cukup hanya di lap atau tetap di semprot dengan tekanan ringan,” terangnya.

Mika Lampu Berembun

Hilangkan Embun dengan Kompresor

Solusi penanganan mika lampu mobil berembun adalah membuka karet penutup lampu pada bagian belakang, lalu semprotkan angin dari kompresor ke titik-titik embun pada reflektor selama beberapa saat. Perlahan embun akan mulai terurai dan turun ke bagian bawah.

Jika masih ada bintik embun, jangan langsung menutup karet lampu, lepas kurang lebih 45 menit, sehingga tetap ada udara yang masuk dan mengurai embun, sehingga bintik akan hilang dengan sendirinya.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top