Tips

Tips Cara Identifikasi Setir Mobil Bermasalah

Ciri-ciri Setir Bermasalah

Setir mobil bermasalah akan berpotensi kecelakaan jalan raya, karena setir merupakan komponen penting yang langsung behubungan dengan ban dan pengemudi.

Jakarta, Autos.id – Setir merupakan komponen penting yang langsung behubungan dengan ban dan pengemudi serta menjadi pengarah roda saat kendaraan berjalan. Untuk itu masalah pada kemudi atau setir sangat rentan terhadap kecelakaan.

Lalu bagaimana cara mengidentifikasi setir yang mengalami masalah. Berikut cara sederhana mengetahui setir mobil bermasalah dari Autos yang dirangkum melalui berbagai sumber :

– Setelan setir.
Biasanya setir mobil bermasalah ciri utamanya memiliki jarak bebas terlalu panjang. Bisa karena dudukan baut setir kendor atau bos setir mengalami keausan. Untuk itu pengecekan perlu dilakukan dengan memastikan gigi atau leher setir aus atau tidak. Jika tidak, masalahnya ada pada setelan setir sehingga perlu disetel ulang.

Setir Mobil Bermasalah

Setir yang Bermasalah Bisa Menimbulkan Kecelakaan

– Setir tidak stabil dan cenderung berat sebelah.
Bila mengalami ketidakstabilan pada setir karena lebih berat sebelah atau narik ke satu sisi sebaiknya cek karet stabil sayapnya, karenakemungkinan perangkat ini pecah. Jalan keluarnya harus mengganti karet stabil sayap dan lakukan spooring ulang.

– Setir berat.
Kondisi ini biasanya terjadi karena setelan setir terlalu rapat atau komponen bos setir kering sehingga perlu diberikan gemuk atau stempet.

– Ada bunyi gesekan saat mobil berbelok.
Masalah ini biasanya terjadi pada setir yang menggunakan sistem power steering. Jika ini terjadi perlu pengevekan pada van belt power steering yang kemungkinan mengalami kelonggaran sehingga pelu penyetelan ulang.

– Setir tidak lurus.
Hal ini bisa dirasakan ketika mobil berjalan dan cederung tidak stabil jika terjadi hal ini setir perlu di buka, lalu kendurkan setir dengan membuka baut pengancing untuk disesuaikan kembali.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top