Tips

Tips Berkendara Malam Hari

Tips Berkendara Malam Hari
Perli Perhatian Jika Berkendara Malam hari

Memulai perjalanan malam hari banyak dipilih oleh pengendara untuk menghindari beberapa resiko seperti macet atau cuaca terik. Namun berkendara malam hari butuh perhatian lebih.

Jakarta, Autod.id – Akhir pekan ini merupakan long weekend. Dan biasanya pada kondisi libur panjang, banyak warga yang melakukan perjalanan liburan ke luar kota menggunakan kendaraan pribadi.

Dari sekian banyak warga yang melakukan perjalanan liburan, tidak sedikit yang memilih malam hari untuk memulai sebuah petualangan. Namun berkendara malam hari dengan mobil bukan tanpa resiko, karena berkendara pada malam hari lebih menguras konsentrasi pengemudi dibanding siang hari.

Belum lagi kondisi jalanan di Indonesia yang minim penerangan membuat pengemudi was-was saat malam. Berkendara malam hari membutuhkan kewaspadaan ekstra agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karenanya perhatikan tips berkendara malam hari.

Periksa Lampu-Lampu

Karena itu para pengendara yang memilih perjalanan malam perlu memeriksa lampu kendaraan karena hal ini menjadi komponen keselamatan paling penting saat malam. Bila lampu yang ada tidak memadai untuk perjalanan malam sebaiknya lampu tersebut diganti untuk menghindari resiko perjalanan.

Tips Berkendara Malam Hari

Waspada Kondisi Lingkungan Malam Hari

Waspada Jalan Sepi

Jalanan sepi bukan berarti aman. Berkendara malam hari dengan kecepatan tinggi sangat rentan, maka sebaiknya tetap mengendarai dengan batas kecepatan yang aman meski kondisi jalan relatif lengang. Dengan begini, blind spot seperti tikungan tajam, jalan bergelombang atau binatang yang menyeberang tiba-tiba bisa dihindari.

Perhatikan Jam Biologis

Secara kodrati, malam adalah waktu beristirahat karena itu tubuh perlu mendapat stimulasi agar tetap fit. Istirahatlah selama 15-20 menit untuk mengembalikan stamina tubuh Anda, jika jarak perjalanan yang ditempuh sudah menempuh lebih dari 2 jam.

Cek Kondisi Mobil

Selain menguras tenaga, perjalanan jauh juga dapat membuat drop kondisi mobil. Jika ada gangguan pada mobil, sebaiknya langsung diperiksa untuk memastikan kerusakannya. Jangan ambil resiko dengan memaksa mobil karena sangat fatal. Pastikan mesin mobil, ban dan bahan bakar selalu aman.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top