Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Aman Mendongkrak Mobil Demi Keselamatan!

tips aman mendongkrak mobil

Last updated on 3 Juni, 2024

Mendongkrak mobil tak boleh dilakukan dengan sembarangan karena berhubungan dengan keselamatan. Ikuti tips aman mendongkrak mobil berikut ini!

Jakarta, Autos.id – Mendongkrak mobil dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Tidak jarang, beberapa pengemudi mengabaikan tips aman mendongkrak mobil. Padahal mendongkrak mobil bukan hanya soal mengganti ban saja.

baca artikel menarik lain tentang penyebab mobil miring sebelah

Skill mendongkrak mobil sebaiknya dimiliki oleh setiap pengendara. Perlu diketahui, proses mendongkrak mobil tidak hanya berkaitan dengan aktifitas penggatian ban di saat waktu mendesak saja. Akan tetapi, mendongkrak mobil juga perlu dilakukan untuk perbaikan kecil serta membersihkan bagian terdalam atau lorong mobil.

Apalagi pada saat musim hujan seperti sekarang ini, Anda yang ingin memanjakan mobil kesayangan mau tidak mau harus mendongkrak mobil agar bisa menjangkau bagian atau lorong mobil.

Baca juga: Deretan Perlengkapan Mobil Untuk Perjalanan Jauh Yang Kamu Bawa!

cara mendongkrak mobil

tips aman mendongkrak mobil melibatkan buku panduan mobil

Meski sangat penting, tapi tahukah Anda kegiatan yang satu ini tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Tips aman mendongkrak mobil pastinya melibatkan kemampuan dan pengetahuan yang luas.

Pasalnya, salah melakukan langkah-langkah dalam mendongkrak bisa berakibat merusak mobil bahkan yang paling fatal ialah membahayakan keselamatan pengemudi itu sendiri.

Sebaiknya posisikan mobil di area yang datar. Hal ini agar dongkrak mendapatkan tumpuan yang lebih kuat. Anda juga tidak boleh lupa untuk menarik rem tangan. Penarikan rem tangan dilakukan agar roda tidak bergerak bahkan berputar saat Anda mengendurkan baut dan mur mobil.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Pecah Ban Saat Mobil Berjalan

Tidak hanya itu, tips aman mendongkrak mobil juga melibatkan buku petunjuk mobil yang didongkrak. Posisikan dongkrak pada titik yang benar dan sesuai dengan buku petunjuk mobil tersebut.

Hal tersebut penting agar kinerja dongkrak lebih efisien. Lebih dari itu, langkah tersebut dilakukan untuk menghindari kerusakan komponen mobil serta menjaga keselamatan pemilik kendaraan.

“Titik yang paling aman untuk mendongkrak mobil adalah pada sayap roda atau arm”

Hal ini mengingat bagian sayap roda depan maupun belakang mobil terbuat dari bahan yang kuat. Sebaiknya kita menghindari mendongkrak bagian bawah sayap roda atau arm maka hanya bagian shockbreker yang terangkat dan mendapat tekanan lebih.

Yang paling penting pada saat melakukan aktifitas ini ialah Anda tidak disarankan memasukkan badan atau tubuh ke bagian kolong mobil.

Gunakan alat bantu atau pengungkit yang lebih panjang agar diri Anda aman dan mencegah hal-hal yang kurang menguntungkan. Apabila Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mendongkrak gunakan jackstand demi keamanan.

Sementara itu, untuk kondisi darurat misalnya mendongkrak di jalan, Anda dapat meletakkan ban serep, batu atau kayu di kolong mobil tepatnya di bagian yang kuat. Nah, itulah beberapa tips aman mendongkrak mobil yang bisa kita manfaatkan.

Semoga membantu!

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

Tips

Last updated on 3 Juni, 2024 Bagi pemilik Volkswagen Beetle atau VW Kodok, salah satu modifikasi yang biasa dilakukan adalah pasang AC pada mobil...

error: Content is protected !!