Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Penting, Inilah Ciri Kampas Rem Cakram Motor Sudah Habis!

ciri kampas rem cakram motor sudah habis

Last updated on 16 Oktober, 2023

Memahami ciri kampas rem cakram motor sudah habis adalah hal penting mengingat peran rem sangat besar. Satu diantaranya dikenali dari suaranya.

Jakarta, Autos.id – Rem adalah salah satu komponen yang penting pada kendaraan dimana rem memiliki peran besar. Karena itu, rem haruslah berfungsi dengan baik. Karena itu, demi mendapatkan fungsi rem yang baik, pengendara haruslah dapat mengetahui ciri kampas rem cakram motor sudah habis.

Hal ini tidak lepas dari fungsi utama rem pada sebuah kendaraan yaitu untuk menghentikan laju kendaraan. Saat ini sudah banyak produsen sepeda motor yang menjual kendaraan roda dua tersebut dengan menggunakan cakram.

Berbeda dengan motor yang dilengkapi dengan jenis teromol, rem cakram rupanya disebut-sebut memiliki keunggulan tersendiri. Hal ini bisa dibuktikan dengan bobotnya, performa hingga daya tahan yang dimiliki.

Baca juga: Tips Mencegah Overheat Pada Rem Cakram Motor

ciri kampas rem cakram motor sudah habis

Meski demikian, setiap pengendara dan pemilik kendaraan disarankan untuk mengecek kondisi kendaraan hingga bagian rem. Bahkan si pemilik kendaraan harus memiliki wawasan tentang ciri kampas rem cakram motor sudah habis atau belum.

Lantas sudahkah Anda selama ini memahami apa saja ciri-ciri kampas rem cakram yang sudah menipis atau masih tebal? Dikutip dari laman Viva.co.id (2/11/2017), pemilik bengkel Eka Jaya bernama Ahmad menjelaskan bahwa setidaknya ada empat ciri khusus kampas rem yang sudah habis.

Ciri pertama bisa dideteksi melalui bunyi yang keluar dari motor. Bahkan bunyi menjadi salah satu hal yang mudah dideteksi oleh pemilik kendaraan.

“Bunyi biasanya hal yang paling mudah bagi pemilik motor untuk mengetahui kondisi kampas rem”

Ia pun menambahkan bahwa suara decitan tersebut dihasilkan dari gesekan langsung antara logam besi piringan cakram dengan besi yang ada di kampas rem yang sudah uas atau habis. Sementara itu, hal lain akan terjadi sebaliknya bila kampas rem masih dalam kondisi tebal.

Anda dapat melihat ciri kampas rem cakram motor sudah habis atau belum dengan menarik tuas rem dan menginjak bagian pedal rem. Pijakan akan terasa lebih dalam dari ukuran standarnya.

Selain dari suara atau bunyi decitan yang dihasilkan dari gesekan besi, tanda bahwa kampas rem masih tebal atau sudah habis bisa dilihat dari volume minyak rem. Lihatlah minyak rem yang terdapat pada tabung tempat oli rem.

Apakah minyak rem tersebut berkurang atau berada di garis yang tertera. Posisi kaliper inilah yang dapat memudahkan Anda mendeteksi ciri kampas rem cakram motor sudah habis atau masih tebal. Nah, itulah ciri-ciri kampas rem cakram sebuah motor yang sudah habis dan masih tebal. Bagaimana, sudah bisa mendeteksi kondisi rem motor Anda?

Baca juga: Apa Perbedaan Minyak Rem DOT 3 dengan DOT 4?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Autos.id – Berkendara motor memang membutuhkan keahlian, terlebih apabila menggunakan motor gede alias Moge. Oleh karenanya, saat ini diberlakukan juga kategori SIM C, untuk...

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Tips

Last updated on 3 Agustus, 2023 Pernah merasa bodi mobil miring ke satu sisi saja? Ternyata ada penyebabnya. Autos.id – Pernahkah Anda memperhatikan saat...

error: Content is protected !!