Tips

Mobil Bertransmisi Otomatis Tak Boleh Diparkir dengan Cara Seperti Ini

Dari segi teknis saja, sudah banyak sekali perbedaan antara mobil bertransmisi otomatis dan manual. Oleh karena itu, teknik pemakaian antara keduanya juga berbeda dan tak bisa disamakan.

Jakarta, Autos.id – Bicara soal mobil bertransmisi otomatis seolah tak ada habisnya. Selalu ada saja ada hal yang perlu dijelaskan tentang pemakaian transmisi tanpa kopling ini.

Kali ini kita akan membahas tentang cara memarkirkan mobil bertransmisi otomatis yang benar. Meski kedengarannya sepele, tapi mungkin masih banyak orang yang salah saat memarkir mobil bertransmisi otomatis.

Perlu ditekankan sekali lagi, pengoperasian mobil bertransmisi otomatis tidaklah sama dengan yang manual. Maka itu, kebiasaan saat mengendarai mobil bertransmisi manual tidak bisa diterapkan ketika berkendara dengan mobil otomatis.

Mungkin karena kebiasaan membawa mobil bertransmisi manual, tak sedikit orang yang menaruh transmisi di posisi Netral (N) kala memarkir mobil bertransmisi otomatis. Ternyata, perilaku tersebut tak bisa diterapkan di mobil bertransmisi otomatis.

Jika hendak memarkirkan mobil bertransmisi otomatis, maka transmisi wajib diletakkan pada posisi Parking (P), karena fungsinya adalah untuk mendukung kinerja rem parkir.

Seandainya tetap nekat menaruh transmisi di posisi N pada saat parkir, bukan tidak mungkin itu akan dapat menimbulkan bahaya.

Karena jika kita memarkir mobil dalam posisi transmisi di N dan rem parkir dalam kondisi yang tidak maksimal, maka mobil dapat bergerak. Apalagi jika Anda memarkirkan mobil di tempat yang menanjak.

Bila memarkirkan mobil dalam posisi transmisi berada di posisi P maka itu akan membuat mobil kita jadi lebih aman dan terjamin keselamatannya.

Dengan posisi tuas yang berada di P saat parkir, itu lebih menjamin pergerakan mobil saat ditinggal lantaran sistem gerak terkunci sempurna, meski tanpa memfungsikan rem parkir.

Walau dengan hanya menempatkan transmisi di P saat parkir sudah cukup untuk membuat mobil terkunci sempurna, tapi tetap disarankan untuk tetap memfungsikan rem tangan.

Tujuannya adalah agar komponen transmisi tidak bekerja terlalu keras untuk mengunci mobil, dan membuat komponen transmisi jadi lebih awet.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top