Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Mengenal Cruise Control dan Manfaatnya

Cruise Control pada mobil.
Cruise Control pada mobil. (Sumber: Astra-Daihatsu)

Seringnya fitur ini banyak di mobil mahal namun sekarang mobil bawah Rp500 Juta sudah tersedia, Namun banyak yang tidak paham manfaat dari Cruise Control.

Autos.id – Cruise control adalah fitur pada mobil yang memungkinkan pengaturan kecepatan kendaraan dan mempertahankan kecepatan tersebut. Fitur ini terletak di bawah setir mobil dan dapat mengurangi kelelahan pengemudi karena tidak perlu terus-menerus menginjak pedal gas.

Saat ini, mobil-mobil terbaru di Indonesia sudah hadir fitur cruise control. Namun, bagi pengemudi yang belum terbiasa menggunakannya, sebaiknya memahami terlebih dahulu cara kerja dan fungsi dari fitur ini.

Ilustrasi menggunakan Cruise Control.

Ilustrasi menggunakan Cruise Control. (Sumber: Moladin)

Sejarah Hadirnya Cruise Control

Ternyata, teknologi cruise control sudah ditemukan sejak lama. Penemunya adalah seorang tunanetra bernama Ralph Teetor asal Amerika. Teetor terinspirasi untuk menciptakan fitur ini karena ia tidak bisa menyetir mobil akibat keterbatasan fisiknya.

Awalnya, Teetor merasa jengkel dengan pengacaranya yang sering menyetir mobilnya terlalu cepat atau terlalu lambat saat mengantarkannya. Akhirnya, ia mencoba menciptakan teknologi yang dapat mengatur kecepatan mobil menjadi stabil dan tidak terlalu cepat atau lambat.

Setelah beberapa kali melakukan percobaan, Ralph Teetor mematenkan perangkat cruise control yang dirancangnya pada tahun 1948. Sekitar satu dekade kemudian, perangkat tersebut alami penyempurnaan dan terpasang pada mobil-mobil komersial.

Mobil pertama dengan fitur cruise control adalah model tahun 1958. Saat ini, banyak produsen mobil mewah dan terbaru yang melengkapi mobil mereka dengan fitur otomatis yang sangat menguntungkan ini.

Manfaat Cruise Control

Cruise control merupakan fitur teknologi pada mobil yang berfungsi untuk mengatur kecepatan mobil secara konstan. Fitur ini juga dikenal dengan beberapa sebutan lain seperti speed control, autocruise, active cruise control, intelligent cruise control, dynamic radar cruise control, active cruise control, dan distronic plus.

Jika tombol cruise control ditekan, maka fitur tersebut akan aktif. Umumnya, pengguna mobil akan menggunakan fitur ini pada saat kondisi jalan yang lengang seperti saat melintasi jalan tol. Namun, jika Anda ingin mencobanya, sebaiknya pastikan dulu kondisi lintasan apakah benar-benar sepi atau cukup padat.

Teknologi terbaru dari dunia otomotif ini sangat memanjakan dan membuat pengemudi merasa nyaman saat berkendara. Pengemudi hanya perlu mengaktifkan dan mengatur pada kecepatan tertentu, maka laju mobil akan berjalan stabil.

Keuntungan dari adanya cruise control adalah dapat menghemat bahan bakar mobil. Kecepatan mobil yang konstan membuat konsumsi bahan bakar mobil juga stabil dan tidak terkuras berlebihan. Dengan bantuan cruise control, pengemudi bisa meringankan tenaga dan waktunya saat berkendara.

Ilustrasi sistem Cruise Control.

Ilustrasi sistem Cruise Control. (Sumber: Research Gate)

Jangan Lupakan Hal Ini Saat Menggunakan Cruise Control

Setelah mengetahui definisi cruise control dan bagaimana cara menggunakannya, penting untuk memperhatikan keamanan dalam penggunaan fitur ini. Prosedur penggunaan fitur ini harus diperhatikan dengan baik.

Cruise control memang di rancang untuk meningkatkan keamanan saat berkendara jarak jauh atau antar kota, terutama pada jalan tol yang stabil. Namun, fitur ini sangat tidak boleh untuk penggunaan saat kondisi jalan ramai, padat, menanjak, atau terjal. Jika penggunaan  pada kondisi seperti itu, dapat meningkatkan risiko kecelakaan atau tabrakan.

Penggunaan fitur cruise control harus pahami dengan baik sebelum menggunakannya, dan ingat  bahwa tidak semua mobil tersedia dengan teknologi ini. Jika ingin menambahkan fitur cruise control pada mobil Anda, konsultasikan dengan sales mobil terlebih dahulu.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

Daftar Harga Mobil

Perkembangan industri otomotif, khususnya mobil, di Tiongkok turut berimbas ke Indonesia, bagaimana dengan harganya saat ini? Autos.id – Industri otomotif di Indonesia semakin ramai...

Mobil

Last updated on 6 Desember, 2023 Mazda2 merupakan salah satu mobil yang menarik, dan mobil bekasnya masih banyak dicari. Autos.id – Mazda2 lahir sebagai...

error: Content is protected !!