Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Kelebihan Mobil Timor untuk Menjadi Mobil Operasional?

Mobil Timor.
Mobil Timor. (Sumber: YouTube Pengepul Mobil)

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an.

Autos.id – Dalam dunia bisnis, pemilihan kendaraan operasional menjadi salah satu keputusan strategis yang memerlukan pertimbangan matang. Salah satu opsi yang kerap menjadi perbincangan adalah penggunaan mobil Timor sebagai armada operasional. Lantas Kelebihan Mobil Timor ini apa?

Meski sudah tidak lagi diproduksi, mobil Timor masih menjadi pilihan yang relevan dengan sejumlah kelebihan yang dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis. Artikel ini akan membahas secara mendalam keunggulan mobil Timor sebagai kendaraan operasional, mencakup berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan.

Baca Juga: PO Bagong Rute Timor Leste Pakai Bus Apa?

Kelebihan Mobil Timor: Teknologi dan Harga Terjangkau

Mesin mobil Timor.

Mesin mobil Timor. (Sumber: Facebook)

Mobil Timor menawarkan sejumlah kelebihan yang perlu diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah beberapa aspek positif dari mobil ini:

1. Fitur Lengkap pada Tipe DOHC

Mobil Timor, khususnya tipe DOHC, menyajikan beragam fitur lengkap yang mendukung pengalaman berkendara. Salah satu aspek unggulannya adalah sistem Electronic Control Unit (ECU) yang meningkatkan efisiensi pembakaran mesin, menghasilkan penggunaan bahan bakar yang lebih hemat.

2. Performa Mesin Optimal

Mesin mobil ini terbukti tangguh dan andal, memberikan performa optimal selama penggunaan. Alat pemindai (scanner) yang disematkan juga memberikan laporan detail tentang kondisi mobil, membantu pemilik untuk melakukan perawatan dengan lebih efektif.

3. Harga Terjangkau

Mobil Timor menawarkan harga yang cukup terjangkau, terutama untuk tipe DOHC dan SHOC. Harganya bervariasi tergantung pada tahun produksi, dengan rentang harga antara Rp35 juta hingga Rp50 juta. Keunggulan harga ini membuatnya menjadi pilihan menarik di pasaran.

 

Kekurangan Mobil Timor: Tantangan dan Kendala

Interior mobil Timor.

Interior mobil Timor. (Sumber: Seputar Semarang)

Meskipun memiliki kelebihan, Mobil Timor juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kalian pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membeli:

1. Sensitivitas Tinggi pada Sensor Tipe DOHC

Tipe DOHC memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi pada sensor. Jika salah satu sensor tidak berfungsi, performa mobil dapat terpengaruh secara signifikan, menuntut perawatan ekstra untuk menjaga kehandalan mesin.

2. Risiko Kebocoran Kabel

Mobil ini memiliki banyak kabel, dan kebocoran pada selang dapat menjadi risiko serius. Kebocoran ini dapat menyebabkan percikan api pada bagian mesin, menuntut pemeliharaan yang cermat dan tanggap.

3. Kelangkaan Spare Part

Pencarian dan pemilihan suku cadang untuk Mobil Timor dapat menjadi tugas yang sulit. Kelangkaan spare part dapat menyulitkan proses perbaikan dan pemeliharaan, memerlukan upaya lebih untuk memastikan ketersediaan komponen yang kalian perlukan sebelumnya.

4. Keterbatasan Fitur pada Tipe SOHC

Tipe SOHC tidak dilengkapi dengan power window, memerlukan pengguna untuk membuka dan menutup jendela secara manual. Hal ini dapat dianggap sebagai keterbatasan bagi mereka yang menginginkan kenyamanan tambahan dalam pengalaman berkendara.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

Daftar Harga Mobil

Perkembangan industri otomotif, khususnya mobil, di Tiongkok turut berimbas ke Indonesia, bagaimana dengan harganya saat ini? Autos.id – Industri otomotif di Indonesia semakin ramai...

Mobil

Last updated on 6 Desember, 2023 Mazda2 merupakan salah satu mobil yang menarik, dan mobil bekasnya masih banyak dicari. Autos.id – Mazda2 lahir sebagai...

Berita Otomotif

Bagi pemilik bisnis yang butuh kendaraan operasional, tentu saja pick up irit BBM jadi pilihan utama. Autos.id – Mobil pick up menjadi pilihan utama...

error: Content is protected !!