Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Jangan Sembarangan, Ini Tips Mengganti Kaca Mobil Retak

tips mengganti kaca mobil yang retak

Jangan sembarangan menangani kaca mobil yang rusak. Perhatikan tips mengganti kaca mobil retak salah satunya memperhatikan karet-karetnya.

Jakarta, Autos.id ­– Percaya atau tidak mengganti kaca mobil yang sudah retak tidak semudah yang sering dibayangkan oleh kebanyakan orang lho. Bahkan dibutuhkan skill dan tips mengganti kaca mobil retak agar kerusakan pada kaca tidak merembet ke bagian lainnya.

Kaca mobil yang retak atupun pecah harus segera diganti dengan yang baru. Pasalnya bila tidak segera dilakukan penggantian dikhawatirkan pengemudi tidak nyaman dalam mengemudikan kendaraannya. Tak hanya itu, tujuan lainnya ialah untuk mencegah kaca yang retak semakin parah.

tips mengganti kaca mobil retak

Meski kaca yang sudah retak harus segera diganti, akan tetapi pengemudi tak boleh asal-asalan dalam mengganti kaca tersebut. Hal tersebut senada dengan penjelasan dari seorang pedagang kaca mobil bernama Haryono.

Seperti dikutip dari laman Viva.co.id (30/10/2017), salah satu pedagang kaca mobil di Pasar Automotive, Jakarta Timur tersebut menjelaskan bahwa mengganti kaca mobil yang sudah retak meski terlihat mudah namun tidak dapat dilakukan sembarangan.

“Kelihatannya gampang, cuma melepaskan kaca lama yang retak terus pasang kaca baru. Tetapi enggak semudah itu”

Ia menambahkan ada banyak proses yang harus dilewati dalam penggantian kaca lama dengan kaca baru. Untuk itu, diperlukan tips mengganti kaca mobil retak yang tepat dan aman.

Proses penggantian kaca mobil yang sudah retak dengan kaca baru memerlukan waktu dua hingga tiga jam lamanya. Dari tahapan penggantian kaca, proses melepaskan kaca orisinal mobil yang retak adalah bagian yang sulit menurut Haryono.

Ia pun akhirnya membagikan pengalamannya pada saat melepas kaca mobil yang retak. Dibutuhkan waktu hingga setengah hari untuk melepas kaca mobil Mercy yang sudah retak. Hal ini karena dudukannya yang rapat. Berbeda dengan mobil Jepang yang menurutnya bagian kaca mobilnya lebih mudah dilepas.

Pria yang sudah menggeluti profesinya dalam kurun waktu 17 tahun tersebut juga mengimbuhkan tips pengganti kaca mobil retak kepada para pemilik kendaraan. Tak hanya bagian kaca mobil yang sudah retak, namun kondisi karet-karet penyangganya juga harus menjadi perhatian utama pemilik mobil.

Membawa uang lebih menjadi tips yang paling disarankan. Pasalnya, bagian karet-karet penyangga kaca mobil bisa saja sudah tidak dapat digunakan lagi karena getas maupun keras. Apalagi bila kondisi mobil sudah tua, kondisi karet penyangga hanya bisa diketahui setelah kaca yang retak dilepas.

Selain menyiasati dengan membawa uang lebih untuk mengganti karet penyangga yang sudah tua dan getas, ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa kaca bagian depan pada merek mobil yang ternyata tak mudah dilepas. Seperti misalnya mobil merek Eropa yang dilengkapi dengan sensor air dimana sensor tersebut terhubung dengan wiper mobil.

Ia pun pada akhirnya menggunakan tips mengganti kaca mobil retak andalannya yaitu dengan memasang ganjal berupa selotif agar lem nya lebih kuat. Selain itu, bila sudah selesai memasang ia akan menyiram air agar kelihatan bila ada yang bocor.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Kondisi mesin yang mengalami overheat seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi pengendara mobil. Terlebih lagi jika masalah overheat ini terjadi pada saat sedang melakukan...

Tips

Memilih helm untuk dipakai dalam aktivitas harian tidak mudah tapi juga tidak sulit, dan tipsnya ada di artikel ini. Autos.id – Dalam memilih helm...

Tips

Last updated on 15 Oktober, 2022 Asap yang keluar berlebihan pada motor adalah tanda adanya kerusakan di bagian dalam mesin dan masalah ini harus...

Tips

Ketika tiba-tiba mobil atau motor Anda mengeluarkan suara ketukan, berhati-hatilah karena mungkin saja itu adalah gejala knocking. Segera, ambil tindakan untuk menghentikan suara ketukan...