Tips

Ini Cara Cuci Mobil Pasca Hujan

Cuci mobil pasca hujan sangat dianjurkan, hal ini lantaran zat asam dari air hujan bisa merusak permukaan cat mobil jika dibiarkan.

Jakarta, Autos.id – Kebersihan mobil yang terjaga akan membuat mobil selalu tampak menarik. Mencuci mobil secara teratur juga dapat membuat cat eksterior mobil terawat apalagi bila dilakukan pasca hujan.

Banyak orang yang menyangka mobil yang terkena air hujan cukup dilap. Padahal zat asam pada air hujan dapat menimbulkan bercak putih pada cat bila sering dibiarkan. Untuk itu, mobil perlu dicuci setelah hujan.

“Zat asam pada air hujan dapat menimbulkan bercak putih pada cat bila sering dibiarkan. Untuk itu, mobil perlu dicuci setelah hujan”

Mencucui mobil setelah terguyur air hujan ada teknik-tekniknya. Ini dilakukan agar mobil kembali bersih dan tidak meninggalkan baret-baret halus di permukaan cat.

Cuci Mobil Pasca Hujan

Semprot Bagian Bawah Lebih Dulu

Mencuci mobil dahulukan dengan membersihkan bagian bawah mobil. Termasuk kaki-kaki, ban, velg, serta kolong mobil. Guyur kaki-kaki mobil beberapa kali dengan air dalam jumlah banyak. Agar menghilangkan pasir atau kotoran yang bersembunyi. Hal ini karena bagian kolong dan kaki-kaki mobil merupakan permukaan yang terkena cipratan kotoran atau debu dari jalan saat hujan.

Pakailah air bertekanan sedang sampai tinggi untuk melepas kotoran yang menempel pada ban, velg dan kolong mobil. Jangan lupa gosok-gosok dengan busa, karet bagian bawah permukaan bodi yang terjangkau tangan. Gosok dengan shampo dan siram kembali dengan air betekanan tinggi.

Cuci Mobil Pasca Hujan

Lap dengan Kain Micro Fiber

Setelah bagian bawah dirasa bersih, siram bagian atap mobil. Setelah disiram dengan air bertekanan rendah gosok permukaan atap mobil dengan shampo ber-PH netral atau balance. Jika dirasa sudah rata, bilas kembali dengan ari mengalir hingga busa shampo benar-benar hilang.

Lakukan tahapan yang sama selanjutnya ke bagian kap mesin. Jika selesai maka langkah selanjutnya membersihkan bagian sisi mobil termasuk kaca-kaca. Perlu diperhatikan, hindari mengosok bodi mobil tanpa air mengalir, karena hanya akan membuat baret pada permukaan cat bodi.

Setelah mobil di siram dan bersih dari bekas shampo, segera keringkan lap plaschamois. Pastikan lap sedikit basah tidak terlalu kering. Untuk hasil lebih maksimal, lap micro fiber.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top