Tips

Tips Merawat Bodi Mobil Saat PSBB

Bekerja di rumah tidak membuat mobil tidak terawat dengan baik

Jakarta, Autos.id  –  Pemerintah DKI Jakarta kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan risiko penularan virus COVID-19. Pembatasan tersebut membuat aktivitas AutoFamily berkurang dan lebih banyak bekerja di rumah atau work from home (WFH). Momen PSBB memberikan AutoFamily waktu luang untuk merawat bodi kendaraan agar tetap bersih, anti kusam, dan terhindar dari karat.

Berikut pekerjaan perawatan bodi mobil yang bisa dilakukan sendiri #DiRumahAja saat PSBB berlaku kembali.

  1. Mencuci Mobil

Meski saat ini hujan masih jarang turun, bukan berarti mobil bebas dari kotoran. Musim panas yang kering membuat debu bertebaran dimana-mana. Oleh sebab itu, AutoFamily harus mencuci mobil untuk membersihkannya dari kotoran. Siram dulu permukaan bodi mobil agar debu luruh dan pastikan kering sempurna supaya tidak timbul jamur bodi bahkan karat.

  1. Pakai Cover Mobil

Saat PSBB, mobil lebih banyak parkir di rumah. Jika tempat parkir tidak memiliki pelindung, AutoFamily bisa memanfaatkan cover mobil. Cara ini juga cocok untuk AutoFamily yang tinggal di apartemen dan tidak kebagian parkir di basement. Selubung ini dapat dipakai untuk menahan terpaan langsung sinar matahari dan potensi oksidasi di malam hari. Termasuk mencegah binatang liar masuk ke dalam mobil.

  1. Poles Bodi Mobil

Poles bodi mobil dapat mengangkat kotoran yang menempel di bodi mobil dan membuat permukaannya berkilau kembali. Selain itu, di tahap akhir pemolesan bisa dilakukan waxing untuk memberikan perlindungan pada permukaan cat dengan bahan pelindung sehingga dapat menahan paparan sinar matahari yang membuat cat kusam atau proses oksidasi penyebab karat.

  1. Cek Karat

Karat merupakan bahaya laten yang sangat mengganggu karena begitu karat menyerang, akan membuat struktur sasis dan bodi mobil menjadi rapuh. Bila terlanjur menjalar akan membutuhkan perbaikan yang tidak ringan. Meski sudah ada lapisan anti karat, sebaiknya dilakukan pelapisan ulang anti karat setiap 1 tahun sekali untuk mengantisipasi timbulnya karat.

  1. Body Repair

Karat bisa tumbuh pada bodi atau sasis mobil yang luka seperti baret atau penyok. Berhubung sedang menunda aktivitas rutin, AutoFamily bisa melakukan perbaikan bodi mobil di workshop BP Auto2000 terdekat. Manfaatkan layanan booking service paling lambat satu hari sebelum kedatangan untuk mempermudah proses perbaikan. Kian mudah karena AutoFamily cukup datang ke bengkel Auto2000 terdekat dan service advisor Auto2000 yang akan mengurus hingga mobil selesai diperbaiki.

  1. Manfaatkan Layanan Express Body & Paint

Sebenarnya Express Body & Paint (EBP) masih merupakan bagian dari fasilitas BP Auto2000. Bedanya, EBP hanya butuh waktu 8 jam sejak mobil masuk ke dalam workshop untuk membuat bodinya kembali mulus seperti sediakala. Meski begitu, ada syaratnya yakni layanan cepat ini hanya berlaku untuk area kerusakan maksimum 3 panel, baret, dan penyok ringan hingga spot repair. Lebih dari itu akan masuk ke perbaikan bodi mobil biasa.

“Aturan PSBB membuat AutoFamily memiliki waktu luang untuk merawat bodi mobil di rumah. Urusan Toyota lebih mudah, Auto2000 siap membantu perawatan bodi mobil melalui fasilitas Bodi & Cat, seperti melakukan pelapisan anti karat dan memperbaiki bodi mobil yang rusak agar kembali mulus. Silakan booking service di website Auto2000.co.id,” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000 di Jakarta, belum lama ini.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top