Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Awas Cuci Mobil dengan Spons Bisa Buat Mobil Baret

Cuci Mobil dengan Spons

Banyak yang mengira cuci mobil dengan spons akan membuat mobil lebih bersih, padahal sebaliknya, spons dapat menjadi penyebab timbulnya baret.

Jakarta, Autos.id – Banyak orang berpikir mencuci mobil dengan media spons akan membuat mobil lebih bersih karena sifatnya yang lebih mudah menyerap air dan teksturnya yang lembut.

Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, namun sangat beresiko bagi permukaan cat mobil karena pada saat cuci mobil dengan spon, butiran spons yang keras atau yang lepas dari spons bisa menjadi partikel kecil yang mengores cat mobil dan menimbulkan baret.

“Struktur spons yang bercelah memungkinkan banyak kotoran bisa menempel dan mengendap sehingga dapat menimbulkan baret yang lebih besar pada permukaan cat mobil

Selain itu struktur spons yang bercelah memungkinkan banyak kotoran bisa menempel dan mengendap sehingga dapat menimbulkan baret yang lebih besar pada permukaan cat mobil. Untuk itu beberapa Car Wash menyarankan cuci mobil dengan spons sebaiknya dihindari dan diganti menggunakan lap sarung tangan microfiber atau wash mitt microfiber karena lebih aman.

Cuci Mobil dengan Spons

Sebaiknya Gunakan Wash Mitt Microfiber

Untuk spons sebaiknya digunakan untuk membersihkan bagian kap atas dan bawah mobil Anda. Terutama sisi bawah biasanya sangat kotor karena debu yang tercampur oli dan terkena cipratan air membuat kotoran menyatu dengan besi sehingga perlu media pembersih seperti spons.

Namun menjadi catatan sisi spons yang telah digunakan untuk membersihkan bagian bawah mobil tidak boleh digunakan untuk bagian kap atas apalagi untuk mengelap kaca karena permukaan dan bagian dalamnya telah menyerap kotoran dan minyak yang bisa menimbulkan kap dan kaca berminyak dan ikut kotor.

Dengan pemahaman sederhana ini diharapkan kebiasaan mencuci mobil dengan spons dapat dihindari karena pada akhirnya akan merusak pemukaan cat mobil Anda.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...