Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Alarm Mobil Terus Berbunyi? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

Alarm mobil.
Alarm mobil. (Sumber: Pixabay)

Alarm mobil tiba-tiba berbunyi dan tidak bisa berhenti, apa saja penyebabnya?

Autos.id – Kadang-kadang alarm mobil dapat berbunyi secara tiba-tiba. Bunyi alarm mobil yang terus menerus bisa mengganggu orang di sekitar dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Sebagai pemilik mobil, penting untuk segera mengetahui penyebab bunyi alarm dan cara mematikannya.

Alarm mobil adalah fitur keamanan yang dilengkapi pada mobil.

Alarm akan berbunyi ketika mobil mendeteksi adanya ancaman seperti pencurian dan lain-lain.

Namun, terkadang alarm bisa berbunyi sendiri karena mengalami kerusakan.

Penyebab Bunyi Alarm Mobil Terus-Menerus

Alarm mobil yang berbunyi terus-menerus tentu sangat mengganggu dan mengiritasi, baik bagi pemilik mobil maupun orang di sekitar.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi.

Berikut adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab bunyi alarm mobil terus-menerus:

1. Pintu Mobil Tidak Tertutup Rapat

Salah satu faktor yang menyebabkan alarm mobil terus berbunyi adalah pintu mobil yang tidak tertutup rapat. Jika pintu mobil tidak tertutup rapat atau terbuka, hal ini akan dianggap sebagai ancaman dan alarm akan berbunyi sebagai tanda bahaya. Alarm akan terus berbunyi sampai pemilik mobil menutup pintu mobil dengan benar.

2. Sensor Alarm Rusak

Alarm mobil berfungsi berkat adanya sensor yang mendeteksi adanya ancaman atau risiko pencurian mobil. Namun, jika sensitivitas sensor alarm rusak, alarm dapat berbunyi sendiri meskipun tidak ada ancaman yang nyata. Kerusakan pada sensor alarm dapat terjadi karena usia mobil yang sudah tua atau karena kondisi lingkungan yang buruk.

Sensor alarm mobil.

Sensor alarm mobil. (Sumber: Asuransi Astra)

3. Baterai Central Lock Habis

Setiap mobil dilengkapi dengan central lock yang berfungsi sebagai pengunci pintu mobil. Jika baterai central lock habis atau rusak, central lock tidak akan berfungsi dengan baik dan akibatnya akan membuat alarm mobil terus berbunyi.

4. Sensor Kap Mesin Rusak

Alarm mobil juga dilengkapi dengan sensor kap mesin yang mendeteksi apakah kap mesin sudah tertutup rapat atau tidak. Jika sensor kap mesin mengalami kerusakan, alarm dapat berbunyi meskipun kap mesin sudah tertutup rapat.

5. Terminal Baterai Alarm Kotor

Alarm mobil membutuhkan daya listrik dari baterai untuk dapat berfungsi. Jika terminal baterai alarm kotor atau terjadi penumpukan kotoran, daya listrik dari baterai tidak akan tersalurkan dengan baik ke alarm. Hal ini dapat membuat alarm rusak dan berbunyi terus-menerus.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jangan khawatir jika alarm mobil terus berbunyi, karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Anda dapat membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut. Teknisi akan membantu mengganti dan memperbaiki komponen alarm yang rusak.

Selain itu, upaya untuk mengatasi alarm yang berbunyi terus juga dapat disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Berikut ini beberapa cara mengatasi alarm yang berbunyi terus.

1. Pastikan Pintu Mobil Tertutup Rapat

Penyebab umum dari alarm mobil yang terus berbunyi adalah pintu mobil yang tidak tertutup rapat. Jika alarm mobil Anda berbunyi karena hal ini, maka cara mengatasinya adalah memastikan pintu dan kap mesin selalu tertutup rapat dengan benar.

Menutup rapat pintu mobil.

Menutup rapat pintu mobil. (Sumber: Moladin)

2. Ubah ke Mode Silent

Anda bisa mengaktifkan mode silent pada mobil untuk mencegah alarm yang rusak berbunyi terus. Pengubahan ke mode silent dapat dilakukan melalui komponen central lock. Selama alarm masih rusak dan belum diperbaiki, mengubah alarm ke mode silent akan sangat membantu untuk mengatasi suara alarm mobil yang terus berbunyi.

3. Ganti Baterai Central Lock

Jika penyebab alarm yang terus berbunyi adalah baterai central lock yang habis, maka solusinya adalah mengganti baterai dari central lock tersebut. Baterai central lock dapat dibeli dengan mudah di berbagai toko peralatan atau secara online. Penggantian baterai central lock dapat dilakukan sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel.

4. Servis Sensor yang Rusak di Bengkel

Solusi terakhir adalah membawa mobil ke bengkel. Ini perlu dilakukan jika Anda tidak dapat menemukan penyebab pasti dari suara alarm mobil yang terus berbunyi. Misalnya, jika kerusakan terjadi pada sensor yang rusak. Nantinya, teknisi akan membantu mengidentifikasi penyebab suara alarm yang sulit dimatikan serta memberikan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

 

 

Sumber: berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Autos.id – Tidak hanya mobil bertenaga listrik, mobil bertenaga BBM pun masih terus menunjukkan eksistensinya. Berbagai merek terus...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Ajang IIMS 2024 resmi ditutup pada 25 Februari lalu. Pameran itu berhasil menampilkan 187 exhibitor dengan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!