Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

6 Tips Mudik dengan Motor yang Aman

Mudik dengan motor memang beresiko, pemerintah pun sudah melarangnya, namun kalau terpaksa, perhatikan enam hal berikut ini agar mudik tetap aman dan nyaman

Jakarta, Autos.id – Pemerintah sudah berupaya melarang masyarakat untuk mudik dengan motor. Tetapi masih banyak yang melakukan perjalanan mudik dengan motor.

Hal ini karena dinilai cukup berisiko namun jika terpaksa mudik dengan motor, maka pemotor harus memperhatikan kondisi motor. Calon pemudik wajib memperhatikan dengan serius komponen-komponen pada motor, sehingga tidak menimbulkan masalah saat ada dalam perjalanan.

Berikut beberapa komponen pada motor yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan mudik :

Electric Starter Motor

Periksa Kondisi Busi

Pertama, perhatikan sistem pengapian motor seperti busi. Jika pengapiannya sudah tidak responsif setelah diampelas sebaiknya busi diganti yang baru.

Kedua, kemacetan panjang yang akan dihadapi pemotor membutuhkan rem yang prima. Karena iru, kampas rem harus dalam kondisi bagus sehingga dapat mendukung perjalanan berkeselamatan pemudik.

Ketiga, jika bukan motor metik, periksa rantai motornya, ganti jika sudah aus,. Namun jika motor matic, periksa V-beltnya, ganti jika sudah tipis. Hal ini penting karena jika putus dijalan akan sangat merepotkan perjalanan mudik Anda.

Keempat, periksa ban agar dalam kondisi sempurna baik kembangannya maupun tekanannya. Jika kondisi ban luar sudah tipis apalagi sudah tipis sebaiknya diganti, agar perjalanan berlangsung lancar, karena tidak semua tempat pada rute perjalanan anda tersedia tambal ban atau toko ban.

Ban Tubeless

Perhatikan Selalu Kondisi Ban

Kelima, periksa bearing atau roda pada leher kemudi agar tetap stabil walaupun motor menghadapi jalan bergelombang. Kemudi motor yang tidak stabil sangat berbahaya ketika anda melakukan akselerasi atau sangat membuat anda lelah karena membutuhkan tenaga ekstra untuk menahan stang motor.

Keenam, durasi perjalanan jauh tentunya membuat mesin motor bekerja keras. Agar mesin tetap mulus menggerakan motor sebaiknya anda mengganti oli yang baru agar mendukung kinerja mesin agar tidak terjadi trouble di jalan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...