Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Rumor Beredar, Aprilia Kembangkan Mesin Paralel-Twin 250cc Untuk Sportbike Entry-Level

Mesin Paralel-Twin 250cc
Mesin Paralel-Twin 250cc

Perusahaan Aprilia saat ini kabarnya sedang mengembangkan mesin paralel-twin 250cc yang nantinya akan digunakan untuk sportbike entry-level.

Autos.id – Sebuah perpindahan kecil untuk sportbike dengan bertenaga rendah mungkin saja seperti sebuah oxymoron bagi sebagian orang, tetap pada kenyataannya mesin dengan perpindahan kecil bisa menciptakan beberapa pengendara yang berbakat. Tentu saja tidak mengherankan kalau sepeda motor seperti KTM RC 390s dan Ninja 400s tampaknya menjadi pilihan untuk pemula apalagi dengan liter di trek yang hanya dilewati tampak seperti meme.

Memang, di tangan orang yang tepat bahwa sportbike kecil dan juga gesit bisa tampil dengan baik dan benar-benar bisa untuk mengatur putaran yang mengagumkan.

Untuk itulah, tidak mengherankan kalau sebagian besar pabrikan motor memiliki setidaknya satu model motor sport kecil yang dirancang khusus untuk bisa menarik para penggemar balapan, serta komuter kasual yang mencari mesin sporty.

Baru-baru ini, ada kabar bahwa pabrikan sepeda motor Aprilia saat ini sedang mengembangkan mesin paralel-twin 250cc baru yang diharapkan untuk menggerakkan sportbike kecil di bawah jajaran sportbikes RS yang ikonik.

RS 250

Aprilia RS 250

Bahkan, ada informasi yang menyebutkan kalau sepeda motor merek RS 250 akan kembali, tetapi hadir dengan tampilan yang lebih modern dan mengemas mesin paralel-twin yang semuanya baru. Namun tidak seperti kebanyakan mesin paralel lainnya, untuk mesin 250cc dari Aprilia akan memiliki central cam drive yang terletak diantara dua silinder.

Pengaturan unik tentunya akan mengurangi kelenturan camshaft dan crankshaft di bawah beban berat, yang tentunya menunjukan bahwa motor RS 250 yang akan datang bisa menjadi mesin balap yang murni yang benar-benar dirancang untuk balapan.

Faktanya bahwa Aprilia masih berada dari grup Piaggio, yang telah memiliki sumber daya dari beberap pabrikan lain. Mesin 250cc baru ini saat ini sedang dikembangkan oleh Zongshen-Piaggio di Cina. Hal itu tidak lepas bawah Aprilia tidak asing R&D China karena sportbike kecilnya, RS125 dan GPR250R yang dijual di pasar China dikembangkan dan diproduksi oleh Zongshen.

Jika Aprilia merilis RS 250 di pasar global, kemungkinan membuat dirinya lebih mudah diakses oleh pengendara balapan pemula dan menengah yang mencari mesin yang ringan dan cukup kuat untuk dibawa ke sirkuit. Tentunya, model seperti Kawasaki Ninja ZX-25R dan CBR250RR akan menghadapi persaingan ketat. Tentunya dengan adanya kabar ini, kabar baik bagi para penggemar sepeda motor Aprilia di Indonesia, apalagi jenis motornya tampak banyak ada di Tanah Air.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Motor

Aprilia Tuareg 660, kendaraan kokoh dan lincah dengan performa dan desain khas Italia Jakarta, Autos.id  –  Aprilia Tuareg 660 tidak hanya semakin memperkaya keluarga...

Aksesoris

Perusahaan Top Block Racing atau TBR menghadirkan kit baru yang merupakan pelindung tabrakan untuk sepeda motor Aprilia Tuareg 660, yang dimana tidak memerlukan modifikasi...

Aksesoris

Last updated on 17 Juli, 2022 Akrapovic resmi menghadirkan knalpot untuk Aprilia Tuareg 660 yang memiliki berat 1,9 kilogram Di tahun 2022. Autos.id  –...

Aksesoris

Aprilia Tuareg 660 dengan sangat cepat menjadi populer untuk segmen sepeda motor petualangan kelas menengah dan kini menjadi pesaing Yamaha Tenere 700. Autos.id  – ...