Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Kawasaki ZX-10RR, Motor Yang Digunakan Juara Balap World Superbike Seri Mandalika

Kawasaki ZX-10RR, Motor Yang Digunakan Jonathan Rea Untuk Balap World Superbike

Selain digunakan oleh Jonathan Rea, Kawasaki ZX-10RR juga digunakan oleh rekan setimnya, Alex Lowes selama ajang balap World Superbike musim 2021 ini.

Autos.id Ajang balap World Superbike merupakan ajang balap dimana motor yang digunakan merupakan motor yang memang dijual ke masyarakat umum. Salah satu motor yang digunakan untuk balapan adalah Kawasaki ZX-10RR yang dikendarai oleh pembalap tim Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea. Pembalap asal Inggris ini mengendarai motor Kawasaki ZX-10RR ini selama musim balap 2021 ini.  Motor ini juga sudah mendapat beberapa modifikasi yang disesuaikan untuk kebutuhan balap World Superbike.

Pada balapan World Superbike di Mandalika, Kawasaki ZX-10RR ini bisa digeber hingga 283,5 km/jam dalam kondisi kering seperti dibalapan pertama. Sedangkan pada balapan kedua yang berlangsung dalam kondisi basah, motor yang satu ini tetap bisa digeber hingga 275,5 km/jam. Bisa dibilang bila dibandingkan versi standar yang dijual untuk umum, perbedaan speed terbilang cukup terasa.

Modifikasi Untuk Kebutuhan Balap

Untuk ajang World Superbike, tim Kawasaki Racing Team menurunkan ZX-10RR yang sudah dilakukan beberapa ubahan agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan balap. Misalnya seperti penggunaan piston yang lebih ringan, connecting rod berbahan titanium, suspense yang bisa diatur sesuai kebutuhan, serta penggunaan velg forged Marchesini yang berpengaruh penambahan performa yang cukup signifikan mengingat mesin tidak boleh dimodifikasi untuk kebutuhan performa.

Baca juga: Toprak Razgatlioglu Kunci Gelar Juara Dunia World Superbike Di Mandalika

Kawasaki ZX-10RR Standar

Kemudian ZX-10RR spek balap ini dibekali dengan throttle body  47mm dengan teknologi ridw-by-wire. Kemudian ubahan lainhya juga meliputi sasis, titik pivot swingarm yang dibuat lebih rendah sekitar 1mm dari versi standar. Selain swingarm yang lebih rendah, posisi setang menjadi lebih lebar dengan tujuan untuk bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ajang balap World Superbike.

Spesifikasi Mesin Yang Digunakan

Meskipun dilakukan modifikasi untuk penyesuaian ajang balap World Superbike, untuk sektor mesin, sesuai dengan regulasi tidak boleh dilakukan perubahan atau modifikasi. Kawasaki ZX-10RR spek balap ini masih dibekali dengan mesin 4 silinder, 16 katup berkapasitas 998 cc. Kompresi motor ini mencapai 13:1 alias terbilang cukup tinggi.

Motor ini sanggup mengeluarkan tenaga hingga 204 PS di 14.000 rpm dalam kondisi standar. Tetapi bila ingin digeber dengan tenaga maksimal, motor ini bisa mengeluarkan tenaga 10 PS lebih tingggi hingga 214 PS di 14.000 rpm. Torsi maksimal yang bisa dikeluarkan mencapai 111,8 Nm. Transmisi yang digunakan menggunakan 6 speed dengan penggunaan kopling basah multi-disc.

Untuk kebutuhan balap World Superbike, rem depan motor ini menggunakan Dual semi-floating 330 mm dari Brembo. Selain itu rem depan ini motor dilengkapi teknologi kapiler Dual radial-mount dan M50 Monobloc dari Brembo serta opposed 4-piston yang lebih mencekram dari versi standar yang dijual ke masyarakat umum.

Baca juga: Kawasaki Resmi Hadirkan All New Varian Ninja ZX-10R 2021

Rem belakang sendiri menggunakan cakram tunggal 220 mm dengan kapiler single piston. Suspesi depan motor ini menggunakan 43 mm upside-down. Sedangkan suspense belakangnya menggunakan horizontal back-link. Bobot keseluruhan motor ini mencapai 207 kg dengan penggunaan rangka twin spar dan cast alumunium.

Motor ini hanya dijual sebanyak 500 unit diseluruh dunia dan dijual sejak akhir tahun lalu. Hal ini terjadi sebagai syarat homologasi agar bisa digunakan untuk ajang balap World Superbike. Kurang lebih sama persis dengan Toyota GR Yaris yang dijual dalam jumlah terbatas sebagai syarat homologasi untuk bisa digunakan diajang World Rally Championship.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Ducati

Motor Ducati Panigale V4 replika motor balap MotoGP dan World Superbike ini dihadirkan sebagai ucapan terima kasih Ducati atas raihan 2 gelar juara dunia...

Berita Otomotif

Pabrikan Ducati sukses menyabet gelar juara dunia WSBK tahun 2022 berkat aksi gemilang Alvaro Bautista. Autos.id – Dengan koleksi 553 poin, Alvaro Bautista memastikan...

Ducati

Raihan 2 gelar juara dunia MotoGP dan World Superbike menjadi tanda bahwa pabrikan asal Italia ini terus berinovasi untuk selalu menjadi yang terbaik dikedua...

Motor

Diharapkan beberapa ubahan aturan dan detail-detail lainnya akan memberikan tingkat kompetitif serta keseruan yang lebih menarik lagi di ajang balap World Superbike tahun depan....