Connect with us

Hi, what are you looking for?

Ducati

Ducati Luncurkan Replika Motor Balap 2022, Rayakan Juara Dunia MotoGP dan WSBK

Ducati Meluncurkan Replika Motor Balap 2022, Rayakan Juara Dunia MotoGP dan WSBK

Motor Ducati Panigale V4 replika motor balap MotoGP dan World Superbike ini dihadirkan sebagai ucapan terima kasih Ducati atas raihan 2 gelar juara dunia dari 2 ajang balap tersebut.

Autos.id – Francesco Bagnaia menjadi juara dunia MotoGP, dan Alvaro Bautista menjadi juara dunia WSBK dengan motor Ducati. Untuk merayakannya, Ducati meluncurkan edisi khusus replika motor balap dari kedua pembalapnya tersebut.

Tahun 2022 merupakan tahun yang sangat berkesan bagi Ducati. Pabrikan asal Bologna, Italia ini sukses besar dengan meraih dua gelar juara dunia pada dua ajang balap berbeda.

Motor spesial yang dijual kepada publik ini hadir dalam edisi terbatas sebagai tanda terima kasih mereka atas dukungan penggemar selama musim 2022 berlangsung.

Ducati Meluncurkan Replika Motor Balap 2022, Rayakan Juara Dunia MotoGP dan WSBK

Berbasis Dari Ducati Panigale V4

Dikutip dari Speedweek pada Sabtu (17/9/2022), replika motor balap dari Ducati ini berbasis dari Ducati Panigale V4. Semua motor replika balap ini menggunakan livery yang sama persis dengan motor yang membawa Francesco Bagnaia dan Alvaro Bautista balapan di tim-nya masing-masing.

Selain itu, Claudio Domenicalli selaku CEO Ducati Force menyebut ada beberapa hal spesial yang tidak akan kalian temukan pada Panigale V4 lainnya. “Motor-motor yang kami hadirkan ini menggunakan berbagai komponen khusus. Misalnya dari winglet, ekor, serta bagian kaki-kaki menggunakan spesifikasi yang semirip mungkin dengan motor balap aslinya”, ujar Domenicalli.

Untuk  jumlah produksi motor tersebut, Domenicalli menyebutkan ada 260 unit edisi khusus yang akan tersedia bagi konsumen. Alasan pemilihan 260 unit ini dipilih sesuai dengan tahun di mana Ducati pertama dibentuk yaitu tahun 1926 di Bologna, Italia.

Lalu, General Manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna mengungkapkan alasan Ducati membuat motor replikasi balap tersebut. “Tahun 2022 merupakan tahun yang bersejarah bagi kami. Raihan juara dunia pada ajang  MotoGP dan World Superbike merupakan buah kerja keras sehingga edisi khusus ini juga menjadi sebuah apresiasi yang kami berikan kepada penggemar dan konsumen”, ungkapnya.

Ducati Meluncurkan Replika Motor Balap 2022, Rayakan Juara Dunia MotoGP dan WSBK

Spesifikasi Hampir Menyerupai Motor Balap

Berbicara mengenai spesifikasi Ducati Panigale V4 ini menggunakan mesin V4 berkapasitas 1.103 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga hingga 210 Hp di 12.500 rpm dan torsi mencapai 90,6 lb-ft di 11.000 rpm. Tenaga dan torsi-nya hampir menyerupai spesifikasi Panigale V4 R sesuai dengan spesifikasi World Superbike.

Motor ini punya kopling kering dari STM-EVO, knalpot dari Akrapovic, kaliper rem dari Brembo Stylema R, serta master silinder dari MCS. Tidak ketinggalan motor ini tersedia footpeg alumunium Rizoma dan kaca depan khusus motor balap.

Hampir semua bagian body motor ini terbuat dari bahan serat karbon. Misalnya seperti bagian pelindung panas knalpot, penutup alternator, spatbor depan dan belakang, serta saluran rem depan. Beberapa aksesoris seperti penutup kopling bahan serat karbon, plat nomot dan kit Pelepas kaca spion, hingga tangki beserta penutup aluminium.

Baca Juga: Harga Ducati Desember 2022

Terdapat Nomor Seri lho!

Setiap motor  memiliki nomor seri serta tanda tangan dari Francesco Bagnaia dan Alvaro Bautista. terletak pada area tangki, tentu saja tersedia kotak kemasan dengan grafis khusus, sertifikat keaslian, hingga sistem akuisisi data Ducati Data Analyser+.

Ducati mematok Panigale V4S replika ini mulai dari 63.00 Dolar Amerika atau setara Rp 983 jutaan. Harga yang tergolong sangat pantas dan wajar mengingat motor ini akan menjadi collector Item yang menarik di masa depan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Pabrikan Ducati sukses menyabet gelar juara dunia WSBK tahun 2022 berkat aksi gemilang Alvaro Bautista. Autos.id – Dengan koleksi 553 poin, Alvaro Bautista memastikan...

Ducati

Raihan 2 gelar juara dunia MotoGP dan World Superbike menjadi tanda bahwa pabrikan asal Italia ini terus berinovasi untuk selalu menjadi yang terbaik dikedua...

Motor

Diharapkan beberapa ubahan aturan dan detail-detail lainnya akan memberikan tingkat kompetitif serta keseruan yang lebih menarik lagi di ajang balap World Superbike tahun depan....

Berita Otomotif

Last updated on 4 Agustus, 2022 Berkat 2 kemenangan yang diraih oleh Toprak Razgatlioglu, membuat juara bertahan World Superbike ini mulai memperkecil jaraknya dengan...