Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Menelisik Kegagahan Panigale V4 R Besutan Ducati yang Jadi Motor Juara WSBK 2022

Tim Aruba.it saat mengecek Panigale V4 R.
Tim Aruba.it saat mengecek Panigale V4 R. (Sumber: Motorcyclesports)

Pabrikan Ducati sukses menyabet gelar juara dunia WSBK tahun 2022 berkat aksi gemilang Alvaro Bautista.

Autos.id – Dengan koleksi 553 poin, Alvaro Bautista memastikan gelar juara dunia WSBK 2022 di Sirkuit Mandalika. Hal itu karena poin miliknya tak akan terkejar lagi oleh siapa pun jelang putaran terakhir di Sirkuit Phillip Island, Australia.

Secara rinci, rider andalan tim Aruba,it Racing Ducati tersebut unggul 66 poin atas Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha with Brixx) yang mengoleksi 487 poin serta menempati posisi kedua, dan juga mengungguli Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) yang ada di posisi tiga dengan mengumpulkan 103 poin.

Dengan segala hasil positif sepanjang 2022, Alvaro Bautista akhirnya dinobatkan sebagai juara WSBK tahun ini.

Sebagai informasi tambahan, Ducati terakhir kali memenangkan gelar juara WSBK pada tahun 2011 setelah aksi memukau Carlos Checa sebagai rider utama. Dan 11 tahun berselang, pabrikan Italia tersebut merasakan gelar juara kembali.

Melihat Ducati meraih kemenangan, itu artinya Panigale V4 R mampu bersaing dengan Yamaha YZF-R1 dan Kawasaki Ninja ZX-10RR. Lalu bagaimana tentang spesifikasi ‘kuda besi’ dari Ducati tersebut?

Ducati Panigale V4 R.

Ducati Panigale V4 R. (Sumber: Ducati)

SPESIFIKASI DUCATI PANIGALE V4 R

Melihat performa luar biasanya, mesin 955 cc, Desmodromic, 4 valves per cylinder, 4-stroke L-twin 90°, dengan diameter x langkah 100 mm x 60,8 mm, dan sistem pendingin cairan disematkan pada Panigale V4 R.

Dengan spesifikasi tersebut, Panigale V4 R mampu menyemburkan hingga 240,5 Tk pada 16.500 rpm dimana kecepatan maksimumnya yaitu 270 kpj. Selain itu, motor andalan Ducati tersebut menggunakan transmisi manual 6-percepatan.

Membahas sistem pengereman Panigale V4 R, terdapat rem depan Brembo radial Kalipers dengan ukuran 320 mm semi-floating discs dan juga radial Kaliper berukuran one 245 mm pada bagian belakang.

Kemudian ban depan Panigale V4 R menggunakan Pirelli Diablo Rosso Corsa II 120/70-R17, sedangkan bagian belakangnya menggunakan Pirelli Diablo Rosso Corsa II 180/60-R17.

Untuk suspensinya sendiri, Ducati menyematkan suspensi berukuran 43 mm Showa upside-down fork dan single-side aluminium swingarm with Sachs shock absorber pada Panigale V4 R.

Ducati Panigale V4 R yang digunakan di WSBK 2022.

Ducati Panigale V4 R yang digunakan di WSBK 2022. (Sumber: Aruba.it Racing)

Dan terakhir tentang dimensinya, motor andalan Ducati di WSBK 2022 ini berukuran: panjang keseluruhan 2.090 mm, lebar 760 mm dan tinggi 1.436 mm. Kerangkanya sendiri menggunakan tipe monokok, yaitu dengan material aluminium ringan yang nyaman untuk dipacu dalam kecepatan tinggi.

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Honda telah meluncurkan motor Supra GTR model 2023 yang tampilannya lebih sporty. Autos.id – Honda Winner X Sports atau disebut juga Supra GTR model...

Berita Otomotif

DesertX menjadi model terbaru yang dihadirkan Ducati untuk pelanggan di Indonesia. Autos.id – Ducati akhirnya resmi meluncurkan DesertX untuk pasar Indonesia, dimana harganya mulai...

Berita Otomotif

Honda yang berbasis di Inggris dengan bangga memamerkan CBR1000RR-R edisi John McGuiness. Autos.id – Honda Inggris baru-baru ini memamerkan superbike andalannya, CBR1000RR-R edisi spesial...

Motor

Honda merupakan merek kendaraan roda dua yang terkenal, dan beberapa produknya sudah dilengkapi fitur HSTC. Autos.id – Sejumlah produk sepeda motor besutan Honda diketahui...