Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Fakta Menarik Dari Yamaha YZF-R1, Tunggangan Juara Dunia Superbike, Toprak Razgatlioglu

Yamaha YZF-R1, Motor Yang Digunakan Juara Dunia Superbike Toprak Razgatlioglu

Selain digunakan oleh tim utama Pata Yamaha, Yamaha YZF-R1 ini juga digunakan oleh beberapa tim lainnya diajang World Superbike seperti tim GRT Yamaha.

Autos.id World Superbike musim ini menghadirkan juara dunia baru. Toprak Razgatlioglu sukses mengakhiri dominasi Jonathan Rea pada ajang balap ini selama 6 tahun terakhir. Razgatlioglu sendiri membela tim Pata Yamaha dan menggunakan motor Yamaha YZF-R1 sebagai motor yang digunakan untuk  ajang balap World Superbike musim 2021 ini, termasuk yang juga digunakan pada balapan di Mandalika akhir pekan kemarin.

YZF-R1 yang digunakan oleh Toprak Razgatlioglu balapan sendiri merupakan motor produksi masal yang bisa dibeli oleh masyarakat umum dengan beberapa modifikasi untuk kebutuhan balap Superbike.

Beberapa Modifikasi Untuk Kebutuhan Balap

Sebagai motor produksi masal yang digunakan untuk ajang balap World Superbike, ada beberapa modifikasi yang disesuaikan untuk kebutuhan balap. Misalnya seperti menghilangkan beberapa komponen yang biasanya digunakan untu kebutuhan jalan raya seperti lampu depan, kaca spion, serta mengganti bodywork dengan spesifikasi khusus untuk balapan.

Baca juga: Toprak Razgatlioglu Kunci Gelar Juara Dunia World Superbike Di Mandalika

Yamaha YZF-R1

Yamaha YZF-R1

Ubahan lainnya meliputi beberapa sektor seperti manajemen mesin, knalpot, suspense, rem, serta suku cadang mesin. Meskipun manajemen mesin dilakukan ubahan yang cukup signifikan dibandingkan versi produksi masalnya, mesin secara keseluruhan tidak boleh diubah alias mesin harus dalam keadaan standar pabrik.

Kemudian aturan diajang balap World Superbike harus dipatuhi setiap pabrikan adalah dari segi bobot motor. Berat motor minimal yang harus dipenuhi oleh setiap pabrikan adalah 168 kg. Berat 168 kg ini harus bisa mengakomodir kebutuhan motor-motor Superbike yang rata-rata berada di cc sekitar 750 hingga 1.200 cc. Serta penggunaan silinder setiap motor yang berbeda membuat pabrikan harus jeli dalam merancang body motor untuk ajang balap ini.

Spesifikasi Yang Digunakan

Seperti yang sudah disampaikan diawal, meskipun ada beberapa modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan balap, mesin yang digunakan harus masih standar dari pabrikan. Tidak terkecuali Yamaha YZF-R1 yang digunakan oleh tim Pata Yamaha pada ajang World Superbike ini. Motor ini masih dibekali dengan mesin 998 cc, 4 silinder, 4 valve yang sama persis dengan spek untuk produksi masal.

Mesin ini menggunakan konfigurasi bore dan stroke yang berukuran 79 mm x 50,9 mm. Tenaga yang dihasilkan oleh motor ini bisa mencapai lebih dari 220 PS. Kemudian motor ini menggunakan tipe kopling basah serta dilengkapi dengan mulitiple disc yang jauh lebih mencekram lagi. Kemudian transmisi yang digunakan menggunakan Constant Mesh 6 speed dengan Final transmission yang menggunakan chain.

Baca juga: Generasi Terbaru Yamaha MT-10 Adopsi Mesin R1

Pata Yamaha dengan motor YZF-R1

Rem depan motor ini menggunakan hydraulic dual disc dengan diameter 336 mm dari Brembo. Lalu untuk rem belakang sendiri menggunakan hydraulic single disc dengan diameter 218 mm juga buatan dari Brembo. Motor ini juga menggunakan sasis berjenis Alumunium Deltabox yang dilengakpi dengan suspensi depan Ohlines berdiameter 46 mm. Suspensi belakang motor ini menggunakan swingarm berjenis link suspension.

Motor ini sendiri juga dijual secara resmi oleh Yamaha Indonesia dengan beberapa penyesuaian yang sesuai dengan penggunaan jalan raya yang legal. Motor ini djual oleh Yamaha Indonesia dengan harga sekitar Rp 605 juta. Kemudian ajah versi performance yang  lebih tinggi dan diberi nama YZF-R1M dengan harga Rp 812 juta.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Motor

Selain digunakan oleh Jonathan Rea, Kawasaki ZX-10RR juga digunakan oleh rekan setimnya, Alex Lowes selama ajang balap World Superbike musim 2021 ini. Autos.id –...

Balap

Sirkuit Mandalika akan menjadi saksi siapa yang akan menjadi juara dunia World Superbike musim 2021 antara Toprak Razgatioglu dan juara bertahan 6 kali, Jonathan...

Balap

Tiket untuk paket tersedia dalam 3 kategori, yaitu Sultan, Juragan dan Bos Jakarta, Autos.id  – Gelaran ajang balap motor internasional, World Superbike (WorldSBK) akan...

Balap

BMW meluncurkan motor untuk kompetisi World Superbike 2019, yang akan menandai kembalinya Bavarian ke kejuaraan sebagai pesaing. Jerman, autos.id – Tim pabrik baru dioperasikan...