Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Ciri-Ciri Kabel Rem Motor Putus!

Ciri-Ciri Kabel Rem Motor Yang Putrus Dan Perlu Anda Ketahui

Last updated on 16 Oktober, 2023

Autos.id – Kabel rem putus saat berjalan? Terus seperti apa ciri-cirinya? Salah satu komponen penting dari sebuah sepeda motor adalah dari sistem pengeremannya. Selain kampas rem, beberapa komponen lainnya yang berkaitan dengan pengereman seperti kabel rem juga penting untuk perhatikan.

Karena seiring dengan pemakaian, tentu kabel rem akan mengalami kerusakan dan berpotensi putus yang apabila dibiarkan justru akan membahayakan.

Meskipun begitu, masih banyak yang belum mengerti ciri-ciri atau tanda-tanda dari kabel rem motor yang sudah mulai rusak. Kali ini, Autos.id akan memberikan Anda apa saja sih tanda-tanda dari kabel rem motor Anda yang putus dan perlu dilakukan perbaikan berikut ini.

Ciri-Ciri Kabel Rem Motor Yang Putrus Dan Perlu Anda Ketahui

1. Tuas Rem Yang Tidak Pakem Lagi

Cara termudah untuk mengecek apakah kabel rem sudah mulai rusak atau putus adalah dengan menarik tuas rem. Ketika melakukan pengereman ketika motor sulit direm, artinya kabel rem sudah mulai rusak dan bila dibiarkan bisa putus sewaktu-waktu.

Terlebih bila banyak menggunakan rem kiri untuk ban belakang pada motor matic, maka sangat rentan kabel rem bagian belakang ini sudah waktunya untuk dilakukan pergantian. Karena rem belakang merupakan part penting dalam sistem pengereman motor.

Baca juga: Ini Penyebab Rem Motor Bergetar

2. Pemakaian Lebih Dari 3 Tahun

Biasanya kabel rem motor yang sudah mulai bermasalah ketika sudah memasuki usia 3 tahun. Karena selama 3 tahun tersebut, motor sudah mengalami berbagai kondisi jalan yang tentu akan mempengaruhi kondisi pengereman.

Meskipun terlihat masih sangat bagus, namun siapa sangka bahwa kabel rem motor juga memiliki masa waktu pakai tertentunya. Sarankan untuk berjaga-jaga, ketika motor sudah berusia 3 tahun atau sistem kabel rem tidak ada ubahan selama 3 tahun, segera lakukan perawatan hingga pergantian part.

Baca juga: Apa Perbedaan Minyak Rem DOT 3 dengan DOT 4?

3. Serabut Kawat Kabel Rem Yang Mengelupas

Hal yang satu ini terkadang sering tak perhatian bagi orang-orang. Meskipun dari luar kabel rem masih terlihat bagus, namun menyimpan sebuah masalah yang sangat penting. Karena bisa saja serabut kawat yang ada di dalam sambungan kabel rem motor tersebut sudah mengelupas.

Sebagai pencegahan dini, lakukan perawatan hingga pergantian part. Hal ini juga berlaku apabila kampas rem masih dalam kondisi yang bagus namun kabel rem yang sudah mengelupas tentu juga akan membahayakan keselamatan berkendara.

Baca juga: Penyebab Kick Starter Ngelos dan Solusinya

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Autos.id – Seatbelt menjadi aspek yang kerap kali diremehkan oleh orang. Berbagai alasan melatarbelakanginya. Mulai dari faktor ketidaknyamanan hingga kepercayaan dirinya yang tinggi terhadap...

Mobil

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Periode lebaran dan libur sekolah menjadi ladang rezeki bagi tempat-tempat persewaan mobil. Tentu saja, pada momen...

Mobil

Last updated on 15 April, 2024 Autos.id – Hujan lebat merupakan ancaman bagi siapapun, terutama bagi pengendara yang sedang melaju di jalanan. Salah satu...

Mobil

Peringatan! Kian Meningkat Penjualan Bensin Oplosan dengan Trik-Trik Curang yang Mengancam Kendaraan Anda. Autos.id – Dalam waktu dekat, semakin banyak orang yang menjual bensin...

error: Content is protected !!