Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Ban Motor tandanya Harus Diganti Segera

Berkendara dengan motor

Credit: Stok Photo

Autos.id – Ban motor adalah bagian penting, di satu sisi musim hujan sudah hadir. Otomatis,  yang terlihat oke namun bisa jadi silent killer buat pengendaranya. Apa perlu kita mengganti ban kita? Meskipun kondisi-nya masih bagus. Bahkan kembangannya masih cukup untuk digunakan. Namun tanda ban motor harus diganti itu apa?

Eits, jangan anggap remeh masalah ini. Karena ban itu berperan dalam handling motor terutama melewati jalanan basah. Apabila ban kalian sudah mulai berkurang grip apa tidak berbahaya! Untuk itu, bagi para pengendara motor coba cek dulu ban motor kalian.

Karena bagian ban ini bisa jadi indikator kondisi ban bagus atau tidak. Untuk itu, simak dibawah ini tips penting buat cek kondisi band motor kalian.

Kembangan Ban motor Mulai tak nampak 

Kembangan ban mulai menipis

Credit: Stok Photo

Bagian ini paling mudah untuk dilihat. Apalagi secara kasat mata, karena itu kembangannya bisa menentukan kondisi dari ban tersebut. Kalau alurnya sudah mulai kelihatan tidak tampak atau mulai habis, sudah saatnya diganti.

Karena ban dengan alur tipis berpotensi kehilangan cengkraman saat berjalan di aspal basah. Selain itu, kemampuannya sudah menurun. Sehingga daya cengkramannya pun jadi turun banyak. Nah cek juga dinding ban apabila ada retak langsung ganti!

Mungkin saja terlihat sepele namun berbahaya. Selain tekanan dari gaya dorong oleh motor juga suhu di jalanan berbeda dengan suhu udara umumnya.

Cek segitiga di dinding ban

Segitiga di ban

Credit: Stock Photo

Biasanya di dinding ban suka ada tanda segitiga, itulah dia penanda ban apakah sudah harus diganti apa tidak. Biasanya ini menentukan kondisi ban apakah sudah harus ganti apa belum. 

Cara bacanya pun mudah, biasanya lihat titik dari segitiga itu berada. Saat ujung segitiga itu mulai mendekat dengan tapak ban motor, otomatis siapkan dana buat ganti ban tersebut.

Grip ban motor  mulai tidak terasa 

Grip di jalanan basah

Credit: Michelin

Hal seperti ini biasanya saat berkendara akan terasa sekali grip ban ke jalan akan terasa habis atau sudah tidak ada lagi. Sebenarnya grip ban ke jalan hilang itu bisa terjadi juga saat ban masih tersedia alur-nya. Alangkah tepatnya sudah antisipasi supaya tidak terjadi kecelakaan saat berkendara. 

Karena itu, saat berjalan pastinya akan terasa motor kehilangan grip dan ini tidak boleh ditawar lagi. Karena kedepannya bakalan berbahaya terutama bagi handling itu sendiri.

 

Terakhir, Konsumsi BBM Boros

Pasti semua orang tidak percaya kalau ban motor mulai aus bisa menambah gaya hambat ke aspal lebih besar. Efeknya ke mesin sendiri bakal bekerja keras untuk capai momentum. Alhasil butuh BBM lebih banyak dari biasanya.  

Bagi orang awam tidak akan terasa, namun terlihat saat mengisi BBM. Jadi, ganti ban  lebih baik, daripada duit keluar buat bensin.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Last updated on 2 Desember, 2021 Ban motor benjol-benjol ternyata terjadi bukan tanpa sebab. Siapa sangka, hal sepele menjadi faktor utama penyebab ban motor...

Aksesoris

Merayakan kembalinya Michelin ke ajang MotoGp, Michelin Secara resmi menghadirkan ban harian berteknologi ban MotoGP untuk keperluan harian. Jakarta, Autos.id – Michelin Indonesia resmi...

Aksesoris

Corsa Platinum V Series datang dalam dua varian, yakni Corsa Platinum V33 yang diperuntukan bagi motor matik dan Corsa Platinum V22 untuk motor bebek....

Aksesoris

Para pengguna Yamaha NMax dan ingin mengganti ban standar dengan tapak lebih lebar, PT Gajah Tunggal Tbk berniat merilis Zeneos Milano khusus Nmax. Jakarta,...