Honda Collision Mitigation Braking System merupakan sebuah teknologi baru pada motor Honda yang akan mengaktifkan rem belakang agar kendaraan tidak menukik.
Los Angeles, Autos.id – Honda Motors kembali mempatenkan sebuah aplikasi teknologi baru untuk sistem pengereman otomatis pada motor melalui lembaga paten Amerika Serikat U.S. Patent and Trademark Office.
Laporan Motorcycle, Sabtu (11/2/2017) menyebutkan, sistem pengereman pada motor ini disebut Collision Mitigation Braking System (CMBS). Sebelumnya teknologi ini juga diterapkan Honda pada mobil kemudian dikembangkan lagi untuk tunggangannya.
“Honda Collision Mitigation Braking System diklaim mampu memberikan peringatan dini yang didukung dengan pengereman otomatis”
Sistem pengereman Honda Collision Mitigation Braking System ini, akan terkoneksi dengan sensor untuk mencegah tabbrakan frontal khususnya saat kendaraan melintasi perempatan. Gelombang radar yang terkoneksi dengan kamera akan melakukan setup untuk analisa wilayah sekitar lintasan.

Paten yang Diajukan Honda
Honda Collision Mitigation Braking System diklaim mampu memberikan peringatan dini yang didukung dengan pengereman otomatis. Teknologi ini setidaknya akan memberi kesempatan pada penunggang untuk antisipasi agar tidak terjadi benturan frontal.
Aplikasi pintar ini akan mengatur rasio pengereman roda depan dan belakang bergerak bersamaan sehingga kendaraan akan lebih stabil dan tidak mengalami guncangan berlebihan saat pengemudi melakukan pengereman.
Jika pengendara lamban melakukan pengereman, sistem Honda Collision Mitigation Braking System akan mengaktifkan rem belakang agar kendaraan tidak menukik, kemudian sistem menghitung koefisien gesekan ban dipermukaan jalan sehingga menentukan batas pengereman. Pada limitnya rem belakang akan terkunci dan rem depam akan aktif hingga motor benar-benar berhenti dengan mulus.
Honda berencana akan mengaplikasikan teknologi ini pada produk-produk motor sport kencangnya, jika semua kajian mendalam secara teknis telah dirampungkan.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
