Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Volkswagen Meluncurkan Virtus, Sedan Compact Untuk Pasar Negara Berkembang

Volkswagen Meluncurkan Virtus, Sedan Compact Untuk Pasar Negara Berkembang
Bagian Depan Volkswagen Virtus

Volkswagen Virtus hadir untuk menggantikan posisi Vento yang sudah tidak diproduksi lagi serta memiliki kembaran dari Skoda yaitu Slavia.

Autos.id – Brand asal Jerman, Volkswagen baru-baru ini meluncurkan sebuah mobil sedan compact terbarunya yang dinamai Virtus. Mobil ini pertama kali diluncurkan di India serta akan menjangkau target pasar  ke negara-negara berkembang. Mobil ini memiliki kembaran dari Skoda yaitu Slavia yang juga pertama kali diluncurkan di India pada bulan November tahun lalu.

Selain akan dipasarkan untuk negara India, kabarnya Volkswagen akan menargetkan Virtus kebeberapa negara berkembang seperti di Asia Tenggara.

Platform VW Grup Terbaru

Volkswagen Virtus sendiri berdiri dibawah platform terbaru VW Grup yang dinamakan MQB-A0-IN. Platform ini jugalah yang digunakan brand saudara Volkswagen, Skoda untuk mobil sedan kembarannya, Slavia. Baik Volkswagen Virtus maupun Skoda Slavia akan masuk ke segmen Compact Sedan dan melawan beberapa nama seperti lainya dikelasnya seperti Honda City Sedan.

Volkswagen Meluncurkan Virtus, Sedan Compact Untuk Pasar Negara Berkembang

Bagian Belakang Volkswagen Virtus

Panjang mobil ini adalah 4.561 mm, lebar 1.752 mm, tinggi 1.507 mm, dengan Wheelbase atau jarak sumbu roda 2.651. Bila dibandingkan dengan Skoda Slavia yang menjadi produk kembarannya, Volkswagen Virtus memiliki Wheelbase dan lebar yang sama tetapi memiliki panjang dan tinggi yang sedikit lebih besar dibandingkan Slavia.

Volkswagen Virtus sendiri masuk untuk menggantikan sedan VW di India sebelumnya, Vento. Bila anda melihat dari desain bagian depan, bisa dibilan sudah mengaopsi grill mobil-mobil VW Kekininan. Dengan 2 garill grill yang menyatu dari lampu kiri ke kanan serta desain lampu khas VW modern membuat terlihat sekilas serupa dengan misalnya Volkswagen Golf MK8.

Beranjak kebagian samping, mobil ini tidak sepenuhnya mengambil konsep sedan. Bila anda melihat kaca pilar C, maka akan terlihat seperti semi Coupe yang kurang lebih mirip dengan Honda Civic terbaru. Dan dibagian belakang juga kurang lebih masih akan serupa dengan Volkwagen Jetta yang dijual untuk pasar Eropa.

Volkswagen Meluncurkan Virtus, Sedan Compact Untuk Pasar Negara Berkembang

Interior Volkswagen Virtus

Masuk ke interior, meskipun mobil ini ditujukan untuk pasar negara berkembang, tetapi VW tetap memberikan nuansa modern pada mobil. Sekilas bila melihat dashboard mobil, kurang lebih hamper sama dengan Volkwagen Taigun atau T-Cross yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Untuk warna interior sendiri didominasi dengan warna hitam dengan campuran aksen merah serta beige dibagian samping pintu.

Pilihan Mesin Yang Digunakan

Berbicara mengenai mesin, Volkswagen menghadirkan beberapa pilihan mesin untuk mobil ini. Yang pertama adalah mesin 1.500 4 silinder Turbo TSI yang memiliki fitur penonaktifan silinder apabila sedang tidak diperlukan. Mesin 1.500 cc ini menghasilkan tenga 150 PS dan torsi 250 Nm yang disalurkan melalui 2 pilihan transmisi yaitu manual 6 speed dan 7 speed Dual Clutch atau DSG.

Varian mesin 1.500 cc Turbo ini dihadirkan untuk varian tertingginya yaitu GT. Selain menggunakan mesin yang lebih besar, varian GT juga mendapat beberapa tambahan fitur seperti atap dual tone, kaliper rem berwarna merah, pedal alumunium, jok berpendingin, wireless charging, opsi instrument cluster full digital, sunroof, serta ambient light.

Volkswagen Meluncurkan Virtus, Sedan Compact Untuk Pasar Negara Berkembang

Mesin Volkswagen Virtus

Selain mesin 1.500 cc, Volkswagen juga menghadirkan Virtus dengan mesin 1.000 cc 3 silinder Turbo TSI. Mesin 1.000 cc Turbo inilah yang sama digunakan di Volkswagen Taigun atau yang di Indonesia diberi nama T-Cross. Mesin 1.000 cc Turbo ini menghasilkan tenaga 115 PS dan torsi 175 NM serta dialirkan keroda depan melalui pilihan transmisi manual 6 speed atau 6 speed automatic torque converter.

Untuk varian bermesin 1.000 cc Turbo ini bisa anda dapatkan divarian Dynamic Line dan merupakan varian entry level dari Volkswagen Virtus di India. Belum diketahui apakah mobil ini akan masuk ke Indonesia atau tidak, tetapi dengan target market mobil ini yang menyasar negara berkembang, bukan tidak mungkin Volkswagen Indonesia akan memasukan Virtus ketanah air.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Selain satu basis dengan Ford Ranger, Volkswagen Amarok juga akan dirakit di pabrik Ford dan untuk saat ini dijual untuk pasar Afrika dan Amerika...

Berita Otomotif

Ada 2 pabrik yang dimiliki oleh Volkswagen Group di Rusia yaitu di Kaluga serta Nizhny Novgorod dan memperkerjakan sekitar 4.000 orang. Autos.id – Invasi...

Mobil

VW Group bersama dengan Vulcan Group bekerjasama dalam pembuatan baterai lithium hydroxide yang memang didesain untuk pengguanaan kendaraan listrik. Autos.id  –  Mobil dengan teknologi...