Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Tiba-Tiba Terjadi Gempa Bumi Saat Berkendara, Ini Yang Perlu Anda Lakukan

Tiba-Tiba Terjadi Gempa Bumi Saat Berkendara, Ini Yang Perlu Anda Lakukan

Saat terjadi gempa bumi ketika berkendara di jalan raya, pada dasarnya Anda tidak perlu khawatir asal mengetahui berbagai trik dan cara penanggulangannya.

Autos.id – Akhir-akhir ini Indonesia sering sekali di landa bencana gempa bumi. Terkadang gempa bumi terjadi di saat yang tidak terduga. Misalnya saja ketika sedang berkendara lalu guncangan akibat gempa bumi cukup terasa dan tentu membuat Anda menjadi panik bukan.

Meskipun begitu mengkhawatirkan, Anda sebenarnya tidak perlu panik atau khawatir ketika terjadi gempa bumi saat Anda sedang berkendara.

Tiba-Tiba Terjadi Gempa Bumi Saat Berkendara, Ini Yang Perlu Anda Lakukan

Pada dasarnya ada beberapa trik dan langkah preventif ketika sedang berkendara terjadi guncangan gempa bumi. Kali ini Autos.id akan memberi Anda beberapa tips dan trik yang perlu Anda lakukan ketika tiba-tiba terjadi gempa bumi saat sedang berkendara di jalan.

1. Memperhatikan Lingkungan Sekitar

Biasanya saat terjadi gempa bumi, Anda sulit membedakan mana getaran akibat gempa bumi serta getaran karena mesin dan laju kendaraan yang melaju. Nah ketika terjadi gempa bumi, biasanya banyak orang yang berlarian atau menyelamatkan diri.

Sehingga Anda harus memperhatikan apa yang terjadi di sekitar Anda terutama di jalan yang Anda lewati. Ketika banyak orang panik menyelamatkan diri, berarti terjadi gempa bumi yang cukup membahayakan keselamatan.

2. Jangan Langsung Keluar Dari Kendaraan

Ketika tiba-tiba terjadi gempa bumi, tentu ada rasa panik yang akan menghampiri Anda. Misalnya saja turun dari kendaraan yang sedang Anda kendarai tersebut. Tetapi dalam situasi seperti ini, Anda jangan keluar dari kendaraan Anda ketika terjadi gempa.

Karena Anda bisa berpotensi tertabark atau terjatuh karena banyak orang yang berhamburan keluar akibat guncangan gempa bumi. Anda harus tetap tenang serta mencari tempat yang aman sebelum memutuskan keluar dari kendaraan Anda.

3. Berkendara Dalam Kecepatan Rendah

Meskipun sulit membedakan antara guncangan karena gempa dan getaran mesin, pada dasarnya ketika gempa terjadi aka nada perbedaan yang cukup terasa. Ketika terjadi dalam kondisi ini, Anda sebaiknya menurunkan kecepatan karena ketika berkendara di kecepatan tinggi dan gempa terjadi, justru menghasilkan goyangan yang sangat membahayakan.

Meskipun harus menurunkan kecepatan, namun jangan sampai melakukan rem mendadak karena akan membahayakan pengendara lainnya. Serta pastikan untuk menyalakan lampu hazard hingga kondisi benar-benar aman terkendali.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Peringatan! Kian Meningkat Penjualan Bensin Oplosan dengan Trik-Trik Curang yang Mengancam Kendaraan Anda. Autos.id – Dalam waktu dekat, semakin banyak orang yang menjual bensin...

Mobil

Last updated on 6 Juli, 2023 Autos.id – Merawat VW Kodok memang bisa dibilang tantangan, tapi jangan khawatir! Meskipun Volkswagen Beetle sudah lama hadir...

Tips

Beberapa tips ini sangat penting bagi Anda yang memiliki mobil yang masih menggunakan jenis aki basah untuk sistem kelistrikannya. Autos.id – Berbagai mobil modern...

Motor

Last updated on 4 Mei, 2023 Meskipun sering di anggap remeh, nyatanya bagian V-Belt CVT pada motor Matic perlu mendapatkan perawatan rutin agar komponen...

error: Content is protected !!