Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Tanda Rack Steer Mobil Rusak dan Cara Atasinya

Tanda Rack Steer Mobil Anda Sudah Rusak Beserta Cara Mengatasinya

Apabila Rack Steer mobil Anda sudah mulai rusak, beberapa tanda-tandanya beserta cara mengatasinya perlu Anda perhatikan di artikel kali ini.

Autos.id – Salah satu komponen pentung yang selalu ada pada setiap mobil adalah Rack Steer. Komponen ini berfungsi sebagai alat penghubung antara stir dan kaki-kaki mobil. Komponen ini termasuk penting karena berfungsi untuk menggerakan roda depan yang sesuai dengan putaran stir yang Anda lakukan.

Karena komponen ini sangat penting, apabila terjadi kerusakan dan Anda biarkan, maka resiko yang ditumbulkan akan sangat fatal.

Untuk itulah sangat penting bagi Anda untuk selalu mengecek bagian Rack Steer untuk memastikan bahwa putaran roda dan stir masih berfungsi optimal. Ketika Rack Steer di mobil Anda sudah rusak dan tidak tahu cara penangananya, Autos.id akan menjelaskan secara detail beberapa tanda-tanda Rack Steer di mobil Anda sudah rusak beserta cara mengatasinya berikut ini.

Tanda Rack Steer Mobil Anda Sudah Rusak Beserta Cara Mengatasinya

Bunyi ini Tandanya Rack Steer Sudah Rusak

Tanda pertama yang menandakan Rack Steer mobil Anda bermasalah adalah adanya bunyi pada bagian roda mobil. Ketika sedang berkendara dan Anda mendengar suara memekik atau mendengung pada bagian roda, itu artinya sudah waktunya untuk mengecek bagian Rack Steer.

Selain adanya suara memekik dari bagian roda, stir yang sudah mulai bergetar juga menjadi tanda bahwa Rack Steer di mobil Anda bermasalah. Biasanya getaran stir ini berasal dari bagian Drive Belt yang berfungsi memberikan tegangan tepat untuk memberikan putaran stir serta putaran roda yang berfungsi secara optimal.

Berikutnya ketika sedang melakukan berbelok, apakah Anda merasa bahwa putaran stir terasa berat atau tidak. Apabila stir terasa berat, itu tandanya ada kerusakan pada bagian Rack Steer. Selain susah dibelokan, ketika sedang berjalan lurus, stir sering kiri belok kiri atau kanan yang sendiri yang tentu berbahaya apabila tidak segera dilakukan perbaikan.

Serta tanda lainnya bahwa bagian Rack Steer di mobil Anda sudah waktunya diganti yaitu tumpulnya komponen gigi pinion dan harmonica. Kedua komponen itu tumpul lantaran saling bergesekan tanpa adanya pelumas karena banyaknya debu saat dioperasikan. Sehingga bagian gigi pinion ini perlu dilakukan cor agar membentuk gigi-gigi baru.

Tanda Rack Steer Mobil Anda Sudah Rusak Beserta Cara Mengatasinya

Cara-nya Biar kaki-kaki tetap Awet

Ketika Rack Steer pada mobil Anda mengalami kerusakan, tentu perlu lakukan penanganan yang tepat. Salah satunya adalah dengan membawanya ke bengkel resmi. Di bengkel resmi, biasanya para mekanik sudah mendeteksi bagian Rack Steer yang bermasalah serta pergantian part yang tentunya menggunakan part original yang sudah teruji kualitasnya.

Selain itu ada beberapa trik lainnya agar bagian Rack Steer tidak mudah rusak. Salah satunya adalah menghindari jalan berlubang. Ketika Anda terpaksa harus melewati jalan berlubang, pastikan tidak berkendara di kecepatan tinggi dan berjalan perlahan untuk menghindari guncangan yang mempengaruhi Rack Steer mobil Anda.

Selain itu hindari juga jalanan yang tergenang banjir. Karena ketika melewati genangan banjir, terutama untuk ketinggian sekitar 40 cm akan merusak bagian power steering. Selain merusak Rack Steer, sistem-sistem kelistrikan pada power steering juga akan rusak dan sangat membahayakan.

Selanjutnya adalah perhatikan usia pakai Rack Steer. Komponen ini tentu memiliki masa pakainya yang kurang lebih  lima tahun. Ketika mencapai usia 5 tahun, maka sangat penting bagi Anda untuk mengganti dengan unit Rack Steer yang baru.

Serta yang juga tidak kalah penting adalah jangan tinggalkan ban dalam kondisi berbelok saat parkir. Karena ketika parkir dan ban tidak beradadi  posisi-nya justru melemahkan Rack Steer menjadi lebih aus serta memperpendek usia pakainya.

Itulah beberapa tanda-tanda Rack Steer Anda rusak dan perlu harus mengganti serta cara mengatasinya agar tidak mudah rusak. Kalau saja tahu dan penting untuk merawat dan menjaga kondisi Rack Steer agar selalu dalam kondisi optimal.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Saat terjadi gempa bumi ketika berkendara di jalan raya, pada dasarnya Anda tidak perlu khawatir asal mengetahui berbagai trik dan cara penanggulangannya. Autos.id –...

Motor

Meskipun sering di anggap remeh, nyatanya bagian V-Belt CVT pada motor Matic perlu mendapatkan perawatan rutin agar komponen ini bisa terus berfungsi secara optimal....

Motor

Autos.id – Kabel rem putus saat berjalan? Terus seperti apa ciri-cirinya? Salah satu komponen penting dari sebuah sepeda motor adalah dari sistem pengeremannya. Selain...

Mobil

Membeli mobil second ex taksi tidak sekedar mencari harga yang murah saja, tetapi kondisi mobil masih berkualitas dan layak jalan. Autos.id – Berbicara mengenai...