Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Suzuki Jimny 5 Pintu Resmi Diluncurkan, Ini Wujudnya!

Suzuki Jimny 5 Pintu Resmi Diluncurkan, Ini Wujudnya!

Versi 5 pintu dari Suzuki Jimny JB74 akan melengkapi versi 3 pintu yang sebelumnya sudah diperkenalkan dan dijual sejak tahun 2018 silam.

Autos.id – Setelah menunggu akhirnya versi 5 pintu atau Long Wheel Base dari Suzuki Jimny JB74 resmi diluncurkan. Mobil off-roader andalan Suzuki yang dibuat lebih panjang ini resmi meluncur di event Auto Expo 2023 di India.

Selain menjadi negara pertama yang meluncurkan Jinny 5 pintu, India juga menjadi basis produksi global untuk Suzuki Jimny 5 pintu ini.

Suzuki Jimny 5 Pintu Resmi Diluncurkan, Ini Wujudnya!

Wujud Asli Suzuki Jimny 5 Pintu

Mengutip dari Cartoq pada Kamis (12/1/2023), Suzuki Jimny 5 ini secara garis besar memperlihatkan wujud yang sama persis dengan bocoran terakhir yang sebelumnya beredar di akhir tahun silam. Yang menarik Suzuki Jimny versi 5 pintu ini merupakan Jimny JB74 pertama yang ada di pasar India.

Pasalnya pada versi 3 pintu Suzuki Jimny JB74, India hanya kebagian produksi untuk kebutuhan pasar ekspor alias tidak ada Jimny 3 pintu yang dijual secara resmi di negeri Bollywood tersebut. Sehingga kehadiran Suzuki Jimny JB74 berformat 5 pintu sangat mereka tunggu kehadirannya di negara tersebut.

Secara garis besar, guratan bahasa desain dari Jimny 3 pintu tetap mereka pertahankan dengan bentuk mengotaknya tersebut. Ubahan utama jelas adalah hadirnya pintu tambahan di baris kedua serta pintu baris pertama yang kini di perpendek karena dengan adanya pintu untuk akses masuk baris kedua tersebut.

Serta yang jelas berubah adalah dimensi mobil yang kini membesar daripada versi 3 pintunya. Panjang mobil kini mencapai 3.985 mm alias lebih panjang 360 mm di bandingkan versi 3 pintinya. Untuk lebar dan tinggi masih peris yaitu lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm. Hadirnya tambahan pintu baris kedua juga menambah wheelbase sekitar 340 mm menjadi 2.950 mm.

Suzuki Jimny 5 Pintu Resmi Diluncurkan, Ini Wujudnya!

Dengan body yang lebih besar dan panjang, sudut approach, breakover, dan departure angle juga mengalami perubahan. Approach angle turun dari 37 ke 36 derajat, departure angle naik dari 49 ke 50 drajat, serta breakover angle turun dari 28 ke 24 derajat. Serta ground clearence atau jarak ketinggian dari tanah masih tetap di angak 210 mm.

Interior Jimny 5 Pintu tidak ada yang berubah

Berlanjut ke bagian interior, hampir tidak ada ubahan secara signifikan banding versi 3 pintunya. Tetap dengan model dashboard yang sama persis lengkap dengan speedometer, tachometer analog, serta MID model kalkulator yang sama persis. Yang berubah jelas adalah hadirnya kursi baris kedua yang lebih proper dan mungkin bisa terisi oleh 5 orang.

Namun yang unik, jok baris pertama bisa terlipat habis dan menyambung dengan jok baris kedua mobil ini. Kurang lebih mirip seperti fitur sofa mode yang di populerkan oleh Toyota Avanza, Toyota Veloz, dan Daihatsu Xenia generasi terbaru. Serta kapasitas bagasi yang jelas jauh lebih besar saat semua jok di tegakkan.

Suzuki Jimny 5 Pintu Resmi Diluncurkan, Ini Wujudnya!

Mesin Dan Fitur Tidak Berubah

Berbicara mengenai mesin, Suzuki Jimny 5 pintu masih mengandalkan mesin yang sama persis alias tidak menggunakan mesin Mild Hybrid. Mesin pun masih sama, 1.500 cc, 4 silinder konvensional dengan kode K15B.

Mesin ini masih menghasilkan tenaga 100 Ps dan torsi 130 Nm yang menyalurkan tenaga ke 4 roda melalui sistem 4×4 All Grip dengan pilihan transmisi Manual 5 speed dan otomatis 4 speed berjenis torque converter yang sama persis dengan versi 3 pintuntya.

Untuk fitur safety masih sama alias tidak jauh berbeda dengan versi Jimny 3 pintunya. Mulai dari rem ABS, EBD, BA, Stability Control, Hill Hold Control, Hill Descent Control, serta 6 airbag. Dan fitur safety active seperti ADAS sayangnya tetap tidak hadir pada Jimny 5 pintu ini.

Untuk harga sendiri, pihak Maruti Suzuki sendiri belum memberikan detail harga resminya. Kemungkinan Maruti Suzuki akan mengumumkan harga resmi mobil ini sekitar bulan Mei 2023 mendatang. Belum tahu apakah akan masuk ke Indonesia atau tidak. Namun dengan banyaknya peminat Suzuki Jimny JB74 di tanah air, bukan tidak mungkin mobil ini akan juga masuk ke Indonesia.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Toyota Vitz terbaru di Afrika Selatan ini menggunakan basis produk dari Maruti Suzuki yang dijual di India. Autos.id – Bila Anda ingat dengan nama...

Reviews

Suzuki Jimny 5 pintu varian terendah dengan nama varian Zeta ini menawarkan harga jual yang lebih terjangkau dengan beberapa perubahan. Autos.id – Suzuki Jimny...

Mobil

Angka 3 ribuan pesanan pada Suzuki Jimny 5 pintu ini menjadi bukti bahwa mobil ini banyak diminati konsumen di India. Autos.id – Sejak kemunculan...

Mobil

Meskipun terkena recall di negara asalnya yaitu India, namun belum ada info resmi apakah Suzuki Baleno dan S-Presso yang dijual di Indonesia terdampak recall...