Mobil

Renault Siap Panaskan Pasar Crossover Indonesia dengan Kadjar

Renault Kadjar

Sudah cukup lama Renault tidak mengeluarkan produk baru di Indonesia. Setelah cukup lama puasa produk baru, kini Renault dikabarkan sudah menyiapkan ancang-ancang untuk memanaskan pasar crossover di Indonesia dengan Kadjar sebagai amunisinya.

Jakarta, Autos.id – Jika benar Kadjar akan dijual di Indonesia, maka ia akan jadi produk pertama Renault yang diluncurkan di Indonesia setelah brand asal Prancis ini dipegang oleh PT Maxindo Renault. Sebelumnya, agen pemegang merek (APM) Renault di Indonesia adalah PT Auto Euro Indonesia.

Kalau melihat profilnya, Renault Kadjar akan diposisikan di bawah Koleos. Dengan begitu, Renault Kadjar bakal masuk ke segmen crossover yang mana di dalamnya sudah diisi oleh Chevrolet Trax, Honda HR-V, Mazda CX-3, hingga Toyota C-HR yang merupakan pemain baru di kelas ini.

Dugaan bahwa Renault Kadjar akan masuk ke segmen crossover semakin kuat setelah kita mengetahui kapasitas mesinnya yang sebesar 1.300 cc, alias yang terkecil di antara para pesaingnya. Dengan catatan, kapasitas 1.300 cc tersebut adalah untuk pilihan mesin bensinnya karena sejatinya, Kadjar juga mempunyai pilihan mesin diesel berkapasitas 1.500 cc.

Tampilan belakang Renault Kadjar

Meski mesin bensinnya hanya berkapasitas 1.300 cc, tapi ia mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 dk. Bahkan untuk versi yang lebih tinggi, dengan menggunakan kapasitas mesin yang sama, tapi tenaganya bisa menembus angka 160 dk. Melihat tingginya output tenaga dari mesin bensin Renault Kadjar, kuat dugaan kalau mobil ini juga dilengkapi dengan perangkat turbo di jantung pacunya.

Berbeda dengan varian bermesin bensin yang mampu menghasilkan tenaga besar, mesin diesel milik Renault Kadjar hanya mempunyai output sebesar 115 dk, tapi torsinya mencapai 260 Nm. Renault Kadjar menggunakan penggerak roda depan. Tapi tersedia juga varian 4×4 pada varian teratasnya.

Berkaca pada regulasi dan tren crossover di Indonesia, Renault Kadjar bermesin bensin 1.300 cc dengan penggerak depan adalah pilihan yang paling realistis untuk di bawa ke Indonesia. Sekalipun Renault tetap memasukkan Kadjar 4×4, dapat dipastikan kalau harga jualnya bakal sangat tinggi.

Renault Kadjar memiliki pilihan mesin bensin dan diesel

Lantas, jika Renault juga membawa Kadjar bermesin diesel ke tanah air, maka mobil ini akan menjadi pionir di kelasnya yang memiliki pilihan mesin tanpa busi ini. Karena hingga saat ini, masih belum ada crossover di Indonesia yang memiliki pilihan mesin diesel.

Acara serah terima agen Renault dari PT Auto Euro Indonesia ke PT Maxindo Renault Indonesia akan berlangsung pada Senin 21 Januari 2019 mendatang. Yang artinya, detail lebih lanjut tentang Renault Kadjar baru bisa kita dapatkan pada pekan depan, termasuk soal harganya.

Baca juga: Rolls-Royce Sukses Cetak Rekor Penjualan Tertinggi

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top