Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Komparasi Renault Megane E-Tech, KIA EV6 dan Hyundai IONIQ 5

Renault Megane E-Tech.
Renault Megane E-Tech. (Sumber: Antara)

Last updated on 27 April, 2023

Kehadiran Renault Megane E-Tech menjadi pesaing langsung KIA EV6 dan Hyundai IONIQ 5.

Autos.id – PT Prestige Renault Indonesia (PRI) memperkenalkan Renault Megane E-Tech sebagai salah satu mobil listrik yang hadir di pasar Indonesia. Mobil jenis crossover hatchback ini menggunakan mesin listrik bertenaga penuh dengan baterai sebagai sumber energinya.

Hadirnya Megane E-Tech diprediksi dapat memperkaya pasar kendaraan listrik premium di Indonesia. Mobil ini diimpor langsung dari Perancis dengan status impor utuh (CBU).

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa Renault Megane E-Tech akan menjadi pesaing langsung KIA EV6 dan Hyundai IONIQ 5. Lalu apa saja perbedaan antara ketiganya?

KIA EV6 vs Hyundai IONIQ 5.

KIA EV6 vs Hyundai IONIQ 5. (Sumber: MotoTrend)

Tampilan

Renault Megane E-Tech telah mengusung gaya crossover khas Eropa dengan desain yang tajam namun tetap sporty dan aerodinamis. Mobil ini hadir dengan tiga warna yang dipadukan, yakni biru pada bodi, atap berwarna hitam, serta aksen emas pada bagian bumper depan.

Pada bagian depan, Megane E-Tech memiliki lampu depan yang ramping dengan lekukan pada bagian bawahnya. Gril pada mobil ini dirancang minimalis dengan logo Renault yang bisa menyala.

Sementara itu, sisi sampingnya terlihat gagah dengan penggunaan pelek diamond-cut alloy berukuran 20 inci yang menawan. Pada bagian belakang, terdapat lampu belakang sipit yang memanjang secara horizontal dan bumper beraksen hitam.

Berbicara mengenai dimensi, Megane E-Tech memiliki panjang 4.200 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.505 mm, dan jarak sumbu roda 2.685 mm.

Sementara itu, KIA EV6 memiliki tema desain Opposites United yang membedakannya dari mobil listrik lainnya. Tampilannya secara keseluruhan terlihat sporty dan mirip dengan mobil bermesin konvensional.

Beberapa bagian eksteriornya didesain untuk tampil aerodinamis, seperti kap mesin yang menurun ke bawah dan pilar pada sisi kaca. Pada bagian belakang, terdapat tail lamp yang diarahkan ke atas untuk meningkatkan aerodinamika.

Meskipun demikian, KIA EV6 tetap mengusung desain khas KIA dengan “Digital Tiger Nose” pada bagian depannya. Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu DRL dengan pola cahaya sekuensial.

Lalu untuk Hyundai IONIQ 5, mobil ini memiliki tampilan yang lebih modern dan elegan. Mobil listrik Hyundai ini terinspirasi dari desain mobil Hyundai Pony tahun 1974.

Bagian depan IONIQ 5 dilengkapi dengan lampu depan Parametric Pixel LED Headlamps dan Front Center Garnish Hidden LEDs. Sementara itu, bagian samping mobil terlihat sporty dan unik dengan flush door handles serta velg alloy berdiameter 20 inci untuk tipe Signature Long Range.

Pada bagian belakang, IONIQ 5 dilengkapi dengan lampu belakang Parametric Pixel LED Rear Combination Lamps serta desain belakang dengan spoiler aerodinamis.

Interior Interior Renault Megane E-Tech.

Interior Interior Renault Megane E-Tech. (Sumber: TopGear)

Fitur

Renault Megane E-Tech menawarkan kabin yang modern dengan nuansa kalem. Bahan daur ulang dan ramah lingkungan terpakai untuk jok dan pintu mobil ini. Layar hiburan berukuran 12,3 inci pada bagian dashboard bergabung dengan layar multimedia OpenR berukuran 9 inci dan sistem navigasi.

Fitur hiburan sudah gunakan sistem audio Harman Kardon dengan teknologi lima soundscapes dan quantum logic surround. Mobil ini juga memiliki sistem operasi cerdas yang terintegrasi dengan Google. Dari segi keselamatan, Megane E-Tech dilengkapi dengan fitur ADAS (Adaptive Driving Assistance System) dengan 22 fungsi.

Sementara itu, EV6 dan IONIQ 5 dilengkapi dengan fitur Vehicle-2-Load (V2L) yang dapat mengeluarkan daya listrik sebesar 3,6 kW untuk mengisi daya perangkat lain, seperti sepeda listrik, skuter listrik, atau peralatan berkemah.

KIA EV6 dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti advanced driver assistance system (ADAS) yang terdiri dari Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Manual Speed Limit Assist (MSLA), dan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA).

Sementara itu, Hyundai IONIQ 5 tipe tertinggi dilengkapi dengan fitur keselamatan Hyundai Smart Sense yang mencakup High Beam Assist, Collision-Avoidance Assist, Cruise Control, Lane Keeping Assist, Blind Spot Monitor, dan Driver Attention Warning.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan 6 airbag, Electric Parking Brake, Hill Start Assist, Stability Control, dan Tire Pressure Monitoring System.

Interior KIA EV6 dan Hyundai IONIQ 5.

Interior KIA EV6 dan Hyundai IONIQ 5. (Sumber: EVMotors0

Spesifikasi

Renault Megane E-Tech memiliki mesin listrik tunggal yang mampu menghasilkan tenaga 220 dk dan torsi 221 lb-ft, dengan baterai lithium-ion 60 kWh. Dengan kombinasi mesin listrik dan baterainya, mobil ini dapat mencapai 0-100 km/jam dalam waktu 7,5 detik dan dapat menempuh jarak hingga 450 km dengan sekali pengisian daya.

Di sisi lain, EV6 menggunakan teknologi Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) pada bagian depan dan belakang, yang tenagai oleh baterai 77,4 kWh, dan mampu menghasilkan tenaga 320 hp dan torsi 605 Nm.

Mobil ini menggunakan sistem penggerak all-wheel-drive (AWD) dan dapat menempuh jarak hingga 506 km berdasarkan uji WLTP, dengan kecepatan maksimum 185 km/jam dan dapat melaju 0-100 km/jam dalam waktu 5,2 detik.

Sementara itu, Hyundai IONIQ 5 memiliki dua pilihan baterai dan tiga sumber penggerak. Varian Standard Range dengan baterai 58 kWH dan penggerak roda depan atau belakang dapat menempuh jarak hingga 384 km, dengan kecepatan maksimum 185 km/jam.

Varian Long Range dengan baterai 72,6 kWH dan 4 penggerak roda mampu hasilkan tenaga 300 dk dan torsi 605 Nm, serta menempuh jarak hingga 481 km. Kedua varian baterai dengan kapasitas dan juga sistem multi-charging yang dapat meningkatkan daya dari 400 volt menjadi 800 volt dengan stabil.

 

Harga

Renault Megane E-Tech banderol dengan harga Rp1.375.000.000 OTR DKI Jakarta). Sementara itu, KIA EV6 hanya tersedia dalam satu varian, yaitu GT-Line dengan harga Rp1.299.000.000 (OTR DKI Jakarta)

Sedangkan pesaing keduanya, Hyundai IONIQ 5 memiliki beberapa varian dengan harga:

  • Prime Standard Range: Rp748.000.000
  • Prime Long Range: Rp809.000.000
  • Signature Standard Range: Rp789.000.000
  • Signature Long Range: Rp859.000.000

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 24 Mei, 2024 Autos.id – Pabrikan otomotif asal Korea Selatan, KIA kembali menghadirkan produk terbaru mereka, yakni KIA Sorento 2024. Produk...

Mobil

Last updated on 15 Mei, 2024 Autos.id – Ketika sedang mencari referensi mobil berukuran besar yang dapat digunakan bersama keluarga, kira-kira apa yang terpikir...

Mobil

Last updated on 15 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Hyundai turut memeriahkan pameran Indonesia International Motor Show 2024 yang digelar JIExpo Kemayoran, Jakarta...

Komparasi

Pada saat IIMS 2024, terjadi persaingan yang menarik antara dua produsen mobil listrik yaitu BYD dan MG4. Autos.id – BYD Dolphin dan MG 4...

error: Content is protected !!