Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Merawat Sunroof Mobil Yang Benar, Ini Triknya

Ini Trik Merawat Sunroof Mobil Yang Benar

Untuk Anda yang memiliki mobil dengan fitur Sunroof, beberapa tips dan trik perlu Anda perhatikan baik-baik agar Sunroof bisa awet dan tahan lama.

Autos.id – Saat ini banyak sekali mobil-mobil yang berdear dan dijual di Indonesia dilengkapi dengan Sunfroof. Fitur sunroof ini selain memberikan kesan yang mewah, juga memberikan kesan yang lega didalam kabin terutama ketika cover dan kaca sunroof terbuka.

Meskipun fitur ini menarik, ternyata fitur sunroof ini juga perlu dilakukan perawatan agar fitur ini tetap berfungsi secara optimal.

Karena ketika sunroof tidak dirawat atau dijaga kondisinya, maka fitur ini tidak akan berfungsi secara optimal. Misalnya seperti kaca yang mudah retak hingga bocor, serta motor pembukanya yang juga akan mudah rusak. Kali ini Autos.id akan memberikan beberapa trik merawat sunroof di mobil Anda dengan baik agar tetap berfungsi secara optimal.

Merawat Sunroof Mobil Yang Benar

1. Membersihkan Kaca Sunroof mobil Secara Rutin

Hal pertama yang tentu perlu Anda lakukan adalah dengan rutin membersihkan bagian kaca sunroof. Karena seiring dengan pemakaian, kaca sunroof akan mengalami perubahan kondisi seperti jamur dan banyaknya noda kotoran yang menempel.

Dengan rutin membersihkan kaca sunroof, membuat fungsi sunroof ketika di gunakan tetap bening. Serta Anda masih bisa melihat dnegan jelas langit diatas tanpa adanya noda atau kotoran yang menempel di bagian kaca sunroof tersebut. Sehingga merawat sunroof mobil supaya lebih awet lagi.

2. Merawat Pergerakan Rel Pembuka Sunroof

Hal lainnya yang juga tidak kalah penting adalah mengecek kondisi pergerakan rel pembuka sunroof. Biasanya ketika usia mobil sudah mulai berumur, rel pembuka sunroof sering macet dan sulit di buka atau di tutup.

Cara merawatnya juga cukup mudah yaitu dengan memberi lapisan gemuk cair di bagian sela-sela rel sunroof tersebut. Fungsinya untuk membersihkan kerak dan karat agar rel pembuka kaca sunroof bisa berfungsi secara normal kembali.

3. Menghindari Terkena Sinar Matahari Langsung

Biasanya dalam sunroof ada sebuah karet yang mencegah masuknya air ke dalam kabin saat hujan. Namun langsung terkena panas matahari, karet-karet ini akan cepat getas dan kering yang berakibat sela-sela sunroof menjadi bocor.

Untuk mengatasinya sebaiknya Anda jangan parkirkan mobil di dekat sina matahari atau parkir di tempat yang teduh. Serta ketika parkir, pastika kaca sunroof beserta tirai pelindungnya juga dalam kondisi tertutup untuk menghindari kondisi tersebut.

4. Tidak Mendiamkan Sunroof Dalam Waktu Yang Lama

Sama seperti mobil, ketika sunroof tidak terpakai tentu akan terjadi kerusakan dan sulit mengoperasikan. Setidaknya coba Anda buka tutup kaca sunroof setidaknya setiap 3 minggu sekali apabila jarang menggunakannya.

Tujuannya adalah menjaga agar rel pembuka sunrood tidak lengkel dengan kaca sunroof. Ketika itu terjadi, maka fitur sunroof ini justru sulit untuk dioperasikan karena masalah tersebut.

5. Memeriksa Jalur Pembuangan Air

Biasanya sunroof juga di lengkapi dengan karet yang akan mencegah masuknya air hujan kedalam kabin. Nah coba Anda cek secara rutin apakah banyak yang tertahan di dalam saluran karet ini karena jika biarkan maka sunroof rawan bocor dan sulit beroperasi.

Setidaknya dengan melakukan hal tersebut, fungsi sunroof bisa beroperasi secara optimal dan tidak mengalami kerusakan yang berarti bila sudah melakukan antisipasi.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Motor

Autos.id – Kabel rem putus saat berjalan? Terus seperti apa ciri-cirinya? Salah satu komponen penting dari sebuah sepeda motor adalah dari sistem pengeremannya. Selain...

Mobil

Membeli mobil second ex taksi tidak sekedar mencari harga yang murah saja, tetapi kondisi mobil masih berkualitas dan layak jalan. Autos.id – Berbicara mengenai...

Mobil

Karena kunci Keyless memiliki beberapa komponen yang rumit, sehingga penting untuk menjaga kunci tetap awet dan digunakan secara normal. Autos.id – Merawat kunci keyless...

Mobil

Bagi Anda pemilik mobil Eropa, terutama untuk yang berusia lama, beberapa trik ini bisa Anda coba untuk menghemat budget perawatan mobil Eropa Anda. Autos.id...