Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Inilah Tips Jumper Aki Mobil Dengan Power Bank, Dijamin Ampuh!

Inilah Tips Jumper Aki Mobil Dengan Power Bank, Dijamin Ampuh!

Bagi Anda yang ingin jumper aki mobil menggunakan Power Bank, tips ini perlu anda perhatiakan dengan sebaik mungkin.

Autos.id – Salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan termasuk mobil adalah aki. Karena aki merupakan komponen penting yang akan berfungsi menghidupkan fungsi kelistrikan mobil agar bisa dijalankan. Ketika aki lemah memang akan sangat merepotkan. Apabila malas mengganti aki baru, cara lainnya yang kini banyak digunakan adalah jumper aki dengan Power Bank.

Kali ini Autos.id akan memberikan Anda tips jumper aki mobil dengan memanfaatkan Power Bank yang perlu Anda perhatikan:

Inilah Tips Jumper Aki Mobil Dengan Power Bank, Dijamin Ampuh!

1. Menggunakan Power Bank Khusus Jumper

Tidak semua power bank yang biasa digunakan untuk mengisi daya handphone anda bisa digunakan untuk jumper aki mobil. Biasanya Power Bank yang bisa digunakan untuk jumper aki adalah Power Bank yang memiliki tegangan serta kapasitas khusus.

Biasanya Power Bank yang digunakan untuk jumper aki juga memiliki katup positif dan negatif yang akan disambungkan dengan kabel ke aki mobil.

2. Pastikan Baterai Power Bank Terisi Penuh

Nah,setelah memilih Power Bank khusus jumper aki yang berkualitas, yang tidak kalah penting adalah pastikan baterai Power Bank dalam kondisi penuh. Karena tentu akan mempengaruhi seberapa cepat aki mobil bisa segera nyala setelah dijumper.

Serta jangan lupa untuk melihat indikator yang ada di power bank untuk melihat apakah Power Bank tersebut aman untuk digunakan jumper aki mobil Anda atau tidak.

3. Menyambungkan Power Bank Ke Aki Mobil

Setelah baterai Power Bank dalam kondisi penuh serta mobil dalam kondisi mati, tentu langkah berikutnya adalah menyambungkan kabel jumper antara Power Bank dengan aki mobil.

Pastikan Anda sudah mencolokan kabel jumper sesuai antara kutup positif dan negatif dengan tepat. Karena apabila Anda mencolokan kabel ke kutub yang salah, saat dinyalakan berpotensi terjadi korsleting yang tentu akan sangat berbahaya.

4. Menghidupkan Kembali Mobil Anda

Langkah selanjutnya kurang lebih masih sama persis apabila jumper aki menggunakan aki mobil lain. Nyalakan Power Bank sambil hidupakan kembali mesin mobil anda. Lalu anda injak gas dan biarkan mesin menyala di diatas 1.000 rpm dalam kondisi idle atau tidak bergerak.

Setelah itu diamkan mobil dalam keadaan mesin menyala selama 20 menit dalam kondisi idle. Tunggu beberapa menit untuk memberikan kesempatan aki mengisi dayanya kembali.

5. Melepaskan Kabel Jumper Antara Aki Dengan Power Bank

Setelah aki mobil dirasa sudah memiliki daya yang optimal dan berfungsi dengan normal, matikan mesin mobil anda dan melepaskan kabel jumper antara aki dengan Power Bank yang tersambung tersebut.

Pastikan untuk mengecek kembali dengan menyalakan mesin kembali untuk memastikan bahwa mobil bisa di-starter dengan normal kembali.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Untuk Anda yang memiliki mobil dengan perangkat Tire Repair Kit, beberapa tips dibawah ini perlu diperhatikan agar tidak salah menggunakannya. Autos.id – Beberapa mobil...

Berita Otomotif

Salah satu komponen penting yang ada di dalam mobil adalah aki, yang fungsinya untuk sistem kelistrikan. Autos.id – Setiap kendaraan pasti memiliki aki yang...

Tips

Jakarta, Autos.id- Bagi kalian pemilik kendaraan terpaksa memarkir mobilnya cukup lama karena adanya aturan Regulasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah diterapkan di...

Tips

Selain fisik, pastinya kita juga perlu memeriksa dan memastikan bahwa mobil kita dalam kondisi yang prima, sehingga kita tidak mengalami hal buruk di tengah...