Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Jumper Aki Mobil dengan Powerbank, Memang Bisa?

Ilustrasi jumper aki mobil menggunakan powerbank.
Ilustrasi jumper aki mobil menggunakan powerbank. (Sumber: YouTube)

Ternyata ada tips dan trik untuk jumper aki mobil dengan menggunakan powerbank.

Autos.id – Powerbank aki mobil saat ini semakin populer digunakan karena kemudahan dan kepraktisannya. Ketika sedang mengemudi, terutama menggunakan mobil, segala kemungkinan masalah dapat terjadi di jalan.

Oleh karena itu, persiapan yang baik, terutama terkait aki mobil, sangat penting. Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai cara kerja powerbank untuk aki mobil, berikut ini akan diulas secara detail.

Powerbank aki mobil.

Powerbank aki mobil. (Sumber: Tokopedia)

Bagaimana Powerbank Aki Mobil Bekerja?

Biasanya, saat aki kendaraan soak, pemilik kendaraan hanya dapat melakukan jumper dengan menggunakan aki dari kendaraan lain. Namun, sekarang sudah ada opsi lain yaitu menggunakan power bank.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua power bank dapat digunakan untuk jumper aki mobil secara sembarangan. Jika ingin menggunakan powerbank untuk jumper aki, pastikan powerbank tersebut memiliki kapabilitas khusus untuk aki yang dapat dibeli di pasaran atau toko online.

Saat ini, sudah banyak powerbank yang dilengkapi dengan fitur jumper aki. Dengan demikian, powerbank dapat memberikan listrik tambahan saat aki kendaraan tidak cukup kuat untuk di-starter.

Cara kerja powerbank sebagai jumper aki mobil sebenarnya sama dengan baterai konvensional, namun lebih praktis. Namun, untuk menjaga keamanan, pastikan untuk selalu melakukan jumper aki dengan powerbank yang memiliki voltage yang sesuai.

Ilustrasi melakukan jumper aki mobil.

Ilustrasi melakukan jumper aki mobil. (Sumber: YouTube)

Tips Jumper Aki Mobil Menggunakan Power Bank

Melakukan jumper aki mobil dengan menggunakan powerbank memang lebih mudah. Namun, perlu diingat bahwa kesalahan dalam melakukan jumper bisa mengakibatkan konslet.

Oleh karena itu, penggunaan powerbank untuk jumper aki mobil hanya dianjurkan untuk mobil dengan mesin bensin atau gasolin yang memiliki kapasitas tidak lebih dari 4.000 cc.

Sebelum melakukan jumper aki dengan powerbank, pastikan kapasitas daya powerbank sudah terisi penuh. Berikut adalah langkah-langkah cara melakukan jumper aki mobil dengan powerbank:

  1. Pilih power bank jumper aki mobil yang terbaik.
  2. Pastikan daya pada powerbank sudah terisi penuh.
  3. Lakukan penyambungan kabel yang ujungnya memiliki dua penjepit.
  4. Ingat, penjepit berwarna merah untuk kutub positif dan warna hitam untuk kutub negatif.
  5. Sambungkan masing-masing kabel dengan kutub aki sesuai muatannya, yakni positif ke positif dan negatif ke negatif.
  6. Pastikan indikator pengaman pada powerbank dalam keadaan mati.
  7. Selanjutnya, tekan tombol power yang ada pada powerbank jumper aki.
  8. Setelah itu, lakukan starter pada mobil hingga mesin menyala dengan mudah.

Sebagai catatan, setelah berhasil melakukan jumper aki dengan powerbank dan mesin mobil menyala kembali, segera bawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan jumper aki dengan metode yang lebih profesional. Meskipun pengerjaan di bengkel mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama, namun hasilnya akan lebih maksimal dan aman.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Aki merupakan salah satu komponen penting untuk kendaraan roda empat seperti mobil, namun memilih merk aki mobil terbaik perlu cermat dan teliti. Autos.id –...

Tips

Autos.id – Apakah anda ingin mengganti aki motor anda? Jangan sampai salah dengan ganti aki dengan ampere yang lebih besar ya guys! Banyak yang salah...

Tips

Aki merupakan komponen terpenting pada kendaraan. Berfungsi memberikan daya listrik untuk memenuhi semua kebutuhan perangkat elektronik kendaraan. Jika pada kendaraan tidak ada aki atau...

Berita Otomotif

Last updated on 29 Februari, 2024 Salah satu komponen penting yang ada di dalam mobil adalah aki, yang fungsinya untuk sistem kelistrikan. Autos.id –...

error: Content is protected !!