Dengan bodi alumunium ini, berat Hino terbaru ini lebih ringan hingga 500kg dari pendahulunya
Tangerang, Autos.id – Baru-baru ini, Tentrem, Perusahaan Karoseri asal Malang, Jawa Timur, merilis body bus Avante Generasi terbaru yaitu Avante H7 AB. Hadir dengan desain yang ergonomis dan aerodinamis berpadu menyatu dengan keindahan lekuk bodi menawarkan tampilan bus yang modern dan eksklusif yang dipasang ke sasis Hino Bus R260.
Bodi Avante H7 AB memiliki desain model double glass. Selain itu, secara tampilan depan didesain dengan tampang yang gahar melancip yang bisa dilihat dari headlamp-nya.
Keunggulan bus ini adalah bodinya yang ringan menggunakan aluminum, sehingga bobotnya lebih ringan hingga 500 kg. Hal ini membuatnya lebih hemat bahan bakar dan lebih hemat dalam pemakaian ban. Aluminum body membuat bus sesuai dengan program pemerintah yang menargetkan Zero Over Dimension dan Over Loading (ODOL) di jalan.
Baca juga: Bus Hino RN 285, Transportasi Jarak Jauh Yang Tangguh
Bus ini juga sangat nyaman dikendarai serta aman secara electrical load safety dan tentunya bodi tahan terhadap karat yang merusak bodi dan menggangu secara tampilan. Body Avante H7 AB memiliki pusat gravitasi yang rendah atau Lowest Center of Gravity. Avante Generasi terbaruini telah di uji Proven Roll Over Test UN ECE R66. Pengujian ini untuk mengevaluasi efek pada keseimbangan kendaraan di kondisi tabrakan atau gerakan melengkung tiba-tiba yang dihasilkan karena pusat gravitasinya yang tinggi atau kendaraan terlalu berat.
Hino Bus R260 dengan bodi Avante H7 AB yang hadir di GIIAS 2021, memiliki desain tempat duduk kombinasi untuk keluarga atau penumpang VVIP. Ada pula Air Purifier Cabin System yang membuat kualitas udara menjadi lebih baik, serta mengurangi jumlah virus dan bakteri.
Hino Bus R260 memiliki teknologi lubang pelumasan yang disebut oil gallery pada piston yang bekerja untuk mendinginkan. Lubang oil gallery ini akan meningkatkan efisiensi pendinginan yang lebih baik dari mesin dengan tipe piston tanpa oil gallery. Karena Piston yang dilengkapi dengan oil gallery, 50% panas yang dihasilkan dari piston akan ditransfer ke minyak pelumas atau oli.
Baca juga: Hino Terus Tingkatkan Teknologi Guna Hadapi Standar Emisi Euro4 Tahun Depan
“Bus Hino memiliki perawatan yang mudah dan lebih hemat operasional bagi perusahaan otobus. Seperti salah satunya pengeluaran untuk penggantian pelumas mesin secara berkala. Hal inilah yang menjadi daya tarik tinggi bus kami, yang sangat diminati oleh konsumen,” terang Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer – Director PT Hino Motors Sales Indonesia.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.