Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

BMW Hadirkan Art Car The 8 X Jeff Koons di Indonesia

Last updated on 27 Oktober, 2022

Satu-satunya di Asia Tenggara dan salah satu dari 99 unit di dunia hadir di Indonesia.

Jakarta, Autos.id  –  Baru-baru ini, BMW menghadirkan edisi eksklusif BMW M850i xDrive Gran Coupe yang diciptakan oleh Jeff Koons dan BMW. The 8 X Jeff Koons, kendaraan paling rumit yang dirancang sepanjang sejarah BMW, pertama kali dipresentasikan kepada khalayak global pada acara Frieze Los Angeles dan hanya tersedia 99 unit di dunia,

BMW adalah mitra jangka panjang dari pameran seni. Jeff Koons diwakili secara global, dan di Frieze Los Angeles, oleh Pace Gallery.

Hal ini diimplementasikan juga pada peluncurannya hari ini di Indonesia, melalui mitra dari BMW Indonesia: Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara). Penampilan satu-satunya The 8 X Jeff Koons di Asia Tenggara ini diperuntukkan bagi media serta para pelanggan setia BMW. Dan juga kolektor seni, melalui acara yang disiapkan secara ekslusif dimulai dari hari peluncuran hingga 6 November 2022.

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia (kiri) dan Jeff Koons (kanan)

Dalam acara peluncurannya, Jeff Koons memberikan komentarnya saat peluncuran global, bahwa Edisi BMW Seri 8 kolaborasi ini adalah kendaraan impiannya. “Ini sangat istimewa bagi saya dan saya sudah lama ingin membuat BMW edisi khusus. Sporty dan mencolok serta minimalis dan konseptual. Saya tidak sabar untuk mengendarainya, dan saya berharap orang-orang akan menikmati Gran Coupe ini sama seperti saya,” ujar Koons.

Pada kendaraan, Koons menjelaskan, garis-garisnya makin lebar dalam perjalanannya dari kap mesin menuju bagasi. Sehingga, menciptakan kesan gerakan maju seperti yang dilakukan elemen desain ‘POP!’. “Warna birunya menyerupai luasnya angkasa dan saya menyukai gagasan bahwa kendaraan tersebut adalah sebuah kendaraan global,” papar Koons.

Yang penting menurut Koons adalah bagaimana kita berhubungan satu sama lain dan kesadaran kita akan segala sesuatu yang mengelilingi kita. “Untuk pengemudi dan semua penumpang, ada kesenangan dalam level berbeda. Inilah yang ditawarkan kendaraan saya,” lanjutnya.

Sementara itu, Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia mengatakan, BMW terus berkembang dalam mencari tantangan baru. Kolaborasi global dengan Jeff Koons sekali lagi telah menginspirasi kami semua di BMW. “Belum pernah sebelumnya dalam sejarah sebuah BMW dibuat dengan visi desain yang luas seperti The 8 X Jeff Koons,” tambahnya.

Bagaikan “patung bergerak” yang tidak hanya akan ditampilkan sebagai barang koleksi yang dipajang di museum tetapi juga berjalan dinamis sebagai kendaraan BMW.

Lebih dari 200 jam untuk pekerjaan cat eksterior

Desain yang ekspresif dan mencolok menggabungkan sebelas warna eksterior yang berbeda mulai dari biru hingga silver serta dari kuning hingga hitam. Hanya empat unit yang dicat setiap minggu.

Interior multi-warna terdiri dari bahan yang sangat premium, leather yang halus, dan tutup cupholder dengan badge edisi dan tanda tangan sang seniman. Kulit pelapis jok terbuat dari warna merah dan biru yang mencolok, cerminkan warna pahlawan super beriorientasi dari buku komik serta warna BMW M.

Secara keseluruhan, desain yang penuh semangat dan tangguh mencakup kedua elemen seni pop serta pola geometrisnya memberi kesan pada kontur dan bentuk rumit Gran Coupé Seri 8 yang sporty.

Garis-garis warna yang meledak di bagian belakang, adalah penghormatan tanpa perantara kepada BMW Art Car 2010. Sementara “POP!” dalam setiap sisi serta gambar uap melambangkan kekuatan dan kecepatan The 8 X Jeff Koons, menurut Jeff Koons.

Lebih dari 200 jam pekerjaan manual dihabiskan oleh para profesional yang terspesialisasi di pabrik BMW Group di Dingolfing dan Landshut khusus pengecatan eksterior. Sampel warna sering diaplikasikan dengan kaca pembesar. “Energik (Energetic),” “Menggoda (Tantalizing),” dan “Kuat (Strong)” adalah cara media internasional menggambarkan art car tersebut.

Menyusul publikasi studi desain pertama pada kesempatan pengumuman kerja sama pada awal September 2021 di museum Pinakothek der Moderne Munich. Puluhan insinyur dan desainer telah memberikan segalanya untuk memastikan visi kolaborasi BMW dan Jeff Koons ini menjadi kenyataan.

Jeff Koons sendiri telah menghabiskan waktu berhari-hari di pabrik Dingolfing selama beberapa bulan untuk mendiskusikan pilihan desain dengan karyawan BMW yang terlibat. “Saya sangat memikirkannya: Apa inti dari BMW Seri 8 Gran Coupe?,” ujar Koons, bertanya.

“Lalu apa inti dari kekuasaan? Bagaimana menciptakan sesuatu yang merepresentasikan semua energi BMW Seri 8 yang juga mampu menyentuh elemen manusia?” ucap Koons.

Tanda tangan Koons dengan warna biru Bavaria pada logo BMW dan setiap kendaraan dilengkapi dengan sertifikat format besar yang ditandatangani oleh Jeff Koons.

Dan juga tanda tangan Oliver Zipse (Chairman of the Board of Management BMW AG) juga berisi Vehicle Identification Number (VIN) masing-masing kendaraan.

Seniman itu juga mendesain pelapis dari Driver’s Manual (Panduan Pengemudi). Satu tanda tangan tambahan dari seniman tersebut dimasukkan ke dalam panel cupholder. Koons sengaja memilih warna biru Bavaria dari logo BMW.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Daftar Harga Motor

Daftar harga motor terbaru dari BMW Motorrad ini masih berstatus harga Off The Road Jakarta yang artinya belum termasuk dengan pajak dan sejenisnya. Autos.id...

Daftar Harga Motor

Daftar harga motor BMW Motorrad terbaru dibawah ini merupakan harga Off The Road Jakarta yang belum termasuk dengan beberapa tambahan biaya pajak. Autos.id –...

Berita Otomotif

Selain menghadirkan edisi spesial BMW 218i Gran Coupe x AGLXL, kolaborasi AGLXL x BMW ini juga menghadirkan berbagai aksesoris eksklusif yang bisa dipesan selama...

Aksesoris

Last updated on 22 Agustus, 2022 Berbagai part aksesoris dari BMW M Performance Part yang baru saja diluncurkan akan membuat tampilan BMW The 2...