Connect with us

Hi, what are you looking for?

KTM

Masalah Rem 5.812 Motor Touring KTM Ditarik

Recall KTM 1290 Super Adventure

Recall KTM 1290 Super Adventure dan 1190 Adventure harus dilakukan setelah NHTSA menemukan adanya masalah pada kabel sistem pengereman.

Kanada, Autos.id – Motor versi touring saat ini cukup populer di dunia. Untuk itu brand motor beramai-ramai meluncurkan model touring. BMW punya GSX Touring, Kawasaki punya Versys dan KTM memiliki 1990 Adventure dan 1290 Super Adventure.

Namun kini sebuah masalah menerpa model touring dari KTM. Laporan Motorcycle, (Rabu, 14/12/2016) menyebutkan, KTM 1290 Super Adventure tahun produksi 2015-2016 dan KTM 1190 Adventure produksi 2013-2016 mengalami masalah pada sistem pengereman sehingga harus mendapat penarikan (recall).

“Menurut dokumen yang dirilis National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) lebih kurang ada 5.812 sepeda motor KTM dua varian tersebut akan ditarik karena masalah kabel”

Menurut dokumen yang dirilis National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) lebih kurang ada 5.812 sepeda motor KTM dua varian tersebut akan ditarik karena masalah kabel dalam sistem pengereman yang rentan terhadap kecelakaan. Akibatnya recall KTM 1290 Super Adventure dan 1190 Adventure pun tak bisa terelak.

Recall KTM 1290 Super Adventure

Kabel Rem Bermasalah

Kabel pada sistem pengereman tidak memiliki pelindung yang baik dalam frame sehingga rentan bersentuhan dengan modular ABS. Pada saatnya garis rem tidak sempurna dapat rentan menjadi penyebab kegagalan pengereman.

Masalah recall KTM 1290 Super Adventure ini sebelumnya sudah dilaporkan konsumen di Jerman pada Juni 2016, namun setelah penyelidikan belum ada keputusan terkait penarikan unit. Untuk itu saat ini setelah NHTSA melakukan kajian KTM diharuskan untuk menarik semua motor dari kedua model yang terkait masalah rem.

Recall KTM 1290 Super Adventure

KTM 1190 Adventure

Masalah ini juga menjadi masukan bagi pabrikan asal Austria tersebut agar pemisahan frame kabel dan modular ABS mendapat ruang yang cukup agar tidak terjadi masalah. KTM berjanji akan memperbaiki semua kendaraan yang terkena dampak ini, dan telah belajar dari masalah ini sehingga produksi model 2017 tidak terkait dengan masalah pengereman.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Motor

 KTM secara resmi melakukan pembaruan pada sepeda motor KTM 890 Adventure R 2023 pada 17 September 2022. Autos.id -KTM Adventure Rider Rally 2022 saat ini...

Daftar Harga Motor

Di Indonesia, KTM dikenal sebagai motor trail segala medan dengan segmentasi pasar menengah ke atas. Autos.id – KTM merupakan salah satu merk motor yang...

Modifikasi

KTM telah lama tidak memproduksi motor 690 SMC-R yang pada awalnya muncul di tahun 2008. Meski begitu, motor tersebut tetap dianggap sebagai salah satu...

Daftar Harga Motor

KTM memiliki 12 motor baru yang dipasarkan di Indonesia pada bulan Agustus 2022. Autos.id – KTM yang merupakan singkatan dari Kronreif Trunkenpolz Mattighofen, adalah...