Connect with us

Hi, what are you looking for?

Isuzu

Generasi Isuzu Panther Dari Masa ke Masa

Logo Isuzu.
Logo Isuzu. (Sumber: Isuzu Jogja)

Last updated on 15 Mei, 2023

Isuzu Panther merupakan salah satu mobil yang dikenal tangguh untuk perjalanan jauh.

Autos.id – Isuzu Panther adalah kendaraan legendaris di Indonesia yang tidak asing lagi, terutama bagi generasi 90-an. Mobil ini dikenal sebagai salah satu kendaraan ikonik di Indonesia pada masanya, yang seringkali terlihat melintasi jalan dan menjadi impian banyak orang.

Isuzu Panther awalnya dikembangkan di Jepang dengan kode kendaraan Asian Utility Vehicle (AUV). Sejak awal diluncurkan, Panther dikenal sebagai mobil yang tangguh, hemat bahan bakar, dan memiliki ketahanan yang baik. Kendaraan ini mudah untuk dirawat dan nyaman dikendarai di kondisi jalan yang ada di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan perkembangan Isuzu Panther dari generasi pertama sampai saat ini?

 

Generasi Pertama

Isuzu Panther generasi pertama.

Isuzu Panther generasi pertama. (Sumber: Mobil)

Pada tahun 1991, Isuzu Panther memperkenalkan produk pertamanya dengan menggunakan mesin C233 4 silinder berkapasitas 2.238 CC OHV (Over Head Valve) dengan sistem injeksi tidak langsung (indirect injection).

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 60dk/4300 rpm. Pada saat itu, Isuzu Panther tersedia dalam 6 varian yaitu Panther Grand Deluxe, Deluxe (Total Assy), Panther Hi-Grade, Bravo, Miyabi, dan Standard.

 

Generasi Kedua

Isuzu Panther generasi kedua.

Isuzu Panther generasi kedua. (Sumber: Kumparan)

Setelah sukses dengan penjualan generasi pertamanya, Isuzu Panther mengeluarkan generasi kedua pada pertengahan tahun 1996. Generasi kedua memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan generasi sebelumnya, seperti spesifikasi mesin yang berbeda dan beberapa perubahan pada bagian eksterior.

Isuzu Panther generasi kedua menggunakan mesin berkapasitas 2.500 CC OHV direct injection yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 86 hp di 3.900 rpm. Pada generasi ini, Isuzu Panther tersedia dalam 8 varian yang hampir mirip, yaitu Panther Grand Royal, New Royal, Royal, Hi-Grade, New Hi-Grade, Hi-Sporty, Deluxe, dan Standard.

Baca juga: Cari Isuzu Panther Bekas di Tahun 2023, Segini Harganya

Generasi Ketiga

Isuzu Panther generasi ketiga.

Isuzu Panther generasi ketiga. (Sumber: YouTube)

Pada tahun 2000, Isuzu Panther meluncurkan generasi ketiganya dengan beberapa peningkatan fitur dan teknologi. Mesin yang digunakan tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya, namun generasi ketiga dilengkapi dengan opsi transmisi otomatis dan mesin turbo diesel.

Generasi ketiga Isuzu Panther memperkenalkan varian baru seperti Panther Grand Touring, Touring, SS, SV, LV, LM, dan SM. Kemunculan generasi ketiga ini memenuhi keinginan para penggemar Isuzu Panther akan produk baru dari merek tersebut.

 

Generasi Keempat

Isuzu Panther generasi keempat.

Isuzu Panther generasi keempat. (Sumber: Tribun)

Pada generasi keempat, dan sekaligus menjadi generasi terakhir dari Isuzu Panther, tidak terjadi banyak perubahan dari generasi ketiga. Generasi keempat yang diluncurkan pada tahun 2005 ini bisa dikatakan sebagai facelift dari generasi sebelumnya. Perubahan yang terlihat adalah pada grill, desain lampu, dan juga interior.

Di ruang bakarnya, tidak terjadi banyak perubahan. Hanya saja, beberapa varian pada generasi keempat sudah dilengkapi dengan turbo standar EURO. Varian yang tersedia pada generasi ini adalah LS Turbo, LS Hi-Grade, Grand Touring, Touring, Adventure, LV, LV FF, Smart, dan Smart FF.

Setelah generasi keempat, Isuzu melakukan facelift lagi pada produk andalannya ini di tahun 2009. Tidak banyak perubahan yang dilakukan, hanya perubahan minor pada tampilannya. Namun, Panther lebih terlihat muda dan elegan. Varian-varian yang tersedia juga sama dengan generasi keempat.

Pada tahun 2013, Isuzu melakukan facelift lagi pada Panther yang masih bertahan hingga sekarang. Perubahan yang terlihat pada facelift Panther ini adalah pada desain speedometer, rear tow hook, pintu belakang, dan model ban serep.

Meskipun mengikuti tren pasar, Isuzu Panther tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai mobil yang tangguh dan kokoh. Panther telah mencapai usia 27 tahun, dan perjalanannya tentu saja sangat berarti bagi para penggemar. Terlebih lagi, Isuzu Panther telah menjadi mobil andalan keluarga, dan sebutan “Isuzu Rajanya Diesel” tak terlepas dari kepercayaan masyarakat terhadap mobil ini.

Baca juga: Tips Mudah Merawat Isuzu Panther

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

MU-X 3000CC alias MU-X 3.0L menjadi salah satu mobil terbaru besutan Isuzu yang harganya masih jadi pertanyaan. Autos.id – Pabrikan Isuzu, yang selama ini...

Komparasi

Last updated on 1 Agustus, 2023 Isuzu Elf dan Toyota Hiace seringkali menjadi pilihan untuk mobil ‘tour and travel’, tapi mana yang lebih baik?...

Tips

Last updated on 22 Mei, 2023 Siapa yang tidak mengenal Isuzu Panther? Mobil tangguh dan menjadi favorit banyak masyarakat Indonesia. Autos.id – Isuzu Panther...

Berita Otomotif

Salah satu yang dibutuhkan para pemudik saat melakukan perjalanan ke kampung halaman adalah keberadaan bengkel siaga. Autos.id – Mendekati Lebaran 2023, banyak masyarakat Indonesia...

error: Content is protected !!