Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Isuzu Elf vs Toyota Hiace: Mana yang Lebih Baik untuk Usaha Travel?

Isuzu Elf vs Toyota Hiace.
Isuzu Elf vs Toyota Hiace. (Sumber: Alvaro Rent Car)

Last updated on 1 Agustus, 2023

Isuzu Elf dan Toyota Hiace seringkali menjadi pilihan untuk mobil ‘tour and travel’, tapi mana yang lebih baik?

Autos.id – Sekarang ini, banyak perusahaan otobus yang menawarkan layanan rental/sewa kendaraan seperti Isuzu Elf vs Toyota Hiace. Selain digunakan untuk sewa bus, kedua jenis kendaraan ini juga sering menjadi pilihan penumpang untuk perjalanan wisata antar kota.

Isuzu Elf vs Toyota Hiace memiliki kapasitas yang luas, serta keduanya merupakan produk dari perusahaan yang sama, yaitu PT Astra International Tbk.

Isuzu Elf.

Isuzu Elf. (Sumber: Capella Isuzu)

Isuzu dikenal sering memproduksi kendaraan komersial dan truk berat. Di sisi lain, Toyota lebih banyak
memproduksi kendaraan pribadi. Namun, setelah hadirnya Hiace, Toyota juga mulai menggunakannya secara komersial sebagai kendaraan travel.

Melihat kedua kendaraan tersebut sering digunakan sebagai mobil travel, seringkali ada perbandingan antara keduanya. Lalu mana yang lebih baik bagi yang ingin membuka jasa travel?

Toyota Hiace.

Toyota Hiace. (Sumber: Toyota Astra Motor)

Isuzu Elf

Isuzu Elf dikenal sebagai kendaraan yang sering digunakan dalam industri pariwisata. Banyak orang memilih untuk menyewa Elf untuk memenuhi kebutuhan perjalanan wisata mereka.

Dalam hal desain eksterior, Elf memiliki kemiripan dengan truk atau bus. Desainnya umumnya terlihat standar karena dihasilkan oleh produsen karoseri dan mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia). Desain kabin pada Elf juga dapat bervariasi tergantung pada pilihan karoseri yang digunakan oleh perusahaan angkutan pariwisata.

Bandingkan dengan Hiace, suspensi pada Elf terasa lebih keras. Elf menggunakan suspensi per daun (leaf spring), sehingga saat melewati jalan yang tidak rata, pengguna akan merasakan getaran yang lebih kuat dan kurang nyaman dibandingkan dengan suspensi Hiace yang lebih empuk.

Baca juga: Cari Isuzu Elf? Cek Dulu Tipe dan Harganya di Indonesia

Interior Isuzu Elf.

Interior Isuzu Elf. (Sumber: Capella Isuzu)

Toyota Hiace

Dalam hal tampilan fisik, Hiace memiliki dimensi yang besar dan kokoh. Kendaraan ini telah mengalami perubahan desain dari generasi sebelumnya dan memiliki desain terbaru yang disebut Hiace Premio. Oleh karena itu, desain eksterior mobil ini mampu memberikan kesan mewah dan jauh dari kesan kendaraan niaga atau komersial.

Selain memiliki eksterior yang modern, Hiace juga memiliki desain interior yang teratur dan mesin yang tenang dengan getaran minim. Oleh karena itu, jika Anda menyewa Hiace, Anda akan merasakan kenyamanan selama perjalanan.

Hiace juga dilengkapi dengan suspensi Double Wishbone dengan Stabilizer dan Leaf Spring Rigid Axle, yang memberikan kenyamanan dan kelembutan saat digunakan. Di dalam mobil ini, terdapat berbagai fitur canggih untuk keselamatan penumpang, seperti SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, kunci keselamatan anak, sabuk pengaman, sensor parkir, perlindungan tumbukan depan dan samping, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Toyota Umumkan Harga Resmi New Hiace dan New Dyna Mesin Diesel Baru Euro4  

Interior Toyota Hiace.

Interior Toyota Hiace. (Sumber: Toyota Astra Motor)

Bagaimana dengan Sisi Keamanannya?

Dalam hal keamanan, Toyota Hiace dilengkapi dengan airbag untuk pengemudi dan penumpang, sementara Elf belum memiliki fitur keamanan tersebut pada unitnya.

Jika Anda berencana melakukan perjalanan dengan rombongan yang cukup besar, Anda dapat menyewa Elf. Mobil Elf menawarkan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan Toyota Hiace. Terdapat dua tipe Elf, yaitu Elf Short dan Elf Long.

Elf Short memiliki kapasitas untuk 15 penumpang dan 1 pengemudi. Sementara itu, Elf Long memiliki kapasitas untuk 19 penumpang dan 1 pengemudi.

Elf Long memiliki konfigurasi kursi penumpang belakang dengan susunan 3-4-4-4-4. Jika dibandingkan dengan Elf Short, bodi Elf Long memiliki panjang yang lebih besar sekitar 1 meter atau setara dengan satu baris kursi penumpang.

Baca juga: Toyota Hiace, Andalan Toyota Untuk Kebutuhan Mobil Travel

Mesin Isuzu Elf.

Mesin Isuzu Elf. (Sumber;:OtoManiac)

Harga

Terkait harga, Isuzu Elf dibanderil mulai Rp415 juta hingga Rp498 juta. Sementara itu, harga Toyota Hiace berkisar Rp551 juta hingga Rp636 juta.

Mesin Toyota Hiace.

Mesin Toyota Hiace. (Sumber: Sewa Hiace Jogja)

Baca juga: Rekomendasi Tempat Sewa Mobil Murah di Bali

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Berita Otomotif

Toyota Transmover menjadi mobil yang ‘paling dekat’ dengan Toyota Avanza, dimana juga dipilih untuk jadi armada taksi. Autos.id – Toyota Transmover, pada dasarnya, merupakan...

Reviews

Timor adalah salah satu merk mobil yang hadir di Indonesia pada tahun 90an, dan produksinya dihentikan pada awal 2000an. Autos.id – Dalam dunia bisnis,...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

error: Content is protected !!