Last updated on 15 April, 2016
Jakarta, Autos.id – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) hingga bulan kedua 2016 berhasil mencapai total angka wholesales 27.948 unit dan retail sales 28.072 unit. Ini artinya stok unit Daihatsu di dealer lebih kecil dari permintaan pembelian konsumen.
Wholesales Daihatsu hingga Februari 2016 berturut-turut disumbang oleh Gran Max yang mencapai 11.331 unit atau 40,5%. Menyusul di posisi dua, Astra Daihatsu Ayla dengan 7.909 unit atau 23%. Great New Xenia menempati peringkat ketiga, dengan menyumbang 5.546 unit atau 19.8%. Berikutnya adalah SUV Terios yang menyumbang 2.236 unit atau 8%. Disusul dengan Daihatsu Luxio terjual 524 unit atau 1.9 %, Daihatsu Sirion 400 unit (1.4%), dan Daihatsu Copen 2 unit.
Tidak jauh berbeda dengan wholesales, komposisi penjualan retailsales per type, kontribusi terbesar diduduki oleh Daihatsu Gran Max dengan 10.406 unit atau 37.1%. Di posisi kedua, Astra Daihatsu Ayla, menyumbang 7.215 unit atau 25.7% dari total penjualan retail sales Daihatsu.
Great New Xenia di posisi ketiga menyumbang 7.104 unit atau 25.3%. Terios menyumbang 2.091 unit atau 7.4% disusul dengan Luxio sebesar 724 unit atau 2.6%, Daihatsu Sirion menyumbang 531 unit atau 1.9%, dan Daihatsu Copen 1 unit.
“Kami bersyukur, hingga bulan kedua tahun ini, Daihatsu mencapai penjualan yang cukup baik, meskipun proyeksi pasar otomotif domestik 2016 diperkirakan stagnan. Menyikapi hal tersebut, Daihatsu akan terus meningkatkan pelayanan penjualan dan purna jual termasuk penambahan jumlah outlet serta produk improvement,” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing ADM dalam keterangan persnya.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.