Connect with us

Hi, what are you looking for?

Daftar Harga Mobil

Menyelisik Harga Daihatsu Gran Max Bekas, Kecuali Jenis Pikap

Daihatsu Gran Max Minibus.
Daihatsu Gran Max Minibus. (Sumber: Astra Daihatsu)

Daihatsu Gran Max jadi salah satu jenis mobil yang terlibat ‘skandal’ keselamatan di Jepang.

Autos.id – Skandal yang melibatkan Daihatsu, yang telah berlangsung sejak beberapa waktu lalu hingga saat ini, terus berkembang dan memberikan dampak signifikan pada model yang diproduksi di Indonesia. Model yang terkena dampak tersebut adalah varian pikap dari Daihatsu Gran Max, Toyota Town Ace, dan Mazda Bongo.

Semua model tersebut diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan diekspor ke pasar Jepang. Dari berbagai sumber, diberitakan bahwa Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang telah memutuskan untuk mencabut sertifikasi uji tipe atau Vehicle Type Approval untuk ketiga model tersebut.

Pencabutan sertifikasi ini berarti Daihatsu tidak dapat melanjutkan produksi massal dari model-model tersebut tanpa harus mengikuti pengujian dan sertifikasi ulang. Sebagai informasi tambahan, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang telah melakukan inspeksi serta uji tabrak terbuka di pabrik Daihatsu di Shiga, Jepang. Uji tabrak tersebut dimulai dengan menggunakan Daihatsu Gran Max pikap dengan metode full width frontal collision pada kecepatan 50 km/jam. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk menilai secara detail performa keselamatan dari Gran Max.

Sayangnya, dalam proses pengujian tersebut, terungkap bahwa timer airbag digunakan ketika mobil diuji untuk sertifikasi. Selain dari pencabutan sertifikasi uji tipe, Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang juga mengeluarkan perintah perbaikan yang menuntut Daihatsu untuk melakukan reformasi pada struktur perusahaan.

Daihatsu juga diberikan arahan untuk segera memberikan pemberitahuan apabila diperlukan melakukan recall terhadap Daihatsu Cast dan Toyota Pixis Joy. Lalu berapa harga bekas Gran Max di Indonesia saat ini?

 

Daihatsu Gran Max Minibus Bekas

Dasbor Daihatsu Gran Max Minibus.

Dasbor Daihatsu Gran Max Minibus. (Sumber: Astra Daihatsu)

Setelah mengetahui sebab Daihatsu Gran Max tidak lagi dijual di Jepang, berapa harga bekasnya di Indonesia saat ini? Simak selengkapnya di bawah:

Daihatsu Gran Max Minibus 1.3L D MT (tahun 2008): Rp70.000.000

Daihatsu Gran Max Minibus 1.3L D MT (tahun 2010): Rp82.500.000

Daihatsu Gran Max Minibus 1.3L D MT (tahun 2013): Rp87.000.000

Daihatsu Gran Max Minibus Blind Van 1,3L AC (tahun 2015): Rp120.000.000

Daihatsu Gran Max Minibus 1.3L D Blind Van MT (tahun 2015): Rp95.000.000

Daihatsu Gran Max Minibus 1.3L D Blind Van MT (tahun 2016): Rp78.000.000

Daihatsu Gran Max MB 1.3 Blind Van AC (tahun 2017): Rp88.000.000

Daihatsu Gran Max Minibus 1.5L D MT (tahun 2018): Rp128.000.000

Daihatsu Gran Max Minibus 1,5 L D MT (tahun 2019): Rp129.000.000

Fitur Daihatsu Gran Max Minibus.

Fitur Daihatsu Gran Max Minibus. (Sumber: Mobil Daihatsu Medan)

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Pihak Jepang melarang penjualan sejumlah mobil Daihatsu, termasuk Gran Max. Autos.id – Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata (MLIT) Jepang telah mencabut persetujuan tipe...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

Berita Otomotif

Suzuki menghadirkan Carry versi terbaru dan disebut-sebut menjadi pesaing Daihatsu GranMax. Tapi … Autos.id – Sebelum membahas lebih detail kekurangan Suzuki Carry dibandingkan Daihatsu...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 17 Oktober, 2023 Inilah daftar harga OTR Jakarta terbaru untuk mobil Daihatsu. Autos.id – Di era sekarang ini, informasi mengenai harga...

error: Content is protected !!