Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Toyota Rumion, Rebadge Suzuki Ertiga Yang Dijual Di Afrika Selatan

Toyota Rumion, Rebadge Suzuki Ertiga Yang Dijual Di Afrika Selatan

Dengan kehadiran Toyota Rumion yang diluncurkan dipasar Afrika Selatan, maka negara tersebut tidak akan mendapatkan Toyota Avanza yang rencananya akan segera diluncurkan di Indonesia bulan depan.

Autos.id – Bila anda berpikir bahwa Toyota dan Suzuki tidak memiliki hubungan Kerjasama yang kuat, anda salah besar. Bahwa dibeberapa market seperti di India dan Afrika Selatan, kedua brand ini melakukan Kerjasama dengan cara rebadge produk Maruti Suzuki. Seperti yang terjadi dengan Suzuki Ertiga, LMPV yang satu ini mendapatkan versi rebadge dari Toyota dengan nama Toyota Rumion yang akan segara dijual di Afrika Selatan.

Toyota Rumion ini adalah produk Kerjasama dengan Maruti Suzuki ketiga setelah Toyota Glanza yang merupakan kembaran Maruti Suzuki Baleno serta Toyota Urban Cruiser yang merupakan versi rebadge dari Maruti Suzuki Vitara Brezza.

Nama Rumion sendiri sebelumnya pernah dipakai Toyota untuk salah satu line up mobil JDM mereka, dimana mobil tersebut juga sama dengaN Scion Xb yang dijual dipasar Amerika Serikat atau USDM. Karena ini aslinya berbasis dari produk Maruti Suzuki, rencananya Toyota Rumion ini juga akan segera dipasarkan di India kurang lebih ditahun depan.

Hampir Tidak Ada Perbedaan Signifikan

Namanya merupakan mobil kembar, bila dibandingkan dengan Suzuki Ertiga, Toyota Rumion secara ekesterior tidak ditemukan perbedaan yang signifikan bila dibandingkan dengan Suzuki Ertiga yang menjadi basis mobil tersebut. Perbedaan yang jelas dari luarnya hanyalah penggunaan grill 3 baris dengan logo Toyota serta bentuk body yang hampir tidak terlihat perbedaan lagi baik disamping maupun dibelakang kecuali emblem Toyota Rumion tersebut. Dan velg yang digunakan motifnya sama persis yang ada di Suzuki Ertiga yaitu single tone dengan banyak jari-jari.

Sama halnya dengan apa yang ada dieksterior, interior Toyota Rumion sendiri juga tidak memiliki perbedaan yang signifikan bila dibandingkan Ertiga. Mulai dari desain dashboard, jok, serta bentuk stir yang sama persis dengabn Ertiga kecuali jelas adalah emblem distir yang diganti dengan logo Toyota serta permainan warna interior disetiap trimnya.

Dan juga untuk mesin yang digunakan pun juga sama persis dengan Suzuki Ertiga. Toyota  Rumion dibekali dengan mesin Suzuki K15B dengan kapasitas 1.500 cc, 4 silinder, dengan tenaga 104 Ps dan torsi 138 NM yang dialirkan keroda depan melaui pilihan transmisi manual 5 speed serta otomatis konvensional 4 speed.

Dan bila berbicara mengenai dimensi mobil tadi, karena bodynya sama persis maka tidak ada perubahan yang sangat signifikan. Panjang mobil ini mencapau 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690, wheelbase 2.740 mm. Ground clearence juga sama diangak 180 mm. Serta kapasitas bagasi ketika baris ketiga ditegakan masih menyisakan 153 liter. Lalu bila baris ketiga dilipat kapasitas bagasi mencapau 550 liter. Sedangkan bila baris kedua dilipat, maka kapasitas yang dihasilkan tergolong cukup besar di 803 liter dan bisa rata lantai.

Harga Serta Fitur Yang Ditawarkan

Fitur safety di Toyota Rumion bisa dibilang belum sekomplit mobil kekinian dimana Stability Control serta Hill Start Assist saja tidak ada dimobil ini. Tapi setidaknya rem ABS, 2 airbag, kamera mundue sudah menjadi standar. Untuk varian sendiri. Toyota Rumion ditawarkan dengan 3 tipe yaitu tipe S sebagai yang termurah, SX untuk varian tengah serta tipe tertingginya Bernama TX. Harga Toyota Rumion ini kabarnya dibandrol seharga mulai dari 245.600 rand atau setara Rp 233,1 juta hingga 317.300 rand atau setara dengan Rp 301,1 juta.

Yang menarik dipasar Afrika Selatan, Toyota juga memasarkan Toyota Avanza yang secara segmen jelas akan bertabrakan dengan Toyota Rumion yang berada dikelas LMPV. Dan dengan dijualnya Toyota Rumion, maka dipasar Afrika Selatan sendiri tidak akan mendapatkan Toyota Avanza terbaru yang sebentar lagi akan dilaunching di Indonesia.

Bisa dibilang arah pasar Toyota di Afrika Selatan mulai berkiblat dari India dimana di India sendiri versi dari Toyota merupakan rebadge dari produk Maruti Suzuki. Dan bahkan di Afrika Selatan, Toyota Yaris XP150 yang kita kenal sekarang tidak dijual disana dan menggunakan Toyota Glanza untuk dijual dikelas compact hatchback dinegara tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Suzuki S-Presso, salah satu mobil terlaris di India, baru-baru ini mendapat edisi spesial dengan warna baru dan beberapa aksesoris yang membedakannya dengan versi standar...

Berita Otomotif

Rencananya versi sedan dari Toyota Yaris dipasar India akan distop produksinya. Kabarnya akan digantikan oleh rebadge dari Suzuki Ciaz dengan nama Toyota Belta dimana...

Berita Otomotif

Last updated on 1 November, 2021Perjalanan panjang sejarah Suzuki Ertiga di Indonesia hingga akhirnya menjadi salah satu MPV kebanggaan keluarga Indonesia Jakarta, Autos.id –...

Berita Otomotif

Maruti Suzuki mengenalkan varian terbaru dari Ertiga yaitu Tour M yang akan menyasar konsumen fleet seperti Toyota TransMover di Indonesia Unbox.id  –  Belum lama...