Connect with us

Hi, what are you looking for?

Daftar Harga Mobil

Inilah Rekomendasi Mobil Bekas Harga 70 Jutaan

mobil bekas 70 jutaan

Last updated on 31 Mei, 2024

Autos.id – Dengan anggaran 70 jutaan atau sedikit di atasnya, mungkin Anda bingung dalam memilih untuk membeli mobil bekas yang tahun produksinya tidak terlalu lawas. Tapi jangan khawatir, karena berikut ini adalah rekomendasi terbaik untuk mobil bekas di kisaran harga Rp 70 jutaan sampai Rp 80 jutaan, namun dengan keluaran yang tidak terlalu lama.

1. Honda Brio

Honda Brio 2014 bekas 70 jutaan

Honda Brio 2014. (Sumber: YouTube Mobil49)

Rekomendasi pertama adalah Honda Brio. Sebuah city car favorit masyarakat yang merupakan pilihan yang tepat untuk keluarga kecil atau mobil pertama dengan harga terjangkau.

Honda Brio dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.199 cc, 4 silinder, SOHC, 16 katup, VTEC, dan Drive By Wire. Mesin ini mampu menghasilkan daya sebesar 89 hp pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

Namun, Anda dapat melihat kekurangan dari Honda Brio pada bagian kursi belakang yang kurang nyaman untuk orang dewasa. Penumpang yang duduk di belakang merasa terbatas ruang geraknya karena kurangnya area yang luas.

simak artikel menarik lain tentang mobil bekas 80 jutaan 2023

Selain itu, bagasi Honda Brio juga tergolong sempit, meskipun terlihat cukup besar dari luar. Hal ini menjadi kendala bagi mereka yang sering bepergian jauh dan harus membawa banyak barang, karena tidak semua barang dapat dimasukkan ke dalam mobil ini.

Harga Honda Brio keluaran tahun 2014-2015 harganya sekitar Rp 70 sampai 80 jutaan.

2. Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla 2017.

Daihatsu Ayla 2017. (Sumber: Laju Motor)

Mobil bekas lainnya yang layak dipertimbangkan adalah Daihatsu Ayla. Mobil kembaran Toyota Agya ini dilengkapi dengan mesin 998 cc, 3 silinder, bertenaga 65 dk pada 6.000 rpm, dan torsi 88 Nm pada 3.600 rpm.

Mobil ini memiliki tenaga maksimal dan hemat BBM. Namun ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan seperti tidak dilengkapi dengan sistem Anti-Lock Braking System (ABS), yang merupakan fitur penting untuk membantu mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak dan menjaga stabilitas kendaraan.

Selanjutnya, tidak semua tipe Ayla dilengkapi dengan airbag, yang merupakan bagian penting dari sistem keselamatan di dalam mobil untuk melindungi penumpang dari benturan. Kemudian, fitur immobilizer hanya tersedia pada varian Ayla 1.2, sehingga varian lainnya tidak memiliki perlindungan keamanan yang sama.

Harga Daihatsu Ayla bekas yang dimaksud adalah keluaran 2017 dan ditawarkan mulai dari Rp 80 jutaan. Sedangkan Daihatsu Ayla tahun 2015 harganya berkisar di Rp 70 jutaan.

3. Honda Mobilio

Honda Mobilio 2016.

Honda Mobilio 2016. (Sumber: Otojatim)

Nama Honda Mobilio juga pantas masuk dalam daftar mobil bekas murah di bawah Rp100 juta yang terbaik dan bisa Anda beli. Mobil keluarga dengan kabin luas ini dapat menampung hingga 7 penumpang, sehingga sangat cocok untuk mendukung aktivitas dan mobilitas.

Pada Honda Mobilio 2016 menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder SOHC i-VTEC. Honda Mobilio juga dikategorikan sebagai mobil MPV yang paling kaku di kelasnya. Kekurangannya, ketika melintasi jalan bergelombang atau tidak rata, perlu dihindari kecepatan tinggi, terutama pada suspensi belakang yang kurang nyaman.

Kualitas pengerjaan Honda Mobilio yang kurang baik juga berdampak pada kekedapan mobil. Saat berkendara dengan kecepatan rendah, mesin mobil terdengar tenang dan hampir tidak terasa. Namun, saat mobil dikebut dengan kecepatan di atas 80 km/jam, kekedapan kabin sudah tidak terjaga.

Suara mesin, angin, dan ban menjadi sangat mengganggu di dalam kabin. Hal ini dapat mengurangi kenyamanan berkendara, terutama dalam perjalanan jarak jauh.

Harga bekas Honda Mobilio ditawarkan mulai dari Rp 80 jutaan.

Baca juga: Jangan Asal Beli! Begini Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas

4. Nissan March

Nissan March.

Nissan March. (Sumber: Info Mobil Bekas)

Selanjutnya, ada Nissan March yang bisa Anda miliki dengan dana terbatas. Mobil buatan Jepang ini merupakan hatchback kecil yang cocok digunakan di kota-kota besar seperti Jakarta karena lincah dan juga irit.

Nissan March memiliki mesin berkapasitas 1.2 Liter (1.198 cc) dengan konfigurasi 3 silinder segaris, double overhead camshaft (DOHC), dan dilengkapi dengan valve timing control (VTC). Harga Nissan March bekas versi tahun 2013 berada di kisaran Rp 70 jutaan sampai Rp 80 jutaan.

Namun salah satu kekurangan dari mobil ini adalah masalah keseimbangan yang agak mengganggu. Mobil Nissan March memiliki suspensi yang terlalu empuk, sehingga saat melintas di tikungan dengan kecepatan tinggi, mobil cenderung terasa limbung.

Selain itu, kelemahan lain pada mobil Nissan March adalah penggunaan transmisi otomatis yang belum menggunakan teknologi CVT. Padahal, pesaing mobil ini yang merupakan keluaran terbaru dengan mesin yang sama telah menggunakan transmisi otomatis CVT.

5. Toyota Avanza

Toyota Avanza 2010 bekas 70 jutaan

Toyota Avanza 2010. (Sumber: Otojatim)

Harga mobil bekas Rp 70 jutaan meliputi Toyota Avanza tahun 2008, 2010, dan 2015. Mobil yang populer di kalangan masyarakat Indonesia ini menjadi pilihan utama bagi kalangan menengah.

Sebagai mobil keluarga yang ideal, Avanza dilengkapi dengan dua tipe mesin, yaitu 1.3 E dan 1.3 G. Avanza juga memiliki kapasitas tempat duduk yang luas, serta kabin yang nyaman. Toyota Avanza termasuk dalam kategori mobil MPV yang memiliki efisiensi konsumsi BBM yang baik, berkat teknologi VVT-i yang diusungnya.

Namun dapat dipungkiri, Toyota Avanza memiliki kecenderungan untuk menjadi agak limbung saat berada pada kecepatan tinggi. Penyebabnya adalah lingkaran pegas spiral yang lebar, sehingga membuatnya terlihat cukup besar jika dibandingkan dengan dimensi shock absorber dan ukuran bodi.

Kendala lain yang kerap dihadapi oleh mobil Avanza adalah masalah pada aki. Terkadang, mobil ini sulit dihidupkan ketika mesin sudah panas. Namun, pada mobil keluaran terbaru, masalah ini tidak begitu sering dialami oleh para pengguna.

Harga mobil Toyota Avanza bekas berkisar Rp 70 jutaan hingga Rp 90 jutaan tergantung kondisi.

6. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga 2017.

Suzuki Ertiga 2017. (Sumber: Mobi)

Mobil bekas juta yang dapat dipertimbangkan adalah Suzuki Ertiga tahun 2012 hingga 2017. Mobil multi-purpose vehicle (MPV) yang populer ini sangat sesuai untuk keluarga besar.

Salah satu keunggulannya adalah kapasitas tempat duduk yang luas, mampu menampung hingga 7 orang. Kemudian Suzuki Ertiga memiliki teknologi multi-point injection, yang membuatnya dianggap irit dan efisien dalam konsumsi BBM. Selain itu, suspensinya yang empuk dan ketersediaan suku cadang yang mudah membuatnya lebih diandalkan.

Namun, tidak dapat diabaikan bahwa Suzuki Ertiga juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa ulasan menyebut bahwa Ertiga tipe lama sering mengalami masalah pada kaki-kaki. Beberapa tipe juga belum dilengkapi dengan AC double blower.

Harga Suzuki Ertiga bekas tahun 2012 hingga 2017 berada di angka Rp 70 jutaan sampai Rp 90 jutaan.

7. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina 2013.

Nissan Grand Livina 2013. (Sumber: Autonetmagz)

Nissan Grand Livina tahun 2011, 2012, hingga 2013 dapat menjadi pilihan alternatif yang menarik. Meskipun mobil ini tidak diproduksi di Indonesia, namun dijual dengan harga yang terjangkau.

Di beberapa situs jual beli mobil, Nissan Grand Livina ini ditawarkan dengan harga kisaran Rp 70 jutaan sampai Rp 90 jutaan.

Kabinnya sangat nyaman dan didukung dengan fitur hiburan terbaik di kelasnya. Hingga saat ini, Grand Livina menjadi satu-satunya yang memberikan gratis roof monitor untuk varian tertingginya.

Headunit terbaru juga sudah dapat melakukan mirroring dengan smartphone, sehingga sistem multimedianya bisa mengoperasikan sejumlah aplikasi di dalam smartphone seperti navigasi satelit hingga Facebook.

Namun, mobil ini memiliki ground clearance rendah, yang menjadi kekurangan dibandingkan dengan beberapa pesaingnya. Hal ini disebabkan oleh kondisi jalan yang beragam dan berlubang di Indonesia.

Kekurangan lainnya yaitu tidak adanya AC double blower dalam kabin. Meskipun fitur ini tidak akan membuat kabin menjadi tidak dingin, tetapi bisa menjadi keterbatasan kenyamanan. Selain itu, Grand Livina tidak dilengkapi dengan kunci immobilizer, sehingga memudahkan pencuri untuk membawa kabur mobil tanpa kunci asli.

Baca juga: Cari Mobil Bekas di Bawah Rp 50 Juta? Ini Rekomendasinya

Harga-harga mobil dirangkum dari beberapa situs jual beli. Harga bisa berbeda tergantung daerah, penjual, dan kondisi kendaraannya.

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Last updated on 27 Mei, 2024 Sekarang ada banyak mobil keluarga murah di bawah Rp100 juta, terutama mobil bekas. Autos.id – Mobil keluarga adalah...

ALVA

Alva jadi motor listrik besutan IMG yang memiliki spesifikasi mentereng dan harga bersaing. Autos.id – Alva merupakan solusi dalam bidang mobilitas dan usaha yang...

Berita Otomotif

Alva One XP adalah salah satu motor listrik yang hadir di Indonesia dan dipamerkan di acara IIMS 2024 lalu. Autos.id – Motor listrik Alva...

BYD

BYD Seal hadir di Indonesia untuk menambah lini mobil listrik dengan berbagai keunggulan. Autos.id – BYD Motor Indonesia (BMI) memperkenalkan BYD Seal sebagai salah...

error: Content is protected !!