Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

TMMIN Eksportir Otomotif Paling Moncer Tahun Ini

Primaniyarta Award 2017

TMMIN menerima penghargaan Primaniyarta Award 2017 yang merupakan kedelapan kalinya sebagai penghargaan untuk eksportir paling berprestasi di Indonesia.

Jakarta, Autos.id – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali menerima penghargaan Primaniyarta Award 2017. TMMIN meraih penghargaan untuk kategori Eksportir Berkinerja dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Primaniyarta Award 2017 merupakan penghargaan yang diterima TMMIN untuk kedelapan kalinya. Dan penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kepada Wakil Presiden Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter.

“Penghargaan bergengsi yang telah kami terima hingga ke-8 kali ini, kami anggap sebagai sebuah motivasi untuk terus konsisten mencatatkan kinerja ekspor yang positif demi perkembangan industri otomotif di Indonesia”

“Penghargaan bergengsi yang telah kami terima hingga ke-8 kali ini, kami anggap sebagai sebuah motivasi untuk terus konsisten mencatatkan kinerja ekspor yang positif demi perkembangan industri otomotif di Indonesia,” kata Edward melalui keterangan tertulisnya kepada Autos.id, Rabu (11/10/2017).

Primaniyarta Award 2017

TMMIN mulai melakukan aktivitas ekspor sejak 30 tahun lalu. Pengapalan perdana dilaksanakan pada tahun 1987 dengan mengirimkan Toyota Kijang generasi ke-3 (Kijang Super) ke Brunei Darusalam. Momentum ekspor terbaik diperoleh TMMIN ketika dipercaya menjadi salah satu basis produksi bagi pengembangan kendaraan IMV (Innovative International Multi-purpose Vehicle) model Kijang Innova pada 2004, dan langsung melakukan ekspor di tahun yang sama. Dilanjutkan dengan dimulainya ekspor sedan Vios di tahun 2014.

Pencapaian TMMIN sebagai industri manufaktur otomotif di Indonesia tidak diraih dengan singkat. Berawal sebagai importir di tahun 70-an, kini TMMIN perlahan menjadi basis produksi dan ekspor sejak tahun 2004 serta bercita-cita untuk menjadi rantai pasok (supply chain) bagi Toyota Global. Penambahan produk dan kehadiran pabrik mesin baru di Karawang merupakan realisasi komitmen Toyota untuk terus berkembang bersama masyarakat Indonesia sekaligus berperan aktif dalam pengembangan industri otomotif nasional.

Saat ini kontribusi kendaraan utuh bermerk Toyota bagi total ekspor otomotif nasional Indonesia sebesar 87% terdiri dari ekspor 9 model yaitu Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Town/Lite Ace, Agya, dan Sienta. TMMIN juga mengekspor kendaraan terurai (CKD/Completely Knock Down), mesin bensin dan ethanol tipe TR-K dan R-NR, komponen kendaraan serta alat bantu produksi berupa jigs (alat bantu dalam proses pengelasan), dan dies (alat bantu dalam proses pengepresan) yang sekaligus menunjukan tingkat kedalaman industri TMMIN.

Primaniyarta Award 2017

Sepanjang 2017 hingga bulan September, TMMIN telah membukukan ekspor CBU sekitar 150.400 unit. Pencapaian ini meningkat 22% dari torehan TMMIN tahun lalu, didukung oleh volume SUV Fortuner sebesar 52.500 unit, MPV Avanza sebesar 36.100 unit, serta sedan Vios sebesar 20.700 unit. Sedangkan untuk CKD sebanyak 35.600 unit, mesin bensin lebih dari 99.850 unit, mesin ethanol sebanyak lebih dari 7.350 unit, dan komponen kendaraan sekitar 76.6 juta buah.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Mobil

Penjualan terbesar Mitsubishi masih disumbang Xpander dan Xpander Cross Jakarta, Autos.id  –  PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), catat hasil positif penjualan...

Berita Otomotif

Pabrik ini akan memulai produksi pada tahun 2024 dengan kapasitas tahunan mencapai 10 GWh sel baterai, yang mana cukup untuk kebutuhan lebih dari 150.000...

Berita Otomotif

Last updated on 17 September, 2021Dengan harga Rp 200 jutaan, Morris Garages resmi mengantarkan New MG ZS kepada para penggemarnya di Tanah Air yang...

Mobil

Peningkatan penjualan Agustus 2021 tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan program relaksasi pajak Jakarta, Autos.id  –  Penjualan otomotif nasional terus mengalami peningkatan secara...