Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Tips Pentingnya Perawatan Rem Mobil Setelah Hujan

Perawatan Rem Mobil

Perawatan rem mobil khususnya pasca hujan sangat penting karena untuk menghindari penumpukan air, kerikil, atau lumpur menempel pada komponen rem.

Jakarta, Autos.id – Banyak masalah rem yang terjadi pada mobil yang kadang menjadi sumber malapetaka. Beberapa permasalahn seputar rem mobil seperti rem tidak pakem atau bunyi berlebihan saat pengereman. Penyebabnya karena pengguna mobil jarang memperhatikan perawatan rem mobil tersebut.

Hal yang paling rentan memicu masalah rem adalah saat musim hujan. Apalagi jika mobil dipaksa untuk menerabas banjir atau genangan air yang mengandung lumpur dan butiran pasir atau kerikil yang sangat berbahaya bagi rem.

“Hal yang paling rentan memicu masalah rem adalah saat musim hujan. Apalagi jika mobil dipaksa untuk menerabas banjir atau genangan air yang mengandung lumpur dan butiran pasir atau kerikil”

Masalah rem kemudian akan timbul karena butiran pasir atau lumpur menempel pada kampas rem. Hal itu membuat kampas rem tidak bersentuhan langsung dengan tromol dan cakram sehingga terjadi penurunan friksi gesek pada rem yang membuatnya tidak pakem dan kerap menimbulkan bunyi berlebihan.

Perawatan Rem Mobil

Jangan Biarkan Kotoran Mengering

Untuk itu, setelah melewati banjir atau genangan bagian kaki-kaki mobil, jangan hanya bagian eksterior maupun interior mobil saja yang dibersihkan, tapi juga termasuk perawatan rem mobil tersebut dengan cara dibersihkan dan dicuci. Tujuannya jelas, agar kotoran tidak menempel atau mengering pada bagian cakram atau komponen lain pada rem.

Selain itu membersihkan rem cukup mudah hanya dengan menyemprot bagian piston atau tromol dengan air bertekanan sedang. Jangan biarkan kotoran atau lumpur mengering di bagain rem. Karena kotoran yang mengering di piston akan menyebabkan pergerakan piston macet.

Perawatan Rem Mobil

Gunakan Brake Cleaner untuk hasil Lebih Maksimal

Sedangkan untuk tipe rem tromol sebaiknya sering mencuci bagian dalam tromol dengan menyemprot air setelah melewati genangan air. Agar lebih bersih bahan berupa cairan pembersih juga dapat disemprot pada komponen rem tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...