Mitsubishi

Tahun 2019, Mitsubishi Fuso Kuasai Pasar Kendaraan Niaga 44,2%

Meski pasar kendaraan niaga di tahun 2019 menurun dibanding tahun lalu, namun Mitsubishi Fuso masih menguasai pangsa pasar kendaraan di kelas itu.

Jakarta, Autos.id  –  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), menorehkan angka penjualan absolut di tengah tren penjualan pasar kendaraan niaga yang menurun hingga 19% di sepanjang tahun 2019.

Data penjualan ritel Mitsubishi Fuso selama tahun 2019 tercatat sebanyak 41,736 unit, cenderung menurun 18.4% jika dibandingkan performa tahun sebelumnya 51,132 unit.  Meski begitu Mitsubishi Fuso tetap mendominasi dengan pangsa pasar 44,2%.

Dony Hermawan, Head of PR & CSR KTB, mengatakan, meski tahun 2019 merupakan tahun penuh tantangan, namun Fuso berhasil mempertahankan pencapaian pangsa pasar 44,2% di tengah kondisi pasar yang melemah.

“Kami memahami bahwa 2019 merupakan tahun dengan agenda penting Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden sehingga membutuhkan penyesuaian kabinet baru, regulasi baru di berbagai sektor. Kami optimis hal tersebut membawa dampak positif di tahun 2020 dalam memajukan perekonomian dan pembangunan, dan kami siap berkontribusi melalui produk dan layanan Mitsubishi Fuso,” imbuh Dony.

Secara detail penjualan Colt Diesel di segmen light duty truck (LDT) sebanyak 36.575 unit dengan pangsa pasar absolut 55,4%. Sedangkan FUSO dan Fighter di kelas medium duty truck (MDT) dan heavy duty truck (HDT) sebanyak 5.161 unit dengan pangsa pasar 23,4%, meningkat jika dibandingkan dengan pangsa pasar tahun sebelumnya sebesar 19,2%.

Peningkatan pangsa pasar di segmen MDT tak lepas dari kehadiran Fighter yang mulai diluncurkan di tahun 2019 lalu. Sebanyak 15 varian dihadirkan memenuhi berbagai kebutuhan bisnis konsumen di bidang logistik, perkebunan, pertambangan, hingga infrastruktur.

Pencapaian lain yang diraih KTB adalah penghargaan bergengsi sebagai Best Distributor (large size market) 2019 dari Daimler Truck Asia. Penghargaan ini diraih atas pertumbuhan yang cukup signifikan baik dari sisi sales dan customer service. Hal ini semakin memperkuat posisi Indonesia sebagai pasar penting bagi brand FUSO secara global.

Selain kontribusi penjualan dalam memajukan industri otomotif Indonesia, KTB juga berkontribusi melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR). Di tahun 2019, KTB mendonasikan satu unit FUSO kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang akan dipergunakan sebagai mobil operasional kemanusiaan. Kemudian kontribusi di bidang pendidikan, KTB menyelenggarakan program FUSO Vocational Education Program (VEP) mendonasikan tiga unit kendaraan Colt Diesel kepada tiga sekolah SMK binaan baru, pembekalan pelatihan bagi guru dan siswa murid, donasi peralatan praktek (toolkit), serta pembekalan soft skill melalui FUSO Belajar dan Menginspirasi di 8 kota, dimana karyawan bertindak sebagai volunteer untuk berbagai ilmu agar siswa mempersiapkan diri memasuki dunia kerja profesional.

KTB juga membangun dan merenovasi satu sekolah di Lampung yang terkena bencana Tsunami tahun 2018 lalu. Sedangkan kontribusi di bidang lingkungan, untuk pertama kalinya KTB menggelar FUSO Cleanup Day, sebuah kampanye peduli lingkungan dimana volunteer mengumpulkan sampah plastik dan diserahkan kepada LSM agar didaur ulang menjadi barang yang memiliki nilai jual.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top