Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Sudah Saatnya Pemerintah Naikkan Standar Emisi Gas Buang

Sudah Saatnya Pemerintah Naikkan Standar Emisi Gas Buang
Saatnya Indonesia Mengikuti Standar Emisi Dunia

Last updated on 21 April, 2016

Jakarta, Autos.id – Pemerintah diharapkan untuk segera menaikkan standar emisi gas buang kendaraan bermotor. Mengingat pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor kini telah menciptakan banyak problema bagi individu masyarakat Indonesia.

Mohamad Islah, Unit Pendidikan dan Pengkaderan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menyebut kalau gas buang yang diciptakan kendaraan bermotor dalam jumlah banyak memberi sumbangan yang tidak sedikit bagi efek rumah kaca.

“Emisi gas buang kendaraan bermotor menyumbang 23% emisi gas rumah kaca untuk global, dan 13% jika dikalkulasi secara nasional,” kata Islah di Jakarta, Kamis (21/1/2016). Kondisi ini kata dia, memberikan efek buruk bagi kesehatan masyarakat. “Efek pada kesehatan akibat kendaraan bermotor sangat tinggi. Salah satunya influenza. Efek polusi dalam menimbulkan penyakit tidak datang mendadak, tapi dalam jangka waktu lama,” ucapnya.

Stiker Uji Emisi dari Pemerintah

Stiker Uji Emisi dari Pemerintah

Untuk itulah lanjut Islah, pemerintah harus mengambil langkah struktural dalam memecahkan masalah kesehatan tersebut. Cara paling efektif menurut dia dengan membuat praturan menaikkan standar emisi gas buang kendaraan bermotor.

“Kita harus lebih maju tapi juga harus progresif. Caranya bisa dengan melompat, kalau kemarin kita masih Euro1 atau sekarang Euro2, jadi besok jangan ke Euro3, langsung ke Euro4 atau Euro5. Kendala pasti ada dan banyak hal yang harus dilakukan,” papar dia. Namun jika tindakan tersebut diambil pemerintah maka akan meningkatkan standar kesehatan masyarakat.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Reviews

Suzuki dobrak pasar mobil elektrfifikasi pertama dengan harga kompetitif Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Jumat, 10/6) di Mall Kelapa Gading 3, PT Suzuki Indomobil...

Komparasi

Kedua pabrikan eropa ini telah meluncur beberapa waktu lalu, namun tak ada salahnya, Autos.id mencoba membandingkan keduanya, antara Aston Martin DB11 vs Porsche 911...

Komparasi

Kedua motor naked beda pabrikan ini sudah meluncur beberapa waktu yang lalu, namun tidak ada salahnya Autos.id mencoba untuk membandingkan keduanya Jakarta, Autos.id  – ...

Reviews

Forester dibangun dari Subaru Global Platform, meningkatkan keamanan & kenyamanan Jakarta, Autos.id  –  Hari ini (Rabu, 18/5), Subaru Corporation Japan dan PT Plaza Auto...