Berita Otomotif

Porsche The New Taycan Awali Debutnya di Asia Pacific

Taycan merupakan mobil sport elektrik pertama, sama seperti mobil Porsche lainnya, tapi Taycan adalah mobil paling sporty di segmennya.

Singapura, Autos.id   Dua ikon legendaris, Porsche dan Star Wars, bergabung bersama di pemutaran perdana Porsche Asia Pasifik the new all-electric Taycan di Singapura belum lama ini, menjelang peluncuran pasar regional pada tahun 2020. Pertunjukan drone yang spektakuler diadakan selama pemutaran perdana Taycan , bertema ‘Soul, Electrified‘ untuk menyoroti fitur-fitur model Porsche terbaru.

“Taycan menghubungkan warisan kami dengan masa depan. Ini adalah mobil sport yang menarik dengan dinamika berkendara yang mengasyikkan, kinerja dan teknologi–dan seperti setiap Porsche yang pernah dibangun, ia hadir dengan jiwa. Sesuatu yang akan segera Anda rasakan, begitu Anda berada di belakang kemudi roda,” kata Arthur Willmann, Managing Director Porsche Asia Pacific.

Sementara itu, Michael Mauer, Vice President of Style Porsche di Porsche AG, yang hadir di acara tersebut, berbagi filosofi desain di belakang kendaraan.

Merancang Taycan adalah salah satu tugas yang paling menarik, karena satu-satunya kepastian adalah bahwa itu harus dikenali sebagai Porsche pada pandangan pertama.

“Dan dengan mengejar strategi menjadikannya yang paling sportif di segmen ini, kami telah menetapkan arsitektur baru untuk kendaraan listrik murni. Sama seperti apa yang telah dicapai oleh 911, visi saya adalah bahwa Taycan akan menjadi ikon era baru ini, sinonim untuk mobil sport murni elektrik,” paparnya.

Sebagai bagian dari kolaborasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, tim desain di Porsche dan Lucasfilm berkolaborasi untuk merancang kapal luar angkasa fantasi dalam mendukung film Star Wars yang akan datang, episode terakhir dari kisah Skywalker. Mauer, bersama dengan Doug Chiang, VP Executive Creative Director, Lucasfilm, menjelaskan proses desain dan mempresentasikan sketsa desain pesawat ruang angkasa yang menyoroti gabungan DNA desain Porsche dan Star Wars..

Taycan merupakan mobil sport elektrik pertama, menandai awal babak baru untuk Porsche ketika perusahaan memperluas jajaran produknya di bidang elektromobilitas. Seperti Porsche lainnya, Taycan adalah mobil paling sporty di segmennya.

Versi andalan Turbo S dari Taycan dapat menghasilkan daya overboost hingga 761 hp bersama dengan Launch Control, dan Taycan Turbo hingga 680 hp. Taycan Turbo S berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 2,8 detik, sedangkan Taycan Turbo menyelesaikan sprint ini dalam 3,2 detik.

Turbo S memiliki jangkauan hingga 412 kilometer, dan Turbo berkisar hingga 450 kilometer (menurut WLTP dalam setiap kasus). Kecepatan tertinggi dari kedua model all-wheel-drive adalah 260 km/jam.

Taycan adalah kendaraan produksi pertama dengan tegangan sistem 800 volt, bukan 400 volt biasa untuk mobil listrik. Ini adalah keuntungan khusus untuk pengemudi Taycan di jalan, hanya dalam waktu lebih dari lima menit, baterai dapat diisi ulang menggunakan arus searah (DC) dari jaringan pengisian daya tinggi untuk jangkauan hingga 100 kilometer (menurut WLTP).

Waktu pengisian selama lima hingga 80 persen SoC (status pengisian) adalah 22,5 menit untuk pengisian dalam kondisi ideal, dan daya pengisian maksimum (puncak) adalah 270 kW. Kapasitas keseluruhan dari Performance Battery Plus adalah 93,4 kWh.

Taycan Turbo memiliki dua mesin listrik, satu di gardan depan dan satu di gardan belakang, membuat mobil all-wheel drive. Transmisi dua kecepatan yang dipasang pada gandar belakang merupakan inovasi yang dikembangkan oleh Porsche.

Roda gigi pertama memberi akselerasi Taycan lebih banyak dari awal berdiri, sementara roda gigi kedua dengan rasio roda gigi yang panjang memastikan efisiensi tinggi dan cadangan daya yang sama tingginya. Ini juga berlaku pada kecepatan yang sangat tinggi.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top